Minggu, 07 April 2013

Apem Selong


Holllaaaaa trio TAH and members
Mau lapoooraannnn yang kali ini adalah bikin apem selong yang berasal dari jawa timur terutama daerah pasuruan, malang dsk. Kue ini request dari suami dan yang terutama sih hasil komporane ibu oeban my komandan potluck hmff
sempet ragu mau bikin kue ini karena aku pikir harus wajan khusus, pas ditengah kegundahan cling bu oeban kasih ide pake wajan biasa juga bisa yowiss lah pantang mundur ayoo dicoba daripada gaak bisa tidur hehhe #lebay akut
Kalo miturut ceritane apem ini biasanya ada di dalam berkat (besek)  selametan orang yang meninggal dan seperti kue wajibnya gitu, selalu ada apem selong  Entahlah  apa filosofinya ...
Resepnya aku dapat hasil googling #ijin share yaaa kalo memang nccers yang punya resep
Yuk disimak resepnya, bikinnya gampang dan enakk
APEM SELONG
Bahan :
- 500 gr tepung beras
- 3 gelas santan dari 1 butir kelapa.  didihkan dan dinginkan
- 1,5 gelas air kelapa
- 1 sdm ragi instant
- 350 gr gula pasir
Cara membuat :
1. Campur air kelapa dan ragi biarkan kurleb 1,5 jam
2. Campur tepung beras dan gula beserta santan aduk hingga rata
3. Tambahkan campuran air kelapa ke dalam adonan tepung aduk sampai rata sambil ditarik tarik dan dijatuhkan berulang ulang hingga gula tercampur rata
4. Tutup adonan dengan serbet kurleb 30 - 45 menit
5. Ambil 1 sendok sayur tuang melebar ke samping wajan
6. Tutup wajan dan biarkan matang
Salam apem
Sugi bae

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar