Sabtu, 30 Maret 2013

Apang Coe



Kue ini merupakan snack dari Manado. Dari penampakan dan tekstur tidak jauh berbeda dengan kue apem gula merah. Hanya dengan penambahan rempah kayu manis dan biji pala membuat kue ini lebih kaya aromanya.

Hari ini kan libur, jd saya coba buat camilan yg mengingatkan ayah saya pada kampung halamannya (kebetulan sudah lama ngga bikin kue untuk beliau, he he he). Aslinya kue ini dicetak dengan menggunakan takir dari daun pandan besar, tapi berhubung dirumah ga ada, saya pakai cup bolu kukus, hanya saja sebelum dituang adonan, d dasar cup saya beri irisan daun pandan.

Bikinnya sih ga repot, cuma lama aja nunggu waktu fermentasi. Proses pembuatan pun dibantu anak-anak yang juga liburan. Setelah matang, ambil 5 pcs buat dipotret. Beres potret, taunya sisanya sudah tinggal cupnya. Untung masih ada yang dijadikan model foto, kalau ngga batal lagi ngirim kue ke ortu.

Resep yang saya gunakan saya ambil dari Seri masak Femina Primarasa: Manado dengan penambahan rempah.

Bahan-bahan:
300 gr gula merah kelapa, sisir
250ml air kelapa
400 gr tepung beras (kalau kata ayah saya paling enak pakai yg baru giling)
10 gr ragi instan
150 gr tepung terigu
1 sdt garam
1 sdt baking pwd
400ml santan dari 1 kelapa
5 lbr daun pandan iris 2cm
(Saya tambahkan 1/2 sdt kayu manis bubuk dan 1/4 sdt biji pala bubuk)

Cara Membuat:
1. Masak gula merah dan air kelapa sampai mendidih lalu dinginkan dan saring.
2. Masukkan tepung beras dalam wadah.
3. Tuang air gula, sambil diaduk dan diuleni kemudian pukul-pukul, selama  30 menit.
4. Tambahkan ragi instan, aduk rata dan istirahatkan selama 1 jam.
5. Masukkan terigu, garam dan baking powder.
6. Tuangi santan, kayu manis bubuk, biji pala bubuk sambil diaduk, uleni lagi sampai rata.
7. Didihkan air dalam dandang, masukkan 1 lbr daun pandan yang disimpul ke dalam dandang.
8. Tuang adonan dalam cetakan bolu kukus yg dibawahnya dberikan irisan daun pandan.
9. Kukus selama 15 menit sampai kue merekah dan matang, lalu angkat
 
Salam,
Iko Ico

Tidak ada komentar:

Posting Komentar