Minggu, 31 Maret 2013

Carabikang


Hai semuanyaaaaa...
waktu saya kecil sering beli kue ini di Otista Bandung, depan toko roti Sidodadi, masi ada ngga ya?
Biasa, jajannya ma Papa, Papa saya doyan banget wisata kuliner sampai ke emper emper sekalipun, hehehe...
Jadi ga heran kan anaknya doyan makan*:D big grin
Tadi sempat buat pake resep lain yang pake tape
Cuma mungkin saya salah ngadonnya, maklum masi newbie.
Jadinya padet, boro boro bisa dibikin mekar, mekarnya aneh banget, hihihi...
Ga mau nyerah, saya coba pake resep NCC yang pastinya okeh punya
Hasilnya??? Hmmm, belum sempurna, namanya juga masi belajar, tapi lebih baik daripada buatan yang pertama
Berikut resepnya, semoga berkenan yaaa...

Carabikang

Bahan:
450 gr tepung beras
250 ml air
300 gr gula pasir
600 ml santan panas
1 sdt garam
 
Cara membuat:
  1. Masak gula pasir dan air hingga gula larut, dinginkan.
    Taruh tepung beras dalam wadah, lalu tuangi air gula, aduk hingga rata (menggunakan mixer speed rendah). Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dan ditepuk-tepuk selama lebih kurang 30 menit (dapat menggunakan mikser kecepatan sedang).
    Ambil sedikit adonan, bagi 2, beri warna sesuka hati.
    Panaskan cetakan carabikang, polesi minyak tipis saja. Tuang adonan putih hingga ¾ penuh. Beri adonan warna masing-masing 1 sdt (pake pasta pandan). Biarkan matang dan berlubang-lubang, angkat dengan cara mencungkil bagian bawah sedemikian rupa sehingga carabikang mekar terbalik.

Salam,
Intan Permatasari

Talam Ebi







Haluuu semuanyaaa*:) happy
Setor lagi boleh ya...
Kali ini saya buat jajanan yang rasanya cenderung asin, kan yang lain kebanyakan manis tuh, hihihi...
Kue ini adalah salah satu kesukaan mendiang Papa...
Liat kuenya bener bener bikin kangeeennn... coba bisa bikin ini dari dulu ya*:( sad
Bener bener deh JTIW ini membawa banyak kenangan manis saat masih kecil yaaa...
Sekaligus mempertahankan kue kue yang menjadi kebanggan bangsa kita

Resepnya saya ambil dari Sajian Sedap, berikut resepnya, semoga berkenan yaaa...

TALAM EBI

Bahan Taburan:
75 gram ebi, direndam air panas, disangrai, dihaluskan
2 buah cabai merah besar, dihaluskan
2 siung bawang putih, dihaluskan
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
1 sendok makan seledri cincang

Bahan I:
100 gram tepung beras
50 gram tepung sagu
1 sendok makan gula pasir
1 sendok teh garam
600 ml santan hangat dari 1 butir kelapa
minyak gor untuk olesan

Bahan Ii (aduk Rata):
250 ml santan dari 1 butir kelapa
4 sendok makan tepung beras
1/2 sendok teh garam

Cara membuat:
  1. Bahan taburan, panaskan minyak. Tumis cabai merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan ebi, garam, dan gula pasir. Aduk rata. Menjelang diangkat, masukkan seledri cincang. Aduk rata. Sisihkan.
  2. Bahan I, campur tepung beras, tepung sagu, gula pasir, dan garam. Aduk rata. Tuang santan. Aduk rata. Tuang adonan ke dalam cucing plastik yang sudah dioles minyak hingga  setinggi 2/3 cetakan.
  3. Kukus di atas api sedang 10 menit sampai setengah matang. Tuang bahan II sampai setinggi cetakan. Kukus kembali 10 menit sampai matang.
  4. Taburkan bahan taburan. Tambahkan irisan cabai merah goreng (ga pake).

Salam,
Intan Permatasari

Kue Cubit


munpung belum tidur laporan JITW dulu yah....hollaa TRIo TAH jangan bubu dulu maapken laporan nya malem-malem heheh, pic maaf over sedikit.


Kue Cubit and The Tips

        
Mumpung lagi long weekend dan ngga kemana-mana yasud eksekusi kue cubit aja hari ini resep udah dicopas dari beberapa minggu sebelumnya diambil dari blog sambeldapur
Nah pada saat googling ada beberapa blog yang menggunakan resep ini dan tidak menuliskan sumber aslinya dengan bahasa resep dan penulisan yang sama jadi sepertinya copas abis tapi picnya sih tetep beda :D,

Sebagai informasi asal muasalnya dinamakan Kue cubit dari Wikipedia, Kue cubit merupakan jajanan populer di Jakarta. Kue berukuran kecil ini (diameter sekitar 4cm) biasa dijajakan di depan sekolah oleh pedagang kaki lima. Kue cubit menggunakan campuran susu dan tepung terigu sebagai komponen utamanya. Adonan dimasukkan dalam cetakan baja, dan dalam beberapa menit telah masak.
Kue ini mendapatkan namanya karena kue yang matang diambil dengan alat penjepit oleh si pedagang, sehingga seperti dicubit.
Nah Sebagai laporan yang ke – 6 untuk Jajanan Tradisional Week kali ini saya copas dari yang tidak menggunakan susu cair, sebagai info ternyata pas saya nyiapin laporan ini saya sempetin untuk baca-baca beberapa resep yang lain ternyata kebanyakan menggunakan susu cair wahhh baru tau saya apalagi setelah baca info dari wiki, tapi biarpun ngga pake susu resep ini enak loh lembut kayaknya sih bener-bener resep dari abang-abang tukang kue cubit deh heheh, karna ngga pake susu cair #baca tips dibawah yah.
Kue Cubit
Bahan2 :
·         100 gram tepung terigu
·         100 gram gula pasir
·         100 gram mentega cair
·         3 butir telur ayam (suhu ruang)
·         1/4 sendok teh soda kue
·         1/2 sendok teh baking powder
·         1 bungkus vanili bubuk

Topping :
·         Cokelat dan keju parut
Cara Membuat :
  • Siapkan cetakan kue cubit (saya menggunakan cetakan kue lumpur), olesi dengan mentega sedikit saja di setiap lubangnya. Sisihkan.
  • masukkan telur, gula pasir, lalu kocok dengan mixer menggunakan kecepatan tinggi hingga mengembang dan kental.
  • Kurangi kecepatannya menjadi yang paling kecil.
  • Masukkan tepung terigu sesendok demi sesendok hingga habis. Matikan mixer
  • Masukan mentega cair dan aduk rata
  • Masukan soda kue, baking powder dan vanili bubuk, aduk hingga adonan menjadi rata.
  • Masukkan adonan kue cubit ini ke dalam gelas yang ada "mulut"-nya agar mudah waktu menuang ke dalam cetakan
  • Panaskan cetakan kue cubit yang sudah diolesi mentega tadi.
  • Tuangkan adonan kue cubit ke dalam cetakan, cukup setengahnya saja, karena kue cubit ini akan mengembang saat dipanggang.
  • Sewaktu ½ matang taburi atasnya dengan keju parut dan meises atau campuran keduanya.
  • Lalu tutup dan panggang hingga bagian bawah kue cubit sedikit cokelat.
Tips :
§  Menurut tukang jualannya, rahasia bikin kue cubit ini adalah perbandingan antara tepung terigu, gula pasir dan mentega adalah 1:1:1.
§  Api yang digunakan untuk memanggangnya harus benar-benar kecil
§  Aslinya taburan untuk kue cubit ini adalah meises.
§  Untuk menghindari agar tidak gosong gunakan olesan mentega saat akan memanggang kue cubit ini dan sebaiknya sedikit saja biar tidak gosong.
§  Setiap akan memanggang kembali, sebaiknya adonan diaduk-aduk dulu biar tidak mengendap di bawah
§  Untuk topping, sesuai selera bisa juga menggunakan potongan kecil-kecil buah nangka atau lainnya.

Best Regards,
   ~  Silvi  ~

Dodongkal


Dodongkal

Dodongkal adalah makanan tradisional dari Jawa Barat, tepatnya saya sendiri tidak tahu pasti berasal dari daerah mana.  Waktu saya dulu tinggal di Bogor sering banget beli kue dodongkal ini dan enak dimakan untuk sarapan, dan kayanya sekarang ini sudah jarang orang yang jual dodongkal. Bahan-bahannya simpel tapi menurut saya susah-susah gampang buatnya. Kalo mau enak tepung berasnya menggunakan tepung beras yang digiling sendiri tapi saya menggunakan tepung beras siap pakai aja biar praktis,tepung beras lalu diolah setengah matang dan didinginkan semalaman. Mengukusnya pun bukan pakai dandang biasa tapi pakai kukusan kerucut yang terbuat dari anyaman bambu dan dimasukan ke dalam seeng (dandang tinggi), klo saya kukusnya pake dandang biasa aja....
 
Bahan-bahan:
1,5 kg tepung beras yg sudah diolah setengah matang.
500 gram gula merah disisir halus
1/2 butir kelapa setengah tua, parut
2sdt garam
500 ml air (larutkan garam dalam air)
beberapa lembar daun pandan
 
Taburan :
1/2 butir kelapa, parut memanjang beri garam dan vanili bubuk kukus 10 menit
 
Tepung beras yg diolah setengah matang: 
  1. Takar tepung beras sebanyak yang diperlukan ciprati air sampai berbutir sambil terus diaduk sampai rata, banyaknya air tergantung kelembaban tepung beras. 
  2. Bungkus dengan kain atau langsung di kukusan, kukus selama 15 menit. 
  3. Setelah dikukus angkat dan tebarkan diatas tampah agar tidak menggumpal sampai penampakannya seperti nasi berbutir lalu dinginkan kira-kira 12jam/semalaman.
  4. Setelah dingin ayak dengan saringan, tepung beras setengah matang pun siap diolah.
Cara Membuat:
  1. Siapkan dandang/kukusan beri daun pandan pada air kukusan biar wangi
  2. Campurkan 1/2 butir kelapa parut dengan tepung beras, beri air garam sedikit demi sedikit, aduk hingga lembab dan berbutir. 
  3. Siap kan wadah beri beberapa lembar daun pandan, kemudian sendokan gula merah, tepung beras secara berselang seling sampai habis lalu kukus. Untuk lapisan gula merah jangan terlalu tebal cukup tipis saja sedangkan lapisan tepung beras lebih tebal.
  4. Kukus selama 15-20 menit sampai matang dan semua bahan menyatu
  5. Siap disajukan dengan kelapa parut

Salam
Isna Sutanto
http://cobacoba-isna.blogspot.com

Nagasari


Dear Trio TAH & NCCers,

Kebetulan di kulkas ada pisang tanduk dan daun pisang jadinya buat kue yang mengingatkan saya pada alm. Papa yaitu nagasari.  Beliau suka sekali dengan nagasari buatan mama, sayangnya waktu itu saya belum tertarik sama urusan perdapuran, taunya tinggal makan aja.  Seandainya papa masih hidup pengen deh ngebuatin nagasari

Nagasari

Bahan:
250gr tepung beras
2 sdm tepung sagu
175gr gula pasir
1/2 sdt garam
2 lbr daun pandan,sobek-sobek, buat simpul
800 ml santan dari 1 atau 1,5 butir kelapa
8-9 pisang kepok/tanduk yang tua, potong-potong
Daun pisang muda untuk membungkus

Cara membuat :
  1. Cairkan tepung beras dg sebagian santan,sisihkan
  2. Didihkan sisa santan, daun pandan, dan garam
  3. Masukkan cairan tepung beras dan gula, aduk sampai larut dan adonan kental. 4.Angkat dari api, taburkan tepung sagu sambil diaduk rata
  4. Ambil 1 lbr daun pisang, beri 1 sdm adonan tepung, beri 1 ptg pisang,tutup dengan 1 sdm adonan tepung. Gulung dengan daun pisang, lipat kedua sisinya ke tengah.
  5. Kukus sampai matang kurang lebih 30 menit. Angkat, rapikan daunnya

Hasil : 12-15 pcs

Salam,
Anna Martina

Pisang Cokelat


Dear trio TAH  and members,


Mau laporan lagiiii yahh....kali ini liburan di rumah adik selain mbikin dadar jagung mbikin pisang coklat yang gampang dan enakkkk.
sampai saat ini kue ini masih banyak yang jual biasanya dengan aneka rasa ada tape, nangka, pisang dengan varian isi keju, coklat, selai
asal muasal tidak tahu jeh... tapi rasanya enaakkk banget apalagi kalo masih anget kriiukkkk dan legit manis pisangnyaaa...

berikut resep piscok ala sugi bae

PISANG COKLAT

Bahan :
10 buah pisang uli, yang matang tapi gak blenyek
10 buah kulit lumpia besar , 
meises, gula pasir secukupnya
minyak untuk menggoreng

cara membuat :
bentangkan kulit lumpia beri pisang stgh bagian lalu beli meisis dan gula pasir sedikit tutup dengan setengah bagian pisang lagi, baru digulung dan siap di goreng sampai coklat keemasan

selamat menikmati

salam
sugi bae

Es Cincau ala abang-abang


Di tengah ramainya diskusi tentang cincau, aku coba coba buat ahhh..ternyata jadi dan rasanya suegerrrr....pakai resepnya mba nieta (makasih resepnya ya mba) tapi untuk gulanya aku pake sirup gula pasir yang kuberi daun pandan. tekstunya lembut nglenyer dan manis gurih dimakan pas hari panas segelas gak akan cukup hehehhehee

Selain menyegarkan es ini juga bermanfaat buat panas dalam lho....jadi mari kita minum es cincau.....

ES CINCAU ala abang2

Bahan utk cincau: 
- 20 lembar daun cincau (saya pake yang tidak berbulu)
- 600 ml /3 gelas air matang 

Cara: 
Cuci bersih daun cincau, remas remas sampai semua klorofil keluar kemudian saring 
Diamkan dalam kulkas +/- 6 jam 

Bahan Sirup Gula :
- 200 gr gula pasir 
- 200 ml air 
- 2 lembar daun pandan
- Pewarna merah muda

Cara : 
Rebus gula merah dan air sampai mendidih 

Cara penyajian : 
Tuang sirup dalam gelas tambahkan cincau kemudian beri santan dan es batu, siap disajikan


salam cincau
sugi bae

Dadar Jagung


Assalamualaikum,

selamat sore trio TAH yang baik hati dan tidak sombong... jangan bosen yaa upload laporanku di even keren ini
Kali ini aku buat dadar jagung, ada yang menyebut ini sebagai bakwan jagung. tapi kalo di kampung ibuku di Tuban namanya dadar jagung bumbunya juga beda sama bakwan jagung yang ada di Jakarta. Rasa daun jeruk dan sedikit pedas membuat dadar jagung ini istimewa... Selain dijadikan cemilan kalo di keluargaku favoritenya dimakan dengan sayur bening bayam ,tempe goreng dan sambel terasi hhmmm nyam nyamm deh

berikut ini resep dadar jagung yang aku dapat dari ibuku:
 
Dadar Jagung

Bahan :
2 buah jagung , disisir
1 batang daun bawang iris halus
100 gram terigu
air secukupnya

Bumbu halus:
2 bh bawang merah
1 bh bawang putih
2 buah cabai merah (buang biji)
2 lbr daun jeruk
garam, sedikit gula dan penyedap secukupnya

cara membuat:
jagung disisir dan diulek kasar saja, lalu beri bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan daun bawang, terigu, dan air secukupnya. goreng dengan api sedang sampai kecoklatan. bisa juga ditambahkan udang kupas.

demikian laporanku , semoga berkenan dan selamat mencoba

salam dadar jagung
sugi bae

Agar - Agar Karang


haaaai dear host TAH yang baik hati ...
terima kasih sudah mengingatkan kalau fotonya ketinggalan di laporan kedua. it is so thoughtful :) kali ini sangat mudah resepnya. mengingatkan liburan masa kanak-kanak saya dirumah almarhumah nenek.

AGAR AGAR KARANG
inspired by yasa boga book
"kue kue indonesia"

bahan 1:
300 gram gula merah atau gula jawa atau gula aren disisir halus supaya mudah larut
200 ml air
1 lembar daun pandan dicuci bersih dipotong

rebus seluruhnya sampai gula larut dan disaring, sisihkan dahulu


bahan 2 :


1 bungkus agar-agar bubuk berwarna putih
600 ml santan dari 1 butir kelapa ( bukan santan instant sebab tidak bisa memunculkan lapisan santan lembut dipermukaan agar - agar )

campur bahan satu dan dua dan masak di atas api sedang sampai mendidih
tuang ke dalam cetakan dan dinginkan


semoga menambah kemeriahan online event ini ya ... sekali terima kasih :)
salam jajan pasar indonesia yang kaya,
novia

Es Dawet Ireng


Dear host  Trio TAH,
Mau ikutan meramaikan week2an kali ini yaaa..semoga lolos hehehe..
Bikinnya dawet/ cendol item soalnya pas kebetulan punya abu merang yg udah lama blm diberdayakan, jd kmrn pas ada waktu disempetin deh bikin ini...
Enak loh, anak sm suamiku sampe rebutan ;)
Ini resepnya dapet di http://resepmasakankreatif.blogspot.com/2012/12/resep-es-dawet-ireng-purworejo.hmtl

ES DAWET IRENG

Bahan:
• 50 gram tepung sagu
• 60 gran tepung beras
• 600 ml air
• 1 sdt garam
• 1 1/2 sdm (3 gram) abu merang dan 50 ml air, dilarutkan, disaring
• Pewarna hitam secukupnya

Bahan Sirup:
• 250 gram gula merah, disisir
• 2 lembar daun pandan
• 250 ml air

Bahan Kuah Santan:
• 500 ml santan dr 1/2 butir kelapa
• 2 lembar daun pandan
• 1/4 sdt garam

Cara membuat:
  1. Dawet ireng: larutkan tepung beras, tepung sagu, air, air abu merang dan pewarna hitam. Masak sampai meletup-letup dan kental.
  2. Tuang dalam cetakan cendol. Tekan diatas baskom yang berisi air es. Saring cendolnya. Sisihkan
  3. Sirup: didihkan bahan sirup di atas api kecil sampai kental. Aduk rata
  4. Kuah santan: rebus bahan kuah santan sambil disaduk sampai mendidih dan matang.
  5. Siapkan gelas, sajikan cendol beserta pelengkap (tapai ketan/ nangka). Tambahkan sirup, kuah santan dan es serut.
Untuk yang penasaran dengan cetakan cedol, berikut ini penampakannya


 
Sekian laporannya..salam cendol ;)
Wassalam
Maya


Misro Shanghai


Selamat Pagii,,^_^
Setoran ke-3 kali ini masih memilih jajanan waktu masih kecil di Palembang,, Namanya Martabak Shanghai,, Resep aku dapat dari majalah Femina,,judulnya Misro Shanghai,, Bahan, cara buat dan rasanya sama dengan Martabak Shanghai yang biasa aku beli dulu,,

Berbeda dengan mbak Mirawaty Huang,,*hai mbak,,:) Yang ini cocolannya dengan sambal kacang.. Tapi tentu saja sebagai wong Palembang tetep lebih enak dicocol pake Cuko pempek,,huehehe.

Cetakan misro ini aku beli di pasar dekat rumahku di Cileduk Tangerang. Bentuknya loyang individual dari stainless berpegangan dari kayu. Satuan harganya 10 ribu.
Oke ini dia ya resepnya

~MISRO SHANGHAI~

BAHAN :
•1 sdm Tepung Terigu, larutkan dengan 2 sdm Air.
•225 gr Tepung Terigu serbaguna, ayak.
•2 btr Telur Ayam.
•400 ml Santan dari 1/4 btr kelapa parut.
•2 ltr minyak untuk menggoreng.
•Garam dan Chicken Powder secukupnya

ISI :
•1 sdm Margarin
•5 btr Bawang Merah, cincang halus
•100 gr Daging Sapi giling
•100 gr Wortel, potong dadu kecil
•1 sdt Garam
•1 sdt Merica bubuk
•100 ml Air
•1 btg Seledri, iris tipis

SAMBAL :
Blender atau haluskan semua bahan:
•100 gr Kacang Tanang, goreng
•5 bh Cabe Rawit Merah, rebus
•1 sdt Garam
•3 1/2 sdm Gula Pasir
•1 1/2 sdm Cuka Masak
•200 ml Air Panas

CARA MEMBUAT :
  1. Isi : tumis bawang merah ingga harum dengan margarin. Masukkan daging, wortel, garam dan merica. Tambahkan air, masak hingga daging empuk dan air habis. Masukkan seledri dan larutan tepung. Aduk sampai mengental dan matang. Angkat. Sisihkan.
  2. Campur tepung terigu dan telur, masukkan santan sedikit demi sedikit. Aduk sampai adonan rata dan tidak berbutir.
  3. Panaskan minyak, celupkan cetakan ke dalam minyak hingga terendam. Diamkan sebentar. Angkat. Isi cetakan dengan adonan tepung hingga setengah penuh. Tambahkan 1 sdm tumisan daging di atasnya.
  4. Celupkan kembali cetakan berisi adonan ke dalam minyak goreng. Setelah berwarna kuning dan mudah dikeluarkan dari cetakan, goreng kembali hingga berwarna kecoklatan.
  5. Angkat, tiriskan minyaknya.
  6. Sajikan dengan Sambal Kacang atau Cuko.

Warm Regards

Elya
L-YaCakes.blogspot.com

Es Gabus


Host, jangan bosan ya terima laporan dari saya, laporan ke 10 nih, hehe..

Teringat zaman SD di tahun 80-an saat masih jarang toko yang jual es krim, Es Gabus atau Es Roti atau Es Hunkwe adalah salah satu jajanan dingin kala itu, dijajakan oleh abang-abang dalam termos berbahan kaleng besi (?). Berbentuk irisan lebar tipis berwarna warni sesuai rasa, cokelat & pandan, jika digigit rasanya krenyes krenyes seperti suara gabus dalam kemasan kardus elektronik itu, oleh sebab itu es ini disebut es Gabus.  Kali ini saya buat es Gabus rasa Cokelat dengan menggunakan Susu Cokelat agar lebih bernutrisi jika dikonsumsi anak-anak saya. Tapi dulu dibuat dari santan.
 
Es Gabus

Cara membuatnya:
100 gr tepung Hunkwe (saya gunakan yang putih)
1liter Susu cair cokelat 
200gr Gula Pasir
Loyang ukuran bebas, makin kecil tentu makin tebal. Basahi terlebih dahulu.
Plastik kaca

Cara membuatnya:
  1. Rebus 500ml susu cair bersama gula sampai mendidih
  2. Campur tepung hunkwe dengan 500ml susu cair, aduk hingga rata
  3. Masukkan larutan tepung, aduk terus sampai meletup-letup.
  4. Tuang ke loyang, biarkan dingin
  5. Potong-potong sesuai selera tapi sebaiknya ketebalan tidak lebih dari 1cm.
  6. Lipat/bungkus dengan plastik kaca.
  7. Masukkan freezer minimal semalam (8 jam) agar mengeras.
  8. Siap dinikmati.

Ani Verdiyanti

Sabtu, 30 Maret 2013

Serabi Oncom



Dear trio TAH,
Alhamdulillah....akhirnya bisa juga ikutan jtiw. Udah lama jadi member pasif baru sekarang berani ikutan. Dari sekian banyak jajanan pasar pilihan jatuh ke surabi oncom. Surabi adalah jajanan pasar asal jawa barat. Aslinya surabi cuma 2 macam yaitu surabi polos biasa dimakan dengan kuah kinca dan surabi oncom. Dalam perkembangannya mulai banyak modifikasi toping surabi mulai yang manis seperti meises, coklat, bahkan vla durian sampai yang asin seperti ayam, sosis, keju mayonaise. Nah, surabi oncom ini makanan favorit suami. Favorit banget malah. Dia besar dengan surabi oncom ini. Kebetulan sekarang lagi merantau, ga gampang kalo pengen makanan ini. Sebenernya di pekanbaru ada aja sih yang  jualan surabi, cabang gerai surabi yang pusatnya di jalan setiabudi bandung itu. Tapi disitu gak dijual surabi oncom, adanya toping lain2nya. Suami orangnya konvensional banget soal makanan favoritnya, dia bilang kalo topingnya keju meises beli aja martabak manis, atau kalo topingnya sosis mayonaise sekalian aja beli pizza . Beberapa kali bikin surabi pakai resep yang beda beda hasil googling aja. Kali ini pakai resep dari kacangbandung.blogspot.com. Berhubung buatnya ga pakai cetakannya (belum punya, must have:) tapi pakai wajan biasa jadinya tipis. 
 
Surabi Oncom
Resep asli : Kacangbandung.blogspot.com, sudah saya modif sedikit pppp

Bahan Surabi:
150 gr tepung beras
150 gr tepung terigu
500cc santan cair dari ½ kelapa, didihkan, sisihkan sampai hangat ( simpan ampas untuk melicinkan cetakan)
½ sdt garam
1 btr telur
¼ kelapa agak muda diparut (bila suka) *saya ga pake
1 ¼ sdt baking powder
Bahan Oncom:
1 potong oncom  ukuran 10x10 cincang kasar
2 siung bawang putih cincang halus
2 buah bawang merah cincang halus
1 buku jari kencur cincang halus
1 btng daun bawang iris tipis *saya ga pake
3 buah cabe keriting iris tipis *saya 2 buah cabe keriting haluskan
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Air secukupnya
Minyak untuk menumis
 
Cara membuat toping:
  1. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang merah, bawang putih, kencur sampai wangi
  2. Masukkan cabe merah, aduk rata, masukkan oncom, gula, garam, aduk rata.
  3. Tambahkan air sedikit agar tidak melekat di wajan, masak sampai kering.
  4. Angkat, sisihkan.
 
Cara membuat surabi:
  1. Campur tepung beras, tepung terigu, garam dan telur, aduk rata.
  2. Tuangkan santan yg sudah dingin, sedikit demi sedikit, kocok adonan sampai rata selama kurang lebih 20 menit (saya kocok pakai mikser)
  3. Diamkan adonan selama 30 menit
  4. Sambil menunggu panaskan wajan, sangrai ampas kelapa sampai keluar minyaknya. Buang ampas, bersihkan wajan dengan serbet.
  5. Tambahkan baking powder ke dalam adonan, diamkan lagi 10 menit.
  6. Panaskan wajan api sedang (penting wajan dlm keadaan panas saat memasukkan adonan surabi)
  7. Tuang 1 sendok sayur  adonan, biarkan sampai muncul gelembung2 kecil dan bersarang, taburkan toping sambil agak di tekan, tutup wajan sampai matang.
  8. Angkat dengan sodet kecil dan segera santap selagi hangat.
 
Salam,
Siti Anisah

Bakpia Keju


Dear host NCC-JTIW
(
-Trio TAH- Tantrie, Agnes Marie, Hanny JK )


Mau ikutan ngeramein JTIW< kebetulan ini resep KELUARGA saya sering buat bakpia ini soalnya bhnnya gampang n buatnya kayak main2 gak perlu pake OVEN hanya menggunakan teflon aja> Bakpia ini sy kasih nama BAKPI KAJU karena bakpia yg biasanya hanya berisi kacang hijau saja tp berhubung KURCACI dirmh suka dengan keju jd bakpi ini sy modif dng campuran keju parut
Bakpia Kaju (kacang hijau keju) ...mantab yo aku ksh nama.

Bahan :
tepung terigu 10 sdm,
air (kira2 aja ),
minyak goreng 6 sdm,
garam secukupnya,
gula pasir 1 sdt. ( aduk semua bhn jd satu hingga kalis n tdk lengket di tangan ).

Isi :
kacang hijau 250 grm buang kulitnya ya,
kemudian rendam / rebus hingga lunak kemudian blender hingga lunak,
keju parut 50-75grm . Aduk jadi satu .

Cara buatnya:
Ambil adonan kulit sebesar kelereng kemudian pipihkan, ambil adonan isi secukupnya kemudian bungkus dng adonan kulit. masak di atas loyang teflon atau panggang di oven kira2 10-20 menit dng api kecil.
Panggang hingga kulit kecoklatan tiap sisinya.

Thanks
- Dyas -

Kue Cubit


Halo lagi semuanyaaa*:D big grin
Ini salah satu jajanan favorit depan sekolah waktu SD. Selain cireng bumbu kacang, adakah yang punya resep cireng bumbu kacang?
Pengeeeen deh, udah ga pernah nemu lagi cireng bumbu gitu
Ow ya, saya dulu kalo pesen ma emangnya, kuenya setengah mateng ( padahal lebih sehat kalo mateng ya, hihihi...)
Soalnya atasnya masi lumer lumer manis dan lembut
Tapi kali ini saya buat yang matang. Buatnya agak maksa ini, ga punya loyangnya jadi pake cetakan poffertjes, memanfaatkan yang ada, hehe...
Berikut resepnya dari Sajian Sedap, semoga berkenan yaaa...

KUE CUBIT

2 butir telur
100 gram gula pasir
120 gram tepung terigu protein sedang
2 sendok makan tepung kanji
1/8 sendok teh soda kue
4 sendok makan air
50 gram margarin, dilelehkan
25 gram meises, untuk taburan

Cara Pengolahan :
  1. Kocok telur dan gula sampai kental.
  2. Tambahkan tepung terigu, tepung kanji, dan soda kue sambil diayak dan dikocok rata dengan kecepatan rendah.
  3. Tambahkan air dan margarin. Aduk rata.
  4. Panaskan wajan. Atur agar wajan jauh dari api (ganjal dengan kaleng yang dasarnya berlubang). Oleskan margarin. Tuang adonan. Tutup cetakan. Biarkan dengan api sedang. Setelah setengah matang, tabur meises. Kecilkan api. Tutup kembali sampai kue matang. Angkat.
 
Salam,
Intan Permatasari

Kue Lumpur Tape Keju


Hai trio TAH, it's me, agaiiiiin, hihihi...
Saya buat kue lupmpur lagiii, jatuh cinta ma teksturnya yang lembut n membelai lidah
Cuma kali ini pake tambahan tape, yang saya biasa sebut peuyeum...
Peuyeum itu dimakan gitu aja juga enak, dibikin kue lumpur??? Lebih enak lagiiiii*:D big grin
Apalagi susunya pake yang full cream, hmmmm.... nyummyyy (hobi makanan berdosa gini nih, hihihi...)
Berikut resepnya dari Sajian Sedap
Semoga berkenan yaaaaa....

KUE LUMPUR TAPE KEJU

50 gram margarin
175 ml air
185 gram tepung terigu protein sedang
160 gram gula pasir
1/8 sendok teh garam
75 gram kentang, dikukus, dihaluskan (saya diblender)
1/4 sendok teh baking powder
4 butir telur
125 gram tape singkong, dihaluskan(diblender juga)
275 ml susu cair (pake susu bubuk full cream yang dilarutkan dengan air)

Bahan Taburan:
50 gram keju cheddar, diparut (saya potong dadu kecil)

Cara membuat:
  1. Panaskan margarin dan air sambil diaduk sampai mendidih. Matikan api.
  2. Masukkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata. Nyalakan api.Tambahkan gula pasir, garam, dan kentang. Aduk sampai kalis. Angkat dan dinginkan.
  3. Masukkan baking powder, telur, dan tape singkong. Kocok rata. Tuang susu cair. Kocok rata.
  4. Tuang adonan ke cetakan kue lumpur yang sudah dipanaskan. Biarkan sampai setengah matang. Taburkan keju parut.
  5. Tutup. Biarkan sampai matang. 

Salam,
Intan Permatasari

Apang Coe



Kue ini merupakan snack dari Manado. Dari penampakan dan tekstur tidak jauh berbeda dengan kue apem gula merah. Hanya dengan penambahan rempah kayu manis dan biji pala membuat kue ini lebih kaya aromanya.

Hari ini kan libur, jd saya coba buat camilan yg mengingatkan ayah saya pada kampung halamannya (kebetulan sudah lama ngga bikin kue untuk beliau, he he he). Aslinya kue ini dicetak dengan menggunakan takir dari daun pandan besar, tapi berhubung dirumah ga ada, saya pakai cup bolu kukus, hanya saja sebelum dituang adonan, d dasar cup saya beri irisan daun pandan.

Bikinnya sih ga repot, cuma lama aja nunggu waktu fermentasi. Proses pembuatan pun dibantu anak-anak yang juga liburan. Setelah matang, ambil 5 pcs buat dipotret. Beres potret, taunya sisanya sudah tinggal cupnya. Untung masih ada yang dijadikan model foto, kalau ngga batal lagi ngirim kue ke ortu.

Resep yang saya gunakan saya ambil dari Seri masak Femina Primarasa: Manado dengan penambahan rempah.

Bahan-bahan:
300 gr gula merah kelapa, sisir
250ml air kelapa
400 gr tepung beras (kalau kata ayah saya paling enak pakai yg baru giling)
10 gr ragi instan
150 gr tepung terigu
1 sdt garam
1 sdt baking pwd
400ml santan dari 1 kelapa
5 lbr daun pandan iris 2cm
(Saya tambahkan 1/2 sdt kayu manis bubuk dan 1/4 sdt biji pala bubuk)

Cara Membuat:
1. Masak gula merah dan air kelapa sampai mendidih lalu dinginkan dan saring.
2. Masukkan tepung beras dalam wadah.
3. Tuang air gula, sambil diaduk dan diuleni kemudian pukul-pukul, selama  30 menit.
4. Tambahkan ragi instan, aduk rata dan istirahatkan selama 1 jam.
5. Masukkan terigu, garam dan baking powder.
6. Tuangi santan, kayu manis bubuk, biji pala bubuk sambil diaduk, uleni lagi sampai rata.
7. Didihkan air dalam dandang, masukkan 1 lbr daun pandan yang disimpul ke dalam dandang.
8. Tuang adonan dalam cetakan bolu kukus yg dibawahnya dberikan irisan daun pandan.
9. Kukus selama 15 menit sampai kue merekah dan matang, lalu angkat
 
Salam,
Iko Ico

Jumat, 29 Maret 2013

Apang Bale


Dear host.. ini setoran saya yang ke-4. Msh dalam rangka melestarikan jajanan khas daerah asal, kali ini saya setor kue Apang Bale. Sempat browsing nyari resep kue ini, tapi gak ada yg cocok dgn kue yg biasa aku makan di kampung. Ada sih yg namanya mirip, kue Apam Balik, tapi dari resepnya kyknya gak sama. Akhirnya, minta resepnya dari tante yg biasa jualan kue tradisional di tempat saya. Ini resepnya.

APANG BALE

Bahan:
tepung terigu 500 gr
gula pasir 250 gr
ragi instan 1/2 sdm
susu bubuk 27 gr
Susu kental manis 90 gr
Telur 2 butir
Santan encer ± 500ml
Mentega 125 gr
Garam 1/4 sdt
 
Cara Membuat:
Campur bahan kering. Masukkan telur, skm dan santan encer sedikit demi sedikit. Aduk rata. Terekhir masukkan mentega leleh dan garam. Diamkan selama 1 jam.

Isian:
kelapa stgh tua parut 200gr
Gula aren 200gr
Garam secukupnya
Sedikit terigu

Cara Membuat Isian:
Lelehkan gula aren dgn air secukupnya. Saring. Panaskan kmbali gula aren leleh, masukkan kelapa parut. Aduk2 sampai kering. Jika perlu tbhkan sedikit terigu.

Cara membuat kue:
Panaskan cetakan lumpur. Olesi dgn margarin untuk pemakaian pertama saja. Setelah cetakan panas, kecilkan api. Tuang adonan kue, tutup. Saat pinggiran kue agak mengering, masukkan sejumput isian. Tambahkan lagi sedikit adonan kue, balik perlahan (aku baliknya pake dua tusuk sate). Tutup kembali. Angkat ketika dua sisinya sdh kecoklatan.

Sekian laporannya. Kalo ada dari daerah lain yg kuenya sama tapi beda nama, info ya..
wassalaam
mila

Martabak Shanghai


Dear ,

Setoran pertama kali selama jd member NCC.

Camilan ini biasanya dibuat oleh mama dan kalau yang dijual di pasar isinya beda yaitu kentang, wortel. Yang ini saya pakai resep mama yaitu pakai rebung muda, wortel.
Saya tidak tahu mengapa disebut martabak shanghai. Ni loyang juga pinjam dengan mama krn di jakarta gak pernah keliatan loyang oval bertangkai.

Cara makannya biasanya saya pakai cuka pempek palembang tetapi ada orang pakai cabe rawit sudah enak.

Martabak Shanghai

Bahan:
Isian:
Rebung muda diparut kasar (td beli yg kecil aja harganya 3500rp setelah diparut dan airnya diperas dapat 100gr
Wortel import 1 buah diparut kasar
Bawang merah 3 siung
Bawang putih 3 siung
Ebi halus 100gr (optional)
Lada secukupnya
Gula dan garam secukupnya
Minyak utk menumis dan menggoreng

Kulitnya:
Terigu 300gr
Air +/- 400ml
Telur 1-2 btr
Garam sedikit

Caranya:
  1. Masukan bawang ditumis sampai harum terus masukan ebi ditumis sampai wangi
  2. Masukan rebung diaduk rata dan wortel setelah matang masukan garam, lada, gula secukupnya
  3. Aduk sampai rata dan matang. Lalu sisihkan
  4. Utk kulit: masukan terigu sudah diayak lalu kasih air dan aduk pakai whisk sampai tdk ada buliran lalu masukan telur dan garam.
  5. Setelah semua tercampur. Siap utk digoreng menggunakan loyang oval bertangkai.
  6. Siapkan panci dan masukan minyak ke dalam panci lalu panaskan dan loyang" bertangkai jg ikut direndam kan supaya pada waktu dipakai tdk lengket (alias susah lepas dari loyang)
  7. Setelah panas minyaknya lalu kita isi loyang dengan satu sendok soup adonan kulit  yg kecil lalu isi isiannya - sesuai selera  dan baru ditutup lagi dengan satu sendok soup adonan kulit.
  8. Goreng sampai kekuningan dan jangan lupa utk dikeluarkan dari loyang tersebut. Jika tdk lengket akan lepas sendiri dari loyangnya. Lakukan sampai adonan habis.
Utk adonan kulit ukuran diatas bisa mendapatkan 20bh martabak shanghai.
Setelah itu ditiriskan dan siap di hidangkan dengan cabe rawit atau cuka pempek.

Salam martabak shanghai

Mira
Selamat mencoba

Sarikaya

Assalamualaikuum...

Sore mbak Trio TAH

mau setor niiii hehehe, 
"Sarikaya"...inget aja kalo nenek saya dulu bikin kok kayaknya banyak banget aturannya, salah satunya mesti sepiii...hallah sekarang saya ngerti ternyata bukan ribet bikinnya yang bikin pusing tapi rame sama cucu-cucunya  yang bikin ga konsen karena muter sana-sini kali ya hahaha....
Nah karena ga pernah tahu resep sarikaya nenek saya itu, akhirnya aku ambil resepnya  dari Sedap sekejap, mudah dan enak :D 
 
Sarikaya

Bahan-bahan
125 gr gula merah
200 ml air
100 ml santan kental ( aku pake yang instan itu aja hehe)
3 telur
1/4 std garam
2 sdm Maizena

Cara Membuat 
1. Didihkan air dan larutkan gula merah
2. Kocok lepas telur, sisihkan.
3. Masukan santan, garam dan maizena ke larutan gula merah
4. Masukan campuran no.3 ke telur, lalu kocok rata
5. simpan di wadah lalu kukus sekitar 30 menit 
6. Sajikan

Terima Kasih 
Fera - Ferris Kitchen - Bandung

Lemper Ayam


Selamat siang..trio TAH
Masih semangat setoran yang ke tiga..
Kali ini buat lemper ayam, pas banget nih  untuk sarapan pagi  bersama keluarga di libur yang panjang ini...


Lemper Ayam
Sajiansedap.com

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
200 gram beras ketan, direndam 1 jam, ditiriskan
1 lembar daun salam
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
3/4 sendok teh garam
125 ml santan dari 1/4 butir kelapa
daun pisang untuk membungkus

Bahan Isi:
2 buah paha ayam atas bawah = saya pakai dada ayam
500 ml air
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
2 lembar daun salam
3/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir kemiri, disangrai
1 sendok teh ketumbar
Cara Pengolahan :
  1. Isi: rebus ayam dan air sampai matang. Angkat ayam. Suwir-suwir dagingnya dan ukur 250 ml air kaldunya.Campur ayam, bumbu halus, serai, daun salam, garam, merica bubuk, gula pasir. Aduk rata. Tuang air kaldu. Masak sampai mendidih. Tuang santan. Masak sampai meresap. Dinginkan. 
  2. Kukus beras ketan 20 menit. Angkat.
  3. Rebus santan, daun salam, serai, dan garam sampai mendidih. Matikan api. Tambahkan beras ketan. Masak sampai meresap. Angkat dan kukus 30 menit sampai matang.
  4. Ambil sedikit ketan. Pipihkan. Beri isi. Bentuk lonjong. Bungkus dengan daun pisang.

Terima Kasih
Salam Jajanan Tradisional
- Srie Wahyuni Ariyadi-

Berondong Jagung


Dear host, mau laporan lagi yang ke 9. 

Berondong jagung ini sampai sekarang masih bisa saya temui tergantung di gerobak tukang sayur keliling dalam plastik bening. Saya yang lebih suka makanan manis selalu naksir ama berondong. Nafsu aja gitu liatnya jadi srlalu beli sampai anak saya ketularan suka juga.
Tapi biasanya di abang-abang itu butiran jagungnya besar- besar. Gak tau mereka buat dari apa atau metodenya mungkin yang berbeda. Untuk JTIW ini saya pikir kenapa tidak membuatnya sendiri ya, akhirnya Saya coba buat dari resep Berondong Manis yang ada di sedapsekejap.blogspot.com
 
BERONDONG JAGUNG

Bahan:
75 gr biji jagung
1 sdm margarin/mentega
1 sdm minyak goreng
Untuk lapisan gula:
200 gr gula merah, iris halus
4 sddm air ( saya tambahkan 4 sdm gula pasir juga)
 
Cara membuat:
  1. Panaskan mentega dan minyak goreng dalam wajan.
  2. Masukkan jagung, aduk-aduk sampai tercampur rata dan ada butir jagung yang merekah. Kemudian segera tutup dan biarkan jagung merekah semuanya.
  3. Buka tutupnya, aduk-aduk lagi dan segera angkat.
  4. Masak gula jawa dan air di atas api kecil hingga kental sekali dan berambut jika di alirkan. Masukkan berondong jagung, aduk-aduk hingga tercampur rata. segera angkat, letakkan di niru atau tampah (saya pakai loyang), ratakan sambil ditekan-tekan (saya masukkan tangan ke plastik tebal agar tidak lengket saat menekan) buat ketebalannya menjadi lebih kurang 2 cm. Angin-anginkan hingga larutan gula mengering. Potong-potong ukuran 4 X 6 X 2 cm.
Catatan:
Untuk resep ini, gunakan jagung untuk pop corn

Ani

Cimplung


Selamat siang Trio TAH dan teman-teman...
Setoran ketiga ini aku bikin cimplung. Jajanan yang aku kenal waktu kuliah dulu di Purwokerto.
Abang penjualnya tuh kalo lewat sambil teriak 'cimpluuuuung', langsung deh dikerumunin pembeli.
Bikinnya gampang banget, tapi tetep saya cari di google buat referensi. Ketemu di blog mbak Dewi Rosanti, www.dapurku-surgaku.blogspot.com. Makasih mbak Dewi...

CIMPLUNG

Bahan:
1/2 kg singkong.
100gr gula merah iris halus.
1/2 liter air.
1 lbr daun pandan.
garam dan vanili secukupnya.
caranya.
Rebus singkong dengan air dan pandan sampai empuk. Tambahkan gulam garam, vanili. masak sampai air gula mengental sambil terus diaduk supaya tidak gosong.

salam,
Indrawulan

Lemper


Permisi ibu2,mbak2 yang cantik2..ibu muda(ehem..!) mau ikut meramaikan event yang selalu cetar membahana badai..hahaha. Setelah "gagal" mengikuti event2 sebelumnya,kali ini saya memberanikan diri ikut ambil bagian dalam event jajan tradisional.

Pilihan saya jatuh pada Lemper. Kebetulan di sini(Jayapura),saya belum menemukan lemper pulen dengan isian ayam suwir yang buanyakkk..Cari resep sana-sini,akhirnya pilihan jatuh pada resep dasar lemper Sajian Sedap.


LEMPER

Resep Dasar Lemper

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
200 gram beras ketan, direndam 1 jam, ditiriskan
1 lembar daun salam
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
3/4 sendok teh garam
125 ml santan dari 1/4 butir kelapa
daun pisang untuk membungkus

Bahan
Isi:
2 buah paha ayam atas bawah
500 ml air
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
2 lembar daun salam
3/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir kemiri, disangrai
1 sendok teh ketumbar

Cara Pengolahan :
  1. Isi: rebus ayam dan air sampai matang. Angkat ayam. Suwir-suwir dagingnya dan ukur 250 ml air kaldunya.
  2. Campur ayam, bumbu halus, serai, daun salam, garam, merica bubuk, gula pasir. Aduk rata. Tuang air kaldu. Masak sampai mendidih. Tuang santan. Masak sampai meresap. Dinginkan.
  3. Kukus beras ketan 20 menit. Angkat.
  4. Rebus santan, daun salam, serai, dan garam sampai mendidih. Matikan api. Tambahkan beras ketan. Masak sampai meresap. Angkat dan kukus 30 menit sampai matang.
  5. Ambil sedikit ketan. Pipihkan. Beri isi. Bentuk lonjong. Bungkus dengan daun pisang.

Untuk 9 buah

Sekian laporan perdana saya.

Salam Jajan Tradisional,

lidya

Putu Ayu


Selamat pagi mba-mba moderator trio TAH... :)
mau setor JTIW lagi yaahh...
Ceritanya kamarin penasaran banget pengen bikin kue putu ayu ini... setelah mengalami berbagai macam cobaan...(lebay dikit boleh ya :p) akhirnya jadi juga putu ayunya
Rasanya sih enak, cuma agak padet aja... mungkin karena cetakannya ga bolong kali ya...
Aku pake resep dari bu fatmah yang aku ambil dari milis NCC... makasih banyak ya bu resepnya ;) 

Putu Ayu Pandan
Resep ala Fatmah Bahalwan
Bahan:
  • ½ bh kelapa setengah tua, parut
  • ½ sdt garam halus
  • 3 butir telur
  • 250 gr gula pasir
  • 250 gr tepung terigu
  • ½ sdt emulsifier
  • 1 sdm pasta pandan
Cara membuat:
  • Kukus kelapa parut, beri garam, aduk, sisihkan.
  • Kocok gula, telur dan emulsifier hingga mengembang dan kental, masukkan tepung terigu, aduk rata. Tuang pandan pasta, aduk rata.
  • Siapkan cetakan putu ayu, poles minyak tipis-tipis, isi dengan kelapa parut, tekan-tekan, kemudian tuangi adonan telur dan tepung hingga penuh.
  • Kukus selama 20 menit, hingga matang. Angkat. Lepaskan dari cetakan.
Salam Jajanan nusantara :D
Happy herlinaningrum

Es Cincau


Dear Trio TAH

Assalamu'alaikum Wr Wb

Mau setor lagi untuk yg ketiga kalinya, kali ini bentuknya minuman segar yang dibuat dari daun cincau, kebetulan di Milis byk yg membahas tentang daun ini dan sudah ikutan sharing juga..
Es ini cocok sekali dinikmati saat udara panas ,rasanya yg segar ,lembut dan bermaanfaat juga untuk mengobati panas dalam..
Setelah petik2 daun cincau di halaman rumah kemudian eksekusi mulai dilakukan, dan akhirnya berhasil juga membuat cincaunya

Es Cincau

Bahan utk cincau:
- 20 lmb daun cincau
- 600 ml /3 gelas air matang

Cara:
Cuci bersih daun cincau, remas remas sampai semua klorofil keluar kemudian saring
Diamkan dalam kulkas +/- 6 jam

Bahan Sirup Gula Merah:
- 200 gr gula merah
- 200 ml air

Cara :
Rebus gula merah dan air sampai mendidih

Cara penyajian :
Tuang sirup gula merah dlm gelas tambahkan cincau kemudian beri santan

Es Cincau siap dinikmati..

Salam Cincau,
Nieta

Kue Mangkok


Dear trio TAH,
Setelah 2tahun ikutan milis & melewati beberapa event (waktu join milis lagi seru bolkus week kalo ga salah) sekarang akhirnya memberanikan diri ikut event week2an ncc *ngumpet di kolong

Kue mangkok ini jajanan favorit waktu masih kecil,tiap mama papa ke pasar pasti dbeliinnya kue ini plus cucur. Entah asalnya dari mana,tapi kayanya kebanyakan orang nyebutnya sama2 kue mangkok ya.. Semenjak ikutan milis ncc,akhirnya bisa bikin kue mangkok sendiri. Resepnya dshare dari salah satu member ncc (punteeeen,saia lupa namanya. Yang punya resep,ijin dpake yaa resepnya)

Yuk,langsung aja kita simak resepnya..

Kue Mangkok

Bahan A:
120gr tape
150gr gula pasir

Bahan B:
100gr tepung terigu
150ml air
6sdm gula pasir

Bahan C:
200gr tepung beras
200ml air es
2sdt BP
150ml air soda

Cara membuat:
  1. Aduk rata bahan A,sisihkan
  2. Masak air & gula di resep B sampai mendidih, tuang perlahan ke terigu. Sisihkan
  3. Uleni tepung beras dan air es sampai rata
  4. Campur bahan A ke C, uleni sampai rata
  5. Tambah bahan B, masukkan BP & air soda
  6. Kukus selama 25menit dengan api sedang (jgn dbuka)
Regards,
Allen Alodia

Colenak


Hai semuanyaaaa*:) happy
Kalo yang satu ini dari Bandung kali yaaa... dimana mana banyak, di Lembang juga cukup banyak
Peuyeumnya jadi legiiiit sekali karena pake mentega
Ini cukup sering saya buat buat barbequan, qiqiqi... aneh ya bbq pake peuyeum, mumpung ada buat bakarannya jadi sekalian, buat cuci cuci mulut*:D big grin
Dari SMA saya suka gunting guntingin resep dari majalah, tabloid, or koran trus ditempel di buku..
Jadi mohon maaaaaaafff banget, resep ini saya lupa darimana. Yang jelas udah lama banget ni resep, hehehe...
Tapi tenang, sudah beberapa kali dibuat dan rasanya enak*:P tongue
Berikut resepnya, semoga berkenan yaaa...

COLENAK
400 gr tape singkong, pipihkan
100 gr mentega

Bahan saus :
250 ml santan
100 gr gula merah
50 gr gula pasir
1 lbr daun pandan
1 sdt garam
100 gr kelapa muda parut kasar

Cara membuat
  • Masukkan mentega di pan dadar. Bakar tape di atasnya hingga matang
  • Saus : Rebus bahan saus hingga mendidih, lalu masukkan kelapa parut. Setelah mengental, angkat. Sajikan tape dengan saus hangat (udah dingin juga tetep enak koq)

Salam,
Intan Permatasari

Serabi Kinca


Hai Trio TAH, long week end pada ngapain niiii...
Pada jalan jalan kali ya, hihihi... refreshing dari laporan NCC ers yang pasti bejibun*;) winking
Dari kemaren kemaren pengen belajar bikin kue ini, tapi ga punya loyangnya, bingung deh...
Tapi tadi akhirnya maksain deh pake loyang yang ada, entah loyang kue  apem or kue lumpur itu, saya juga ga ngerti, hihihi... Jadinya mini mini tuh
Tapi berhasil juga ternyata, teksturnya saya rasa seperti yang seharusnya
O ya resep yang satu ini ternyata berasal dari Sumatera Barat, ternyata ada juga ya, kirain cuma di Jawa, hihihi...
Berikut resepnya dari Sajian Sedap, semoga berkenan yaaa...

SERABI

200 gram tepung terigu protein sedang
2 butir telur
325 ml santan dari 1 butir kelapa
2 sendok teh ragi instan
minyak untuk olesan

Bahan Saus:
400 ml santan dari 1 butir kelapa
75 gram gula merah
2 lembar daun pandan
1/2 sendok teh garam

Cara Pengolahan :
  1. Aduk tepung terigu, telur, dan ragi instan. Tambahkan santan sedikit-sedikit sambil dikeplok-keplok 15 menit.
  2. Tambahkan garam, aduk rata. Diamkan 1 jam.
  3. Oles wajan serabi. Tuang adonan. Biarkan sampai matang.
  4. Rebus bahan saus sambil diaduk sampai mendidih. Angkat lalu saring.
  5. Sajikan serabi dengan sausnya.
Untuk 8 buah (karena cetakannya keciiil banget, jadinya 28 buah)
 
Salam,
Intan Permatasari