Minggu, 24 Maret 2013

Kue Mangkok


Alhamdulilah akhirnya bisa setor untuk NCC Jajanan Tradisional Indonesia Week kali ini. Awalnya udah buat bolu kukus 10 menitnya NCC, tapi setelah googling ternyata bolu kukus ga termasuk salah satu dari jajanan tradisionalnya indonesia. Akhirnya ketika googling image, saya punya ide mau buat semar mendem, belum pernah buat soalnya, tapi pikir-pikir lagi kalau subuh mau buat semar mendem ya agak ribet. Karena cuma bisa baking subuh atau tengah malam, tadi subuh saya memutuskan untuk buat kue mangkok mekar.

Tiap nampah jajanan pasar pasti selalu ada kue mangkok. Kebetulan ada tape yang belum dimakan dikulkas, akhirnya saya mencoba untuk membuat kue mangkuk mekar. Walau namanya kue mangkuk mekar, hasil jadi kue mangkoknya saya ga terlalu mekar. Kemungkinan besar karena tapenya udah pernah masuk kulkas (walapun ketika mau dibuat kue, tape.sudah suhu ruang). Dari yang pernah saya baca, untuk membuat kue mangkuk mekar, tapenya memang harus yang benar-benar segar dan belum pernah nginep di kulkas. Ya sudahlah ga papa kue mangkuk saya setengah mekar saja. Yang penting bisa setor untuk ncc week kali ini.

Giliran tadi pagi kuenya difoto malah banyak yang blur. Tadi pagi motonya hujan dan mendung, jadi hasil foto pun ga bisa maksimal. Udah ditungguin sampai jam 9 pun tetep masih mendung dan hujan. Akhirnya dengan penerangan seadanya, saya foto juga kue mangkuknya. Dan seperti yang bisa saya duga, hasilnya pun banyak yang blur

Resep saya ambil dari Kursus Jajan Pasar NCC

Bahan:
125 gr tape singkong
175 gr gula pasir
100 gr tepung terigu
150 gr air
75 gr gula pasir
200 gr tepung beras
200 ml air dingin
150 ml air soda
1 sdt baking powder
pewarna makanan secukupnya

Cara membuat:
  1. Campur tape dan 175gr gula pasir, aduk rata sampai halus, sisihkan.
  2. Campur tepung beras dan air dingin, uleni sebentar, sisihkan.
  3. Masak air dan 75gr gula pasir hingga mendidih dan gula larut, tuang sedikit demi sedikit kedalam tepung terigu sambil diaduk hingga rata.
    Campur adonan tape dengan adonan tepung beras, uleni hingga licin, lalu campur adonan ini dengan adonan tepung terigu, uleni terus hingga rata.
  4. Masukkan baking powder, aduk rata, lalu tuangi air soda sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan encer. Saring.
    Beri pewarna pada adonan .
  5. Panaskan cetakan kue mangkok dalam kukusan beruap banyak, tuangi cetakan dengan adonan. Kukus 20 menit. Angkat

Salam,
Rika Oktianti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar