Senin, 18 Maret 2013

Klepon







Dear rekan - rekan,
Berikut aku kirimkan resep klepon. Klepon merupakan jajanan pasar asli Indonesia namun saya sempat ragu juga apa benar berasal dari daerah Jawa, karena ada  info dari milis tetangga bahwa di Bali ada penjual klepon yang terenak di dunia heheheh...
 
KLEPON
 
Bahan:
250 gr tepung ketan
50 gr tepung beras
80 ml air daun suji
150 ml santan kara yang sudah direbus terlebih dahulu
2 sdt air kapur sirih
100 gr gula merah , disisir halus
Kelapa parut secukupnya
¼ sdt garam
1 liter air untuk merebus bola klepon
 
Cara membuat :
  1. campur tepung beras dan tepung ketan menjadi satu hingga rata.
  2. campurkan santan yg sudah matang, air daun suji dan air kapur sirih
  3. campurkan bahan cair ke campuran tepung tersebut kemudian Uleni hingga liat.
  4. Ambil sedikit adonan , pipihkan , masukan gula merah  kemudian rapatkan dan bentuk bola.
  5. Rebus dalam air mendidih , celupkan bola-bola klepon, biarkan hingga matang dan mengapung 
  6. Angkat dan gulingkan dalam kelapa parut yang sudah dibubuhi garam (kalau saya kelapanya di kukus dulu barang 5-10 menitan).
Salam jajan tradisional Indonesia,
Nurul Wrediningrum

Bingke


Hai trio TAH, ini setoran saya yang kedua, saya belum pernah makan bingke sih sebelumnya, qiqiqi… Cuma pas baca bahan bahannya kayaknya koq enak. Teksturnya lembuuuuuut banget, ga usah dikunyah pokoknya. Katanya Bingke ini berasal dari Banjar (Kalimantan Selatan)
Resepnya saya ambil dari buku Primarasa “Kue Tradisional dan Kudapan”
Semoga berkenan yaaa

Bingke

6 butir telur
100 gr gula pasir (kalo ga suka manis kurangi saja, menurut saya terlalu manis)
1 sdm terigu, larutkan dengan 4 sdm air
½ sdt vanili
150 ml susu kental manis
300 ml air
2 lembar daun pandan, potong-potong
Margarine untuk olesan

Cara membuat :
Panaskan oven pada suhu 180° C. kocok telur dan gula pasir sampai gula larut (telur tidak perlu sampai naik). Campur larutan tepung terigu bersama vanili, lalu masukkan ke dalam telur kocok
Campur susu kental manis dengan air sampai rata, masukkan ke dalam adonan telur, masukkan potongan daun pandan, aduk
Olesi Loyang tahan panas ukuran 18 cm (saya pakai 20 cm) dengan margarine. Taruh Loyang di atas nampan berisi air
Panggang dalam oven selama 60 menit (saya koq 1, 5 jam ya, hehehe) hingga berwarna kuning kecoklatan.
Angkat, dinginkan, kemudian potong - potong

Salam jajanan tradisional Indonesia,
Intan Permatasari

Otak - otak Ikan






Dear rekan rekan,

 
Bingung nih mo kirim resep otak otak ikan ini berkaitan dengan jajanan tradisional Indonesia Week, gak yakin ini masuk kategori jajanan bukan ya?
Tapi yang pasti kita makan otak otak ikan ini untuk cemilan khan ya...usut punya usut dari wikipedia , rupanya cemilan ini juga berkembang di daerah Malaysia dan Singapura... Mungkin satu rumpun ya jadi punya jenis makanan yang sama.Dibeberapa daerah di Indonesia otak otak dibuat dari berbagai bahan selain ikan lho bahkan ada yang membuat dari sotong , kepala ikan maupun ayam.Otak otak ikan ini juga disebut di beberapa daerah sebagai Pais Ikan
 
resep Otak otak Ikan (sumber:Yasaboga , ikan sumber protein dari sungai dan laut)
 
Bahan:
250 gr daging ikan tenggiri , cincang halus
50 gr tepung sagu tani
100 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
1 btr putih telur
10 btng daun bawang, iris halus
garam,gula dan bumbu penyedap bila perlu
daun pisang untuk membungkus
 
Saus:
25 gr kacang tanah goreng haluskan
50 gr kemiri goreng
2 bh cabai merah
5 bh cabai rawit
1-2 sdt cuka
1 sdm gula
200 ml air
garam sesuai selera
 
Cara membuat:
Campur semua bahan dan ikan cincang, ambil +/- 1 sdm adonan. Letakkan di atas daun, gulung dan sematkan kedua ujungnya. Panggang hingga matang, sajikan dengan sambal kacang.
Sambal kacang: campur dan didihkan semua bahan.
 
Salam jajanan tradisional Indonesia,
Nurul Wrediningrum

Nagasari






Dear trio host and NCCers,

Setoran ketiga kali ini saya membuat kue Nagasari, masih diseputar kue2 tradisional yang saya suka dan sering dibuat di rumah.

Kue ini di sumatera dikenal dengan nama Nagasari, kalau di daerah banten kue ini disebut Gembleng. Mungkin di daerah lain dinamakan dgn nama yg berbeda juga.

Kebetulan ada stok daun pisang di kulkas, jadi bisa deh buat nagasari ini. Kalau tidak ada daun pisang kadang2 saya membungkusnya dengan aluminium foil, tapi ya tetep lebih enak jika menggunakan daun pisang jadi ada bau2 daun pisang nya gitu deh.

Resep nya saya sudah lupa dapat nya darimana, sudah lama menggunakan resep ini kalau membuat kue nagasari.
Ini Resepnya:

NAGASARI / GEMBLENG

Bahan:
250 gr. Tepung beras
2 sdm. Tepung sagu/tepung kanji/aci
175 gr. Gula pasir
1/2 sdt garam
850 ml santan
Daun pisang utk membungkus
Daun pandan
Pisang raja/pisang kepok, potong2.

Caranya:

  1. Cairkan tepung beras dan tepung sagu dengan sebagian santan, sisihkan.
  2. Didihkan sisa santan, masukkan daun pandan, garam dan gula pasir.
  3. Masukkan cairan tepung tadi, aduk-aduk sampai larut dan mengental.
  4. Angkat.
  5. Ambil 1 lembar daun pisang, beri 1 sdm adonan, beri 1 potong pisang, tutup dengan 1 sdm adonan. Lalu lipat.
  6. Lakukan sampai adonan habis
  7. Kukus 20-30 menit.

Salam JTIW
Wenny

Putu Ayu





Dear Trio Host,

Ijinkan saya ikut ngeramein JTIW di NCC ya..alhamdulillah ini setoran yang pertama, yaitu PUTU AYU. Resep dari nenek saya :)

Putu Ayu ini adalah cemilan sore favorit keluarga besar kami plus the di sore hari. Gak bakalan cukup kalau cuma makan 1 pcs. Kalau mau buat ini mesti 2 resep sekaligus, soalnya kalau cuma 1 resep, sudah dipastikan akan berebut deh..1 resep ini bisa dapat sekitar 20 pcs. Berikut resepnya.

Putu Ayu keluarga Syarmono

Bahan:
2 btr telur sedang
175 gram gula pasir
200 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sdt TBM
200 ml santan dari 1/2 btr kelapa (kemarin pakai santan instan yg 90ml + air 110ml)
10 lbr daun suji + 5 lbr daun pandan, dihaluskan ambil airnya (kemarin pakai pasta Pandan bakers secukupnya)
1/4 btr kelapa setengah tua diparut (kemarin dikukur ditempat tukang kukur kelapa, minta yg putihnya aja, eehh dianya kelupaan, jadinya ada coklatnya dikit)

Panaskan dandang.
Sediakan cetakan putu ayu.
Minyak makan secukupnya tuk olesin cetakan supaya mudah dikeluarkan setelah matang.

Cara membuat:
  1. Kocok telur + gula + tbm hingga kental berjejak dikit.
  2. Masukkan tepung dan santan secara bergantian, aduk balik hingga tercampur rata menggunakan spatula.
  3. Masukkan pasta pandan, aduk rata.
  4. Oleskan cetakan dengan minyak makan (tipis saja, krn kalau kebanyakan mempengaruhi tampilan warna kelapa parutnya dan juga rasa kuenya nanti).
  5. Isi cetakan dengan kelapa parut kira-kira 1sdm. Padatkan (tekan2).
  6. Timpah dengan adonan (sepertiga cetakan).
  7. Lakukan hal yang sama pada cetakan yg lain hingga adonan habis.
  8. Kukus dalam dandang dgn api sedang lk 15 menit.
  9. Angkat dan tuang kedalam piring saji.
  10. Siap disantap.

Salam,
Cahyu (Ayou_Medan)
CnC Bakery

Wedang Ronde Isi Kacang



Selamat Sore TAH......
Ini laporan aku yang ketiga, jangan bosan Ya....
Kepikiran buat Wedang Ronde ini karena  lagi ingin banget minum yg hangat2
Ealahh....kok yaaa pas banget dengan cuacanya sabtu sore kemarin....hujann ...sampe anakku bilang...wahhh bunda tau aja nih..
hujan2 begini buat Wedang Ronde.....:)
Sebenarnya pembuatannya mudah ...cuma yg agak memakan waktu yaa ..itu..buat bola2nya ...yang semula aku dibantu anak2ku..
akhirnya mereka satu2 bubar...karena capeee katanya ngebulat2innya....hhmmmm namanya juga anak2 ya...jadi maklum sajalah...
tapiiii....begitu selesai....wahhh....langsung mereka duduk manis menikmati ongol2 + ketimus diakhiri dengan minum Wedang Ronde...
anakku yg paling kecil komentar.....Bunnn......kok bisaa sihh jajanan yg bunda bikin enak2 semua....kayak yg dijual2 ditoko....terus aku
jawab ...Bundaanyaa siapa dulu dong....hehehe ...:) *sambilberbungabungadapatpujian*   jadi tidak sia2lah aku seharian ini nguplek didapur...
Berikut resepnya :

WEDANG RONDE ISI KACANG
Resep Sedap Saji
Bahan-bahan

Bahan Ronde:
200 gram tepung ketan putih
1/4 sendok teh garam
150 ml air hangat
2 tetes pewarna hijau tua
2 tetes pewarna merah cabai
Bahan Isian kaccang
 300 gram kacang tanah kupas, disangrai
 100 gram gula pasir
 3  sdm tepung sagu
 2  sdm selai kacang

Kuan Wedang Ronde
2.000 ml air
400 gram gula pasir ===) kalau aku  250 gr sudah manis 
400 gram jahe, dibakar, dimemarkan
1 sendok teh garam
4 lembar daun pandan
6 batang serai, dimemarkan =====) aku cukup  4 saja


Cara membuat bola2 Ketan/Ronde
Campur tepung ketan dan garam. Aduk rata. tambahkan air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.Bagi adonan menjadi tiga bagian. Satu bagian tambahkan pewarna merah, satu bagian tambahkan pewarna hijau, dan sisanya biarkan putih. Aduk rata masing-masing adonan.Ambil sedikit bahan ronde. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat. Lakukan sampai adonan habis. Didihkan air lalu masukkan bola-bola ketan. Rebus hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
Cara membuat isian kacang
Haluskan /blender kacang tanah dengan gula pasir lalu tambahkan tepung sagu Tambahkan selai kacang kemudian aduk rata. Bentuk menjadi bola2  bulat, ambil bola2 ketan/ronde kemudian isi dengan isisan kacang
Cara membuat kuah wedang ronde
Rebus jahe bersama air, gula pasir, daun pandan,serai hingga mendidih dan harum.Angkat kemudian sisihkan
 Penyajian :  siapkan mangkok atau gelas masukan bola2 ketan lalu tuang kuah wedang rondenya dan siap untuk dinikmati hangat2.

Salam,
Dhiba FH

Colenak



Dear trio host and nccers semua
Mau lapor lagi kali ini mau coba makanan dari Bandung yaitu colenak yang katanya di cocol enakkk.. Ternyata bener enak bangeddddd (pake d)
Colenak adalah makanan yang dibuat dari peuyeum (tapai singkong) yang dibakar kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah. Makanan ini adalah  khas dari Bandung Jabar.
Dikarenakan kandungan gula dalam tapai, maka tapai tersebut mudah gosong. Meskipun demikian, ini merupakan bagian yang terenak kalo menurutku hehehhee..
Resepnya hasil googling siang ini berikut resepnya :
BAHAN :
600 gram tape singkong
50 gram margarin
100 gram kelapa muda, diparut kasar

BAHAN SAUS :
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
175 gram gula merah, disisir halus
2 lembar daun pandan, diikat
1/4 sendok teh garam

CARA MEMBUAT COLENAK :
1. Pipihkan tape singkong. Bakar sambil diolesi margarin di atas bara api sampai kecoklatan. (Aku panggang di teflon aja)
2. Saus: rebus santan, gula merah, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai larut.
3. Tambahkan kelapa muda. Aduk rata sampai kental.
4. Sajikan tape bersama sausnya
Demikian laporanku sore ini, semoga berkenan
Salam colenak enak
Sugi bae #sambil ngemil colenak
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Cente Manis





Hai trio host yang ramah dan kerjanya super cepat. Wusss... Jadi ingin setor lagi dan lagi nih. Hehehe.... Kebetulan lagi libur ngajar karena kelas XII sedang melaksanakan Ujian Sekolah. Sebenarnya sehari bisa 2x buat cemilan kalau lagi libur begini. Kemarin lusa selain buat Colenak yang disetorkan, saya juga buat bubur jongkong, kemarin buat Cimol dan Cilok. Cuma kadang gak sempat menata dan memfotonya.

Setoran ke 4 ini adalah kue yang masih relatif mudah proses pembuatannya, juga dikenal dengan nama kue Cantik Manis. Biasanya dijual dalam bungkus plastik kaku. Saya lebih suka dibungkus daun pisang karena ada aroma daunnya dan lebih berkesan tradisional.

Tadi anak perempuan saya yang berumur 4 tahun tanya "bunda makan kue apa?" saya jawab "kue Cantik Manis, yang makan kue ini langsung jadi cantik dan manis" langsung deh dia ikut makan langsung 3 bungkus terus gak lama tantenya datang anak saya langsung bertanya "Ain cantik gak?" tantenya bengong deh. Hahaha....
Resep saya comot dari http://m.hobimasak.info/resep-cente-manis/

CENTE MANIS
BAHAN :
Biji delima 100 gram rebus sampai matang (saya gunakan sagu mutiara warna warni)
siram air dingin dan tiriskan
Santan dari 1 butir kelapa 750 cc
Garam secukupnya (saya bubuhkan 1/2 sdt)
Gula pasir 250 gram
Tepung hunkwee (1 bungkus) 100 gram
Buah nangka 10 buah (buang isinya potong-potong 1×1 cm) ( saya tidak gunakan Nangka)
Daun pisang untuk pembungkus


CARA MEMBUATNYA :
1.Cairkan tepung hunkwee dengan sedikit santan
2.Rebus sisa santan, gula, nangka aduk sampai kental dan matang
3.Bungkus dengan daun pisang dengan isi tiap bungkus 2/3 sendok makan (saya buat versi jumbo dengan 1 sendok sayur)
4.Didinginkan, dan rapikan daunnya. (Saya masukkan kulkas setelah dingin)

Ani Verdiyanti

Apem Saus Kinca



Siang host TAH, ini setoran JTIW ku yg ke 3.
Kue apem ini salah satu makanan tradisional kesukaanku. Baik yg pakai saus kinca atau yg dicocol kelapa parut.
Kali ini aku bikin edisi yg memakai saus kinca. Sayaannggg banget sebelum saus kinca aku bikin ternyata sudah di ganyang oleh jagoan jagoanku. Hanya bisa sedikit saja yang dapat terselamatkan. Alhasil males deh bikin kinca nya.
Resep aku dpt dari saji.

APEM POTONG SAUS KINCA
Bahan :
* 75gr gula pasir
* 175ml air kelapa
* 1lembar daun pandan (aku pakai 5)
* 200gr tepung beras
* 225ml santan dr 1/2butir kelapa
* 1/2sdt ragi instan
* 75gr tepung terigu protein sedang.
* 1/2 sdt baking powder (krn habis aku pakai 1/4 BPDA)
* 1sdt garam
Bahan Saus :
* 150gr gula merah disisir
* 1lembar daun pandan
* 1/8sdt garam
* 300ml santan dari 1/2butir kelapa.
Cara :
1. Rebus gula, air kelapa dan daun pandan smp mendidih. Biarkan hangat.
2. Tuang sedikit sedikit ke dlm tepung beras. Uleni 15mnt sampai adonan dingin.
3. Masukan santan, ragi, terigu, baking powder dan garam. Aduk rata. Diamkan 45mnt.
4. Tuang ke loyang 16 x16x7cm yg dialas plastik.
5. Kukus 30mnt dgn api sedang.
6. Saus : Rebus semua bahan saus sambil diaduk smp mendidih. Saring.
7. Sajikan apem dengan sausnya.

Salam,
Ade
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Combro Daun Kemangi


Selamat siang trio host (TAH),

Mau ikutan ngeramein week weekan kali ini yg cukup menantang dengn penganan jajanan tradisional indonesia yg sangat bervariatif.
Mengingat masa masa muda dulu jajanan yg satu ini termasuk favorit.

Saya akan share resep yg biasa dibuat oleh ibu saya, tidak ada takaran yg pasti cukup dikira2 aja, tapi hasilnya selalu enak.
Singkong parutnya hanya dicampur dengan sagu, tapi hasil akhirnya tidak keras meskipun combro sudah dingin.
Untuk bumbu saya juga pakai kira, karena bawang mahal jd pakai bawangnya gak banyak2, nanti kalau sudah tuun lagi harga nya baru dech.
Kemangi, kalau selera saya semakin banyak kemanginya semakin enak. karena semakin harum.

COMBRO
by hera rulita

1 kg singkong
2 genggam munjung sagu
garam

isi:
oncom
bawang merah
bawang putih
cabe rawit
garam
gula
kemangi

Cara membuat:
1. kupas, cuci kemudian singkong di parut, tambahkan sagu dan garam aduk rata.
2. bawang putih, bawang merah dan cabe diulek halus. Kemudian tumis bumbu halus, masukkan oncom yg sudah dihancurkan, tambahkan garam dan sedikit gula sesuai selera. setelah hampir matang masukkan kemangi aduk sebentar.
3. ambil adonan singkong tadi beri isi, kemudian dibuat ovel/bulat telur, bisa juga dalamnya diberi cabai rawit utuh.
4. goreng dengan minyak yg banyak, api sedang.

Siap dinikmati dengan teh hangat.

salam jajanan tradisional indonesia
--
Hera Rulita
HEIDY’S
daily cookies & cake

Ongol-Ongol


Selamat pagi Trio Host.....
Sudah lama nih ga ikutan week2an....kebetulan kali ini temanya Jajanan Tradisional,
aku ikut meramaikan ahh.....
Jajanan ini kesukaan suami dan anak-anak, berhubung sabtu  ini aku tidak ada acara keluar rumah
yang kebetulan juga cuaca diluar puanaaasss banget...akhirnya seharian ini nguplek didapur .....soalnya rencana hari ini
aku akan buat beberapa cemilan tradisional + minuman yang sengaja aku buat untuk keluargaku...
untuk menu yang pertama sesuai judul yaitu ONGOL-ONGOL setahuku ini jajanan asal betawi (maafkan yaa bila salah )
Ternyat gampang loh buatnya......yang lebih senangnya lagi.....anakku antusias banget ngebantu ibunya untuk buat jajanan ini
begitu jadi....woooww langsunggg diserbu......hhmmm senangnya melihat mereka ....:)
ini dia resep serta penampilannya.


ONGOL-ONGOL
by Muhamad Murtada
Bahan-bahan :
100 gram kelapa, diparut panjang, lalu dikukus
125 gram tepung sagu
180 gram gula merah, disisir
350 ml air matang
Daun pandan secukupnya
 
Cara Membuatnya :

Pertama-tama, campurkan tepung sagu dengan air matang sebanyak 120 ml, lalu aduk merata.
Rebus sisa air dengan gula merah dan daun pandan sambil diaduk-aduk sampai mendidih, kemudian angkat.
Campur larutan tepung sagu dengan rebusan air gula merah yang telah dibuat sebelumnya, aduk sampai tercampur merata, lalu masak menggunakan api kecil sampai mengental.
Tuang ke dalam wadah, kemudian dinginkan.
Bila Ongol-Ongol sudah mengeras dan dingin, potong-potonglah sesuai dengan selera. Bisa berbentuk kotaok atau wajik.
Sajikan bersama dengan parutan kelapa yang telah dikukus sebelumnya.


Salam Ongol2
Dhiba F.H

Getuk Goreng Sokaraja



Dear peri-peri JTIW,

Izinkan abg setor jajanan yang wajib dibawa sebagai oleh-oleh klo lewat  sokaraja,banyumas da sekitarnya. Hampir disepanjang jalan raya bertebaran toko yang bertuliskan getuk goreng sokaraja, ada yg berlabel Tohari 1, Tohari 2, dll.

Sejarahnya th 60-70an istri pak Tohari ini berjualan gorengan,suatu hari ada sisa singkong yg tidak laku,kemudian oleh pak tohari ini dikukus,campur gula jawa kemudian digoreng. Tidak disangka panganan yg awalnya tidak disengaja ini justru laris manis,bahkan menjadi oleh-oleh khas sokaraja.
Sejak digongkan oleh bu fat,sebenarnya udah langsung bikin ini,tapi karna harus nunggu orang tua yg kebetulan harus pulang kebanyumas,sekalian aja nitip bawain gula jawa asli dari sana,dan setelah beliau pulang,nunggu kerumah ortu juga buat panen singkong dihalaman belakang rumah. Oh ya,disini saya buat penyesuaian untuk gulanya,soalnya suami kurang suka manis,padahal getuk goreng ini harus manis.

Berikut resepnya (sumber: resep keluarga) :
Bahan:
1 kg singkong,
750gr gula jawa (saya 250gr)
2sdm tepung beras
1sdm terigu
Garam secukupnya
Air secukupnya
Cara membuat:
1. Singkong dikupas,cuci, dikukus sampai lunak,kemudian lumatkan
2. Gula jawa disisir,tambah air dicampur keadonan singkong,
3. Bentuk bulat-bulat kecil
4. Campur adonan tepung,garam dan tambah air secukupnya (sampai mengental)
5. Panaskan minyak,celupkan bulatan singkong ke adonan tepung, kemudian goreng.


Salam getuk.
rgrds,
ika
sent from my berybery

Kue Putri Mandi


Salam Para Host NCC JITW dan NCCers

Untuk yg perdana ikut even week weekannya NCC.. Kue ini banyak kemiripannya dengan kue Bugis, kue Koci ataupun Kue Mendut..Berharap dapat badge NCC JTIW yg super duper cantik...*ngarep.com

Resep Kue Putri Mandi

Bahan Kulit:
400 gr tepung ketan
100 gr tepung beras
100 gr gula pasir
450 ml santan
1/2 st garam
1 sdm air kapur sirih
Pewarna hijau, kuning dan merah secukupnya


Cara membuat kulit:
  1. Campur tepung ketan, tepung beras, garam dan air kapur sirih
  2. Masak santan dan gula pasir sampai gula larut, dinginkan
  3. Tuang Santan sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung sambil diuleni sampai kalis, bagi menjadi 3, masing2 beri warna
Bahan isi:
200 gr kacang hijau kupas, rebus haluskan
150 ml santan kental
125 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat isi:
Campur semua bahan masak dengan api kecil sambil diaduk aduk sampai matang dan dpt dipulung, sisihkan

Bhn Saus:
500 ml santan kental
2 sdm tepung beras
50 gr gula pasir
1/4 sdt garam
Daun pandan

Cara membuat saus:
Campur semua bahan dan masak sambil diaduk aduk sampai mendidih , angkat sisihkan

Cara menyajikan:
  1. Pipihkan adonan kulit dan beri isi di tengah lalu bulatkan, lakukan sampai adonan habis
  2. Kukus selama +/- 25 menit sampai adonan terlihat berwarna mengkilap/bening (sebelumnya kukusan terlebih dulu dipanaskan)
  3. Sajikan dengan menambahkan saus santan

Terimakasih
Nieta
08112720662

Kue Koh Sui atau Kue Lumpang







Kue ini kesukaan alm.Mama. Mendapatkan resep ini tanpa sengaja saat saya sedang berbelanja di
toko bahan kue Tunas Mandiri, Batam. Kebetulan dapat info ada demo kue Koh Sui dan saya dikasih tester hasil demo, hmmm
ternyata rasanya enak, di daerah asalku, Pangkalpinang kami menyebutnya Kue Yet Yet, mirip ongol ongol tapi tidak sekenyal itu. Ada juga yg meneyebutnya kue lumpang, tapi yang ini resepnya tanpa santan.
Dengan balutan kelapa parut bercampur dengan harumya aroma gula merah bercampur pandan.

Kue Koh Sui atau Kue Lumpang
 
Resepnya :
Bahan A :
80 gr Tp. tapioka
180 gr Tp. Terigu
2 sdt air kapur sirih
2 sdt air alkaline
450 gr Air 
Semua bahan aduk rata

Bahan Syrup :

150 gr Gula Merah
120 gr Gula pasir
300gr air
3lbr daun pandan

Taburan:
1/2 btr kelapa muda parut, dikukus

Cara Membuat :
  1. Didihkan bahan sirup, kemudian saring. Setelah itu masukkkan bahan A kedalam sirup sambil diaduk,
  2. Apabila adonan bergerindil, jangan ragu untuk disaring.
  3. Panaskan klakat, oles cetakan dgn minya tipis2, panaskan sebentar, tuang adonan hampir penuh , kukus 15 menit dengan api kecil.
Salam,
Angela Mei Cen
Cherish the life we have..

Putu Mayang





Halooo Trio Host JTIW ,,,,
Berikut setoran pertama saya, setelah liat seliweran laporan temen2 dimillis ini bikin mupeng untuk ikut laporan juga. Sesuai asal daerah saya, saya mau laporan makanan khas dari Jakarta (Betawi) yaitu Kue Putu Mayang. Kue dengan bentuk seperti mie yang bertumpuk dengan warna-warni yang cantik begitu menggugah selera. kue ini disajikan dengan kuah kinca/saus gula (campuran santan & gula merah)
Kue ini biasanya sering dijumpai saat bulan ramadhan, karena memliki rasa manis dan gurih jadi sangat pas untuk dimakan saat berbuka puasa… 
Bikinnya cukup simple dan enaaaak loooh J
Ini resep yang saya pakai, saya copas dr web  resepmasakanindonesia.info (mohon ijin share yaa pemilik resep):
Resep Kue Putu Mayang
Bahan Putu Mayang :
  • 250 gr tepung beras putih
  • 100 ml air biasa
  • 300 ml air mendidih
  • 100 Ml air daun pandan suji
Saus Putu Mayang :
  • 250 gr gula jawa
  • 400 ml santan
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 lbr daun pandan
Cara membuat Putu Mayang :
1.    Taruh tepung dalam loyang beralas serbet, perciki air 100 ml hingga tepung lembab, kukus sampai tepung terasa panas.
2.    Sementara itu tuangi air mendidih dengan air pandan suji, biarkan mendidih sekali lagi.
3.    Angkat tepung dari kukusan, taruh dalam wadah, tuangi campuran air mendidih, aduk rata. Biarkan adonan liat, diamkan hingga hangat kuku.
4.    Masukkan adonan dalam cetakan putu mayang, tekan hingga keluar bentuk seperti mie diatas selembar daun. Buat bulatan-bulatan.
5.    Kukus selama 10 s/d 15 menit. Angkat.
Tips :
  • saat mengukus, sekali-sekali buka tutup dandang agar putu mayang tidak terlalu lembek.
  • SAUS SANTAN : masak semua bahan hingga mendidih dan gula larut, saring.
Salam Putu mayang ^,*
Vivi Marvianti

Rujak Jeruk Bali


Hallo trio Host yang cuantiiik cuantiiikk,

Saya mau ikutan weeks program kali ini dengan sajian yang paling gampang dibuat, ini karena bahan utamanya khas tanah kelahiran saya yaitu : Madiun (Jawa Timur) yang banyak jeruk Bali / Nambangan.
Saya sejak kecil kalau sedang musim jeruknya matang pasti dibikinin yang segar-segar pedes ini oleh eyang dan Ibu saya.
Kebetulan pas belanja ke spm ketemu buah ini, langsung saya eksekusi deh mumpung Jakarta sedang super hot.

Berikut resepnya :

Rujak Buah Jeruk Bali

Bahan :
250 gr daging buah Jeruk bali
Bumbu :
5 buah cabai rawit
1/2 sdt terasi bakar
1/2 sdt asam jawa
100 gr gula jawa
Garam secukupnya

Cara membuat :
  1. Ulek semua bumbu sampai halus.Terakhir masukkan daging buah jeruk bali,aduk perlahan2 sampai tercampur rata.
  2. Siapkan piring saji,tuangkan kedalamnya rujak yg sudah diulek.
  3. Sajikan dan selamat menikmati,lebih enak apabila disajikan ketika dingin.

Terima kasih atas kesempatannya ya.

Salam JTIW 2013,
Desy Roelofs

Kue Melaka aka. Klepon



Dear host TAH,
Pertama kali nih ikut weeknya NCC dan ini adalah setoran yg pertama :D
Di Sumatera kue ini disebut melaka,begitu sampai di Jakarta sempat bingung. Nanyak sama tukang kue, mau beli kue melaka, eeeh yg jualan bingung,apaan cik? :D
Setelah diliat2 dan ambil sendiri baru si tukang kuenya bilang,oooo.. Klepon :D

Biasa si dibuat dari tepung ketan,berhubung ada riwayat sakit maag maka tepung ketan saya ganti dengan tepung sagu dan ubi kuning.

Kue Melaka aka. Klepon

Berikut resepnya:

Bahan kulit:
200 gr Ubi kuning (dikukus lalu ditumbuk hingga halus)
200 gr Tepung sagu
Air secukupnya


Isi:
Gula merah disisir halus

Taburan:
1/2 butir Kelapa diparut
Garam secukupnya
Campur kelapa parut dan garam,aduk rata lalu dikukus sebentar

Cara:
  1. Campur ubi yg sdh dihaluskan dengan tepung sagu sambil dikasih air sedikit demi sedikit hingga bisa dipulung.
  2. Ambil adonan sedikit lalu isi dengan gula merah sisir,bulat bulatkan,lakukan hingga adonan habis.
  3. Didihkan air,lalu rebus klepon yg sudah dibulat2kan sampai timbul kepermukaan.
  4. Angkat lalu guling2kan dikelapa parut.
Selamat mencoba,
Hung Hung

Combro Mini Pedas





Haaiii haiii...trio TAH yg muanieezz,,

Mau ikutan ngeramein JTIW,seruuu.... :) Liat jajanan temen2 pada unik2 semua jadi semangat mo ikutan nyetor juga tp bingung mau bikin apa yaa... Eh tadi liat ditukang sayur jualan singkong langsung beli aja deh dan pas banget suami minta dibuatin combro yg puedeess..

Combro Mini Pedas

Berikut resepnya:
750gr singkong,kupas,cuci,parut
100 gr kelapa parut
Garam secukupnya

Isi :
2bh oncom,cuci,remas
4 bh cabe merah
15 bh cabe rawit merah
10 bh bawang merah
6bh bawang putih
Garam,gula secukupnya
Daun bawang iris halus
6 bh cabe rawit ijo iris kecil

Cara Membuat:

  1. Campur singkong,kelapa,garam,aduk
  2. Ulek bw merah,bw putih,cabe merah,cabe rawit merah
  3. Tumis bumbu ulek,tambahkan oncom,gula,garam aduk rata hingga agak kering,masukkan daun bawang,cabe rawit ijo
  4. Bulatkan adonan singkong isi oncom ,goreng hingga kecoklatan(tadi buat ukuran mini )


Salam Combro pedas
-henny-

Ketimus ala Mertua







Dear Trio Host JTIW
 
 
Aku mau setor lagi aah… walaupun udah ada yang setor makanan ini, tapi tetap beda versi..Aku dari kecil menyebutnya dengan Lemet. Tapi kata Mertuaku yang asli Sunda, kue ini namanya Ketimus..
Yang aku suka dari Ketimus made in Mertuaku ini adalah, gula merah yang ada didalam ketimus, dan potongan kelapa muda dalam adonan yang bikin sensasi kriuk-kriuk kalo di makan..
 
Ini dia resep Ketimus ala Mertua :
 
1 kg singkong parut
200 gram gula pasir (sesuai selera)
1 sdm vanili/atau daun pandan
½ sdt garam
Gula merah disisir untuk isian
Daun pisang
1 butir kelapa parut
½ butir kelapa yang tidak terlalu tua, juga tidak terlalu muda dipotong kotak-kotak kecil
 
Cara Membuat:
  1. Campurkan semua bahan seperti singkong parut, gula pasir, vanili, garam, kelapa parut dan kelapa yang sudah dipotong kotak-kotak kecil.
  2. Ambil 1 sendok makan penuh adonan singkong, taruh di daun pisang, lalu diisi dengan gula merah untuk isiannya. Kalau senang manis, bisa diisi gula merah banyak-banyak. Tapi kalau tidak terlalu suka manis, gula merahnya sedikit saja aka sesuai selera deh
  3. Kukus adonan yang sudah dibungkus daun pisang tadi selama ± 20-30 menit. Sajikan hangat-hangat…
Salam Ketimus,
Maria Rara

Kembang Tahu







Selamat siang NCCers dan trio host TAH yang cihuy...

Untuk memenuhi janji mau setoran lagi untuk memeriahkan NCC Jajan Tradisional INDONESIA Week, kali ini yang saya buat adalah kembang tahu yang menurut mbah Gugel aslinya berasal dari kota Bogor. Mohon koreksinya kalo salah yaaaa...

Zaman waktu masih bocah bandel sering banget liat abang yang jualan kembang tahu ini. Hampir tiap siang pasti lewat bawa pikulan sambil mukulin
mangkok yang terbuat dari bahan seperti seng. Ga yakin juga sih apaan yang diketok, lupa. Maklum dah lama banget. Sekarang susaaaah banget sekarang cari si abang kembang tahu ini. 

Inget dulu di milis pernah ada topik yang mencari resep kembang tahu dan saya sempet copas resep yang dishare oleh mba Vonny Setiady dan merupakan resep warisan dari neneknya. Hanya saya di resep tidak tercantum takaran air jahenya (Colek mba Vonny, makasih resepnya ya). Memang kembali lagi ke selera masing-masing sih. Selain kadang kadar manis dari gula merah juga suka berbeda-beda, juga  tergantung seberapa hangat aka pedas air jahe yang disukai. Kalau saya sekeluarga kebetulan suka yang tidak terlalu manis tapi pedes des des :) Berikut resepnya:

Kembang Tahu
Sumber: Vonny Setiady

Bahan kembang tahu:

250gr kedelai (rendam semalam, pagi hari kupas kulitnya dengan cara menggiling dengan 2 telapak tangan)
air 1 1/2lt
daun pandan -> saya pakai 2 lembar
Jahe 2 iris -> saya 4 iris kurang lebih dari jage yang sebesar jempol kaki (ga enak banget perumpamaannya, abis bingung apalagi)
Cioko/sekau/GDL 4gr

Cara membuat:
1. Kedelai diblender dengan air 1 1/2lt, peras dengan kain -> untuk menyaring
2. Masak sampai mendidih dengan ditambah irisan jahe dan daun pandan
3. Cioko dilarutkan dengan 4sdm air
4. Taruh cioko yang sudah dilarutkan di panci stainless/mangkuk keramik -> saya kemarin pakai pyrex
5. Tuang susu kedelai yang sudah masak ke dalam tempat yang sudah ada larutan ciokonya
6. Jangan diaduk dan tutup selama 15 menit

Bahan air jahe:
gula merah -> saya kurang lebih 200gr
Jahe yang sudah  dibakar-> saya kurang lebih 175gr, campur jahe biasa dan jahe merah jadi lebih pedes
Air secukupnya

Cara membuat:
Keprek jahe dan rebus semua bahan sampai mendidih -> kemarin saya 1lt

Gampang banget kaaan....? Sekian laporan saya kali ini.

Terima kasih...

Okky Lasiny
www.facebook.com/okkylasiny

Biji Ketapang


Assalamu'alaikum,
 
Selamat pagi NCC dan juga Trio T A H .....
 
Mau ikutan setor juga aah, sambil mengingat-ingat kue kering khas lebaran nenek tercinta...
Salah satunya Kue Biji Ketapang ini nih yang selalu ada di meja pada saat lebaran, maklum deh saya dulu kecil tinggalnya di Tanah Abang
 
Sayangnya dulu waktu masih ada nenek, kalau disuruh 'bantu-bantu' buat bikin kue ga perhatiin resepnya
(tapi emang dulu, nenek kalau bikin kue gak pake takeran, pakenya ukuran gelas belimbing).
 
Berikut resepnya yang diambil dari Intenet  :
 
Kue Biji KetapangResep : http : http://www.justtryandtaste.com/
 
Bahan:

- 500 gram tepung terigu serba guna
- 150 gram tepung sagu- 100 gram tepung maizena
- 200 gram gula pasir
- 1/2 sendok teh vanili
- 250 gram kelapa parut, sangrai hingga kering - saya dari 1/2 kelapa
- 2 butir telur
- 100 gram mentega
- 250 ml santan kental siap pakai
- 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat:

Di mangkuk besar campur tepung terigu, tepung maizena, tepung sagu, gula, kelapa sangrai, garam dan vanili hingga rata.

Panaskan santan, aduk hingga mendidih, kemudian masukkan mentega. Aduk terus hingga mentega cair. Sisihkan.

Buat lubang ditengah-tengan campuran tepung, masukkan telur. Aduk rata dengan menggunakan spatula atau sendok kayu. Masukkan santan dan mentega panas.

Aduk hingga menjadi adonan yang kalis. 

Bagi adonan menjadi beberapa bagian, gilas adonan hingga agak pipih ketebalan sekitar 1 cm.  Kemudian potong memanjang dengan lebar 1 1/2 cm, gunting-gunting adonan dengan posisi miring selebar 1 cm. Taburi dengan tepung agar tidak lengket.

Goreng adonan di dalam minyak panas hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan dengan menggunakan tissue dapur.

Jika telah dingin masukkan kue ke dalam stoples yang tertutup rapat.
 
 
- Bikinnya plekk sama resepnya, Alhamdulillah garing, manisnya pas dan kress renyah saat  di kunyah...
 
Selamat mencoba,
Amelia Aprilliani

Kue Obi


Dear Trio Host JTIW
 
Setelah stress karena dari kemaren ga bisa attachment file di email..akhirnyaa hari ini bisa juga ikutan acaranya JTIW ini..
Aku mau ikutan setor yaa..baru setoran pertama siih..Ini namanya kalau didaerahku Salatiga sana namanya Timus..tapi begitu aku tinggal di Sukabumi, aku jadi tau ada nama lain buat kue ubi ini, yaitu kue Obi..
Kue yang satu ini gampang banget bikinnya. Waktu kecil, ada mbak tukang kue yang keliling jual macem-macem gorengan yang salah satunya ya kue timus ini. Yang special dari timus ubi si mbak adalah gula merah yang ada dalam kue  Timus tersebut. Kalau kita makan…gula merahnya kadang-kadang nyiprat sampai kemana-mana. Makanya kue Obi ini dikenalnya sama kue Timus Ceprot.. Untuk yang tidak begitu suka manis, mungkin rasanya agak terlalu manis yaa…tapi bisa dihilangkan bagian gula merah sisir, diganti dengan gula pasir yang dicampur langsung di adonan ubinya.
Untuk resepnya semuanya aku pakai takaran kira-kira ajaa
 
Kue Obi atau Timus
 
Bahan
Ubi merah/ungu/putih 250 gr
Gula merah disisir halus
Tepung sagu secukupnya
Garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng
 
Cara :
  1. Ubi direbus/dikukus sampai empuk lalu dihaluskan.
  2. Setelah halus, campur dengan garam dan tepung sagu secukupnya supaya agak kenyal dan tidak hancur saat digoreng.
  3. Ambil 1 sendok makan adonan ubi, letakkan gula merah yang sudah disisir halus kedalam bagian tengah adonan, lalu bentuk seperti bola.
  4. Panaskan minyak goreng, masukkan adonan bola Ubi kedalam minyak panas, goreng sampai warna agak kecoklatan. Hidangkan…
Salam Kue Obi,
Maria Rara

Ketimus


Haiiiiii....trio TAH...
ini laporan aku yang kedua. Efek sabtu kemarin seharian nguplek di dapur..
Jajanan satu ini mengingatkan aku dengan alm Ayah, krn  aku dan alm ayah sangat suka sekali dengan Ketimus. Dulu jajanan ini sering dibuat oleh Ibuku dan aku tidak pernah bosan2nya dengan ketimus/lemet ini. Jajanan ini.murah dan gampang dibuat..,.karena sekarang beliau sudah tua....jadilah gantian aku yang buat... Ceritanya regenerasi......hehehe....
Seperti biasa customer loyalku adalah anak-anak + suami.....:)
Ketimus ini enakkk banget kalau dimakan selagi hangat....Ini dia resepnya yaa....

KETIMUS/LEMET

Bahan :
·    1 kg singkong diparut
·    100 gram tepung sagu / kanji
·    200 gram kelapa parut disajikan santan kental
·    100 gram gula merah
·    1 bungkus vanili powder
·    50 gram gula pasir
·    Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat :                          
  • Campur singkong parut bersama gula merah, gula pasir, vanili powder. Setelah rata masukkan santan, aduk kembali hingga rata.
  • Bungkus menurut selera, kemudian kukus hingga matang.
  • Usahakan pada waktu mengukus air tidak naik keatas atau mengenai bungkusan ketimus/lemet.

Salam
Dhiba F.H.

Kicak


Selamat Siang para Host yang cantik jelita...

Masih dalam suasana serasa di kampung halaman, setelah berhasil mengeksekusi makanan madumongso, pada hari Minggunya langsung berhasil juga mengeksekusi sebuah jajanan yang saya rindukan juga yaitu "KICAK". Sebuah jajanan yang biasanya hadir di dalam bakul mbok jual jananan keliling atau yang manggrok di pasar2 tradisional. Kicak ini biasanya temennya cenil, jongkong, kelepon, getuk, thiwul, dkk

Setelah tanya2 ke emak soal jajanan ini, ternyata suangat mudah membuatnya... yukk kita langsung intip saja resepnya 

KICAK

Bahan : 

1 kg singkong, parut halus
garam secukupnya
3 tetes pasta pandan (pakai merek kupu2)

Pelengkap :
gula merah, serut dan lelehkan
kelapa mudah parut

CARA :

1. Kukus singkong yang sudah diparut halus hingga matang, angkat.
2. Tumbuk lagi hingga halus dan lengket
3. Pindahkan ke loyang, dan biarkan dingin
4. Iris2 dan taburi dengan bahan pelengkap, Sajikan...

Salam JTIW,
- i v a -