Minggu, 07 April 2013

Gandhos


Selamat malam menjelang ganti hari Trio TAH dan teman-teman tercinta,

Gara-gara suka dengar mbak Soimah teriak-teriak Jos Gandhos Kothos Kothos Nganti Mbledos di acara IMBnya TransTV, maka tadi siang daku latah buat kue Gandhos versi Jogja. Kue ini rasa dan teksturnya mirip Wingko Babat hanya beda di tepung dan gula yg digunakan. Mirip juga dengan Awug awug hanya beda di cara pengolahan. Kue Gandhos ada dua versi, yg manis dan yg gurih, disini daku buat yg versi manis, bila mau buat yg versi gurih, maka cairan gula dihilangkan dan diganti garam + air kelapa atau santan. Bisa dibentuk kecil-kecil seperti wingko lalu dibakar tapi biar cepat daku pake happy call aja, setelah matang dipotong-potong. Kue ini simple, mudah dan cepat buatnya, rasanya pun legit, bisa dimodifikasi dengan penambahan nangka atau duren atau parutan kulit jeruk purut yg besar biar semakin kaya rasanya. Gayeng tenan lah.

Kue Gandhos versi Jogja (manis)
resep turun temurun ajah

Bahan:
- 400 gr atau 1 butir kelapa, kupas putih, parut, pilih yg sedang mudanya (sebenarnya yg muda lebih enak, tapi jadinya pas diparut susah dan kempes, nanti hasilnya cuma jadi dikit),
- 200 - 250 gr tepung beras (disesuaikan dengan tekstur si kelapa)
- 100 gr gula merah, sisir halus (bisa juga diganti dengan gula pasir)
- 1/2 cup air
- 2 sdm gula pasir (jika menggunakan gula merah)
- 1 sdt garam
- daun pisang dan daun pandan wangi untuk aroma

Cara Membuat :
- masak air, garam dan gula hingga gula larut, saring
- campur cairan gula dengan tepung beras (200gr dulu), aduk dgn sendok kayu
- masukkan kelapa parut, aduk merata, jika teksturnya masih terlalu basah atau lembek tambahkan sisa 50gr tepung beras
- tata di pan yg sudah dialas daun pisang dan daun pandan, tutup bagian atas dengan daun pandan dan daun pisang lagi, panggang api sedang hingga tercium aroma gosong dari si daun pisang, balik pan, panggang lagi hingga matang kedua sisi. setelah agak dingin, potong-potong, sajikan.
- note : penambahan duren akan membuat adonan semakin lunak, tambahkan tepung beras dengan perbandingan 1:1 dengan si duren. sedangkan untuk penambahan nangka / pisang / kulit jeruk / coklat meses tidak perlu ditambahkan tepung beras.

Salam Jos Gandos Kothos Kothos,
Puspita - Depok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar