Senin, 01 April 2013

Kue Lapis Pepe (Kue Lapis Khas Betawi)


Mengutip Jakartakita.com : Kota Jakarta memiliki sejumlah kuliner lezat yang menggugah selera. Salah satunya adalah Kue Lapis Pepe. Kue lapis khas Betawi ini tak pernah ditinggalkan penggemarnya. Teksturnya yang lembut kenyal dengan aroma santan yang gurih membuatnya selalu memikat.

Kue lapis pepe ini pun salah satu kue khas betawi yang jadi favorit saya,dan dulu sewaktu masih kecil nenek saya yang notabene penduduk asli betawi kerap membuat kue ini di tiap-tiap acara khusus (pesta) atau acara-acara besar seperti pernikahan,khitanan (hajatan).Membuat dan menikmati rasa kue lapis pepe saat ini dan bukan di betawi mengembalikan nostalgia masa kecil selama hidup dan tinggal di betawi, let say: Obat tombo kangen.Sebenar nya saya sempat tergelitik dan penasaran dengan nama kue nya "PEPE",dulu pernah tanya sama sang nenek tapi jawabannya cuma: "Pepe..ya Pepe...dari jaman dulu juga namanya Pepe,".*titik*,so mungkin ada yang tahu,anyone?

Cara pembuatan kue lapis ini pun tergolong mudah. Bahan-bahan dasar untuk membuat kue ini pun tidak sulit didapatkan,dan satu hal lagi dalam peroses pembuatan ini benar-benar membutuhkan banyak kesabaran. Nah bagi Anda yang ingin menjajal membuat Kue Lapis Pepe sendiri sekaligus menguji kesabaran. Mungkin resep ini bisa dicoba.
KUE LAPIS PEPE
(Kue Lapis Khas Betawi)

by:Rinjani.T.
( sumber resep dari Jakartakita.com)

Bahan-bahan:1250 ml santan dari 1,5 butir kelapa
3 batang serai, dimemarkan
2 lembar daun pandan
5 lembar daun jeruk purut
1 sendok teh garam
450 gram gula pasir
550 ml gram tepung kanji
50 gram tepung terigu
Pewarna makanan merah dan hijau (saya menggunakan bahan pewarna makanan cap kupu-kupu)
Cara Membuat: Didihkan santan, daun jeruk, serai, pandan, gula pasir, dan garam sambil diaduk, angkat, saring, lalu dinginkan.
Tuang campuran santan ke dalam tepung terigu dan tepung kanji, aduk rata.
Bagi adonan menjadi 3 bagian. Beri warna merah, hijau, dan sisanya dibiarkan putih.
Oles loyang persegi 18 x 18 cm dengan minyak goreng/mentega ( karena lagi-lagi di repotkan ukuran loyak persegi yang tidak bisa masuk dalam dandang (kukusan) dan berhubung gak punya kelakat persegi juga, walhasil saya menggunakan loyang bulat ukuran diameter 20 cm). Tuang 2 sendok sayur adonan putih, kukus selama 10 menit.
Di atasnya tuang lagi dengan 1 sendok sayur adonan merah, kukus lagi selama 5 menit. Selanjutnya, tuang 1 sendok sayur adonan hijau di atasnya, kukus lagi 5 menit.
Ulangi lagi untuk masing-masing adonan sebanyak 1 sendok sayur secara bergantian hingga adonan habis. Terakhir, kukus lagi adonan selama 25 menit. Angkat. Setelah dingin, potong-potong sebelum disajikan.
Untuk: 30 potong (loyang persegi)

Rin Jani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar