Senin, 01 April 2013

Balung Kuwuk


Selamat malam trio TAH yang cantik, member pasif mau ikutan setor nih untuk meramaikan week  kali ini walau sudah berlangsung lama.
Saya senang sekali dengan adanya jajanan tradisional Indonesia week karena mengingatkan saya akan beberapa jajanan yang semenjak saya kecil, baik ibu dan mbah putri selalu membuatnya sendiri, diantaranya balungkuwuk ini.
Balungkuwuk ini sebenarnya berasal dari singkong kukus yang tidak habis termakan, dari pada sayang terbuang lebih baik diolah kembali menjadi makanan, begitu seingat saya dahulu sewaktu mbah putri sedang membuatnya ( tetapi pada saat saya membuat balungkuwuk ini memang niat khusus untuk membuatnya, bukan sisa dari singkong kukus yang tidak termakan lho )
Tentang nama balungkuwuk sendiri, mungkin di daerah lain berbeda ya.
Pada saat pembuatan balungkuwuk, saya harus menunggu matahari bersinar cerah untuk menjemur irisan singkong kukus supaya kering sekali, ini berguna untuk mencegah penjamuran pada irisan singkong kukus.
Kalau sedang beruntung, di pastrad dekat rumah orang tua saya di Jakarta, ada simbok yang kadangkala menjual balungkuwuk yang sudah jadi dan tinggal mengorengnya saja, hehehe
Cara membuatnya sangatlah mudah, hanya diperlukan kesabaran saat penjemuran irisan singkong.
Balungkuwuk
By Riana Sari
Bahan :
1 kg singkong
Air untuk mengkukus
500 ml minyak sayur untuk menggoreng
Caranya :
1. Bersihkan singkong dari kotoran tanah liat yang menempel, potong singkong kira kira panjang 6 cm
2. Kupas singkong dari kulitnya, cuci bersih dan tiriskan
3. Singkong di kukus untuk kurang lebih 25 menit, setelah matang angkat dari dandang, dinginkan
4. Setelah singkong kukus dingin, iris tipis tipis dan jemur hingga kering
5. Apabila telah kering benar, irisan singkong kukus menjadi balungkuwuk yang siap di goreng
6. Goreng balungkuwuk dengan minyak sayur yang cukup banyak dalam wajan pengorengan sampai matang dan berwarna agak kecoklatan
7. Hidangkan

Mudah sekali bukan cara membuatnya ?
Ayo dicoba
Salam,
Riana Sari Widhianti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar