Senin, 01 April 2013

Talam Ubi Merah



Met pagi trio TAH, & NCC ers
Setoran JTIW  yang ke 5, Talam ubi merah, menurutku ubi merah lebih enak daripada ubi warna  lainnya, jadi kalau dibuat talam pastinya lebih enak selain itu warnanya pun cantik, ini resepnya aq dapat dari internet yg sudah dimodifikasi sedikit
TALAM UBI
Untuk lapisan bawah:
Ubi jalar yang berwarna oranye 500 g.
Tepung kanji 2 gelas peres.(Aq pake tepung tapioka)
Gula pasir 1 gelas peres.
Gula merah 75 g.(Aq nggak pake)
Santan cair 0,75 gelas.
Bahan untuk membuat talam ubi untuk lapisan atas:
Santan kental 1 gelas.
Tepung hunkwe 1 sdm.(Aq pake tepung beras)
Tepung kanji 2 sdm.
Garam secukupnya.
Cara membuat talam ubi:
Pertama, bersihkan dulu ubi jalar hingga bersih, setelah itu barulah rebus ubi tersebut bersama dengan kulitnya sampai matang.
Kedua, setelah ubi tersebut direbus dan telah matang dalam kondisi masih panas, maka kupaslah ubi tersebut dan haluskan.
Ketiga, masukkan tepung kanji ke dalam ubi yang telah dihaluskan tadi, lalu campur ubi dengan tepung kanji hingga tercampur rata.
Ke-empat, iris tipis-tipis gula merah, dan campurkan gula merah yang telah diiris tadi bersama dengan gula pasir dan juga garam.
Kelima, setelah bahan tersebut tercampur rata, lalu tuangkan santan cair sedikit demi sedikit ke dalam adonan tersebut sambil diaduk-aduk sehingga bahan tersebut akan tercampur rata.
Ke-enam, saringlah adonan untuk lapisan bawah dengan menggunakan saringan aluminium yang tentunya lubang sarigna tersebut harus besar,(kalo aq langsung diblender aj) sehingga diperoleh adonan yang halus dan tidak bergumpal-gumpal.
Sedangkan untuk lapisan atas, campurlah santan kental dengan tepung hunkwe, tepung kanji, dan sedikit garam,  hingga merata.
Ke-tujuh siapkan cetakan kue dari plastik/aluminium, lalu isi dengan adonan lapisan bawah hingga 0,75 bagian. Setekah itu, kukus adoanan tersebut hingga matang. Selanjutnya, masih dalam kukusan, tambahkan adonan lapisan atas di atas lapisan bawah, dan kukus kembali hingga mtang.
Nah, selanjutnya, angkat, didinginkan, dan talam ubi siap untuk disajikan

Salam JTIW
(Lisa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar