Jumat, 12 April 2013

Apem Selong

Dear host TAH yang baik hati,
Apem Selong ini adalah makanan kesukaanku dulu kalau ikut mbah buyut ke pasar wonosari (gunung kidul), kalau diajak ke pasar saya selalu mencari sate telur gemak (telur puyuh) dan apem selong ini. Dulu saya tidak tau apa namanya, hanya tau warnanya putih dan ada renda-renda coklat di pinggiran apem. rasanya enyakkkkk.....

Googling-gogling dengan keyword apem, kebanyakan yang keluar apem bakar, akhirnya setelah search pake gambar, nemu deh yang medekati apem yang kumau.
Resepnya diambil dari blog Dapur Griya Khayangan.

Berikut resipnya yang sudah saya modifikasi dengan tambahan keju :

APEM SELONG KEJU
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan (modifikasi ditambah keju oleh Pawon Magnolia)
Bahan:
Bahan Biang:
1/2 sdm ragi instan
1 sdm tepung terigu
1 sdm gula pasir
200 ml air kelapa
===> Diamkan kurang lebih 15 menit hingga berbuih (saya diamkan sampai hampir 1 jam lebih karena tidak mengembang-mengembang, mungkin kualitas ragi-nya)
Bahan Adonan Apem:
250 gr tepung beras (saya pake rosebrand)
175 gr gula pasir
350 ml santan kental (saya pakai santan kara besar ditambah air)
2 lembar daun pandan (saya gak pakai)
1 butir telur (agar apem lebih terasa lembut)
1/4 sdt garam

Tambahan  :
- Keju parut untuk taburan

Cara Membuat:
1. Rebus santan kental dengan daun pandan, didihkan dengan mengaduk2 jangan sampai santan pecah. Biarkan menjadi hangat.
2. Siapkan wadah atau mangkok besar, masukkan tepung terigu, gula pasir, garam halus, dan telur kocok, tuangkan santan kental yang sudah hangat sedikit demi sedikit sambil adonan diuleni hingga gula larut.
3. Masukkan adonan biang yang sudah berbuih, uleni lagi dengan tangan hingga adonan halus dan licin. Menguleninya harus agak lama kurang lebih 15 menit, sambil adonan dikeplok2 diangkat/ditarik dan diturunkan dengan tangan. Kemudian istirahatkan adonan selama kurang lebih 1 jam.
4. Siapkan wajan kecil dan cekung (sebaiknya yang anti lengket jika punya lhoo...) untuk memanggang, panaskan dulu sebelum dibuat memanggang dengan api yang kecil saja. Lalu tuangkan sesendok sayur adonan diatas wajan, tekan sendok sayurnya sambil sendok sayur diputar hingga membentuk pinggiran yang tipis dan bulat. Putar beberapa kali (bisa 3 kali memutar) agar terbentuk pinggiran kue ape yang rata dan agak tebal sehingga tidak mudah gosong. Tutup wajannya, tunggu sekitar 4 menit...buka tutupnya, tambahkan keju parut, tutup lagi, bila sudah matang segera angkat.

Note :
- karena gak punya wajan anti lengket, kemarin saya pakai wajan biasa yang kecil dan agak cekung. api kecill saja
- kalau mau lebih enak dan wangi, lebih baik pakai tepung beras yang baru digiling
- Tutup wajan sebaiknya pakai tutup dari kaca ya biar kelihatan matang atau belum


Theresia Yenny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar