Senin, 25 Maret 2013

Pempek Tunu


Dear Trio Host, mau ikutan JITW, semoga bisa diterima, kemaren mau setting im3l digest, malah ke unsubscribe, dodol banget deh, mau gabung lagi, binun, kenapa di footer imel yang lama tidak ada yaa *tutup muka dah*.

Dipalembang ada macam macam varian pempek, pempek yang harus direbus dulu, seperti pempek lenjer, kapal selam, telor, keriting. Ada juga yang bisa langsung digoreng yaitu pempek adaan, dan ada pempek yang dipanggang, yaitu pempek panggang atau pempek tunu. Tunu dalam bahasa palembang artinya panggang.
Apabila adonan pempek panggang dicampur dengan telur dan panggang menggunakan takir namanya lenggang ;) hehehehe macam macam dah varians si pempek ini.

Mengenai pakem kapan pempek dibuat dan dimakan, sepengetahuan saya tidak ada, makan pempek ya saat sarapan, snack pagi, makan siang, snack sore, kapan aja, tiada saat tanpa pempek deh.

Resep ini yang diajari sama ibu saya, asli buat ikutan JITW kudu nimbang semua bahan, secara selama ini pake ilmu kira kira.

Pempek Tunu
Resep Uthi Sekar

Bahan Pempek
125 grm daging ikan giling, saya gunakan ikan gabus
175 grm tepung sagu, saya pakai sagu merk udang
1 butir telur
1 sdt garam halus
50 ml minyak goreng
75 ml air es

Bahan Isi
50 grm ebi rendam air panas, tiriskan sisihkan
Cabe rawit
Kecap manis

Cara pembuatan

1. Campur daging ikan giling, dengan garam, telur, air es, minyak sayur.
2. Ulenin sampai rata, perlahan masukkan tepung sagu, setelah tepung sagu masuk, jangan terlalu menguleni adonan, cukup sampai tercampur dengan tepung sagu, apabila diulenin maka hasilnya pempek akan keras.
3. Adonan pempek akan menjadi adonan yng lembut bisa dipulung tetapi lengket, ambil sedikit adonan, gunakan bantuan tepung sagu untuk membentuk adonan menjadi bundar sebesar telur ayam dan pipihkan.
4. Panggang adonan yang sudah dibentuk, seharusnya menggunakan bara api, tapi saya menggunakan teflon.
5. Apabila bagian bawah adonan pempek panggang sudah mulai keras, berubah warna balik pempek panggang.
6. Saya menggunakan api sedang saat memanggang, dan pempek memang harus sering dibolak balik agar tidak gosong, saat memanggang akan terdengar bunyi mendesis dari adonan, tanda pempek sudah matang di sisi pempek akan muncul retakan memanjang sisi nya. Atau bisa juga dilihat pempek akan berubah warna.
7. Setelah matang, iris pempek panggang dari sisi, iris jangan sampai terputus. Isi dengan isiaan ebi kecap.

Untuk isian, ebi, cabe rawit digiling halus tambahkan kecap manis.


Salam

Ibunya Sekar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar