Kamis, 28 Maret 2013

Cara Bikang


Dear trioTAH and dear NCCers.......selamat malam ............
Maaf ya menganggu bobo'nya,ya baru jam segini saya benar-benar longgar waktunya^__^
Mau laporan nih,ini pertama kalinya saya laporan dan tentu saja ikut eventnya NCC.Ngak pede juga sebenarnya
Selama ini saya hanya meleihat saja setiap kali NCC mengadakan event-event Week.Dalam hati suatu saat saya juga
harus ikut.....ingin pinter dan hebat seperti teman-teman NCCers......
Kali ini bertepatan dengan event JTIW-NCC saya ingin membuat makanan yang menurut saya tak akan lekang oleh
waktu.Jajanan yang saya buat ini salah satu makanan favorit saya ketika kecil bahkan sampai sekarang.Dan hal ini men
ular kepada ke-4 putra-putra saya,mereka suka sekali dengan jajanan tradisional.Cara bikang adalah salah satunya........
Sabtu kemarin kebetulan saya pas buka-buka webnya NCC,nah ada resep cara bikang.Kebetulan juga si mas(putra saya)
minta dibikinkan bikang,begitu katanya......saya sanggupi senin saja ya mas(hari minggu kami ada acara).
 Tadi siang setelah pulang sekolah anak-anak saya ajak ke pasar dengan maksud beli kelapa sekalian di
parutkan di pasar,tapi apa daya parkiran mobil penuh(banyak mobil pick up bongkar muatan).Selain itu adik yang paling
kecil tidur pulas di samping saya.Ya sudah beli santan instan saja di toko dekat rumah..........


Cara Bikang

Bahan      :
450 gr tepung beras------>saya pakai tepung rose brand
250 ml air
300 gr gula pasir
600 ml santan panas
1 sdt garam
pewarna hijau secukupnya------>saya tambah sendiri,pakai pasta pandan Golden Brown
pewarna merah secukupnya----->saya pakai merah cabe Kopoe-kopoe

Cara membuat      :
Masak gula pasir dan air hingga gula larut,dinginkan.
Taruh tepung beras dalam wadah,lalu tuangi air gula aduk hingga rata (mengunakan mikser speed rendah).Tuangi santan sedikit
demi sedikit sambil terus di aduk dan di tepuk-tepuk selama kurleb 30 menit(dapat mengunakan mikser kecepatan sedang)
....
    3.Ambil sedikit adonan,bagi 2 beri warna sesuka hati
    4.Panaskan cetakkan,polesi minyak tipis saja.Tuang adonan 3/4 penuh.Beri adonan warna masing-masing 1 sdt.Biarkan   matan berlubang-lubang,angkat dengan cara mencungkit bagaian bawah sedemikian rupa sehinnga cara bikang mekar terbalik.
      
     

Sekian dulu laporan dari saya mbak Tantri,mbak Agnes dan mbak Hanny yang cinta jajanan tradisional Indonesia
Salam hangat dari Bojonegoro^__^

Yoevvy F Budiman
www.faridaaryo.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar