Senin, 01 April 2013

Putu Mayang


Dear host,
Akhirnya baru bisa dan sempat buat jajan pasar Indonesia, setelah curi waktu libur panjang.
Putu Mayang, jajanan ini adalah favorit saya waktu masih kecil dulu. Kalau ibu saya belanja di pasar, pasti saya ambil putu mayang tiga warna.
Rasa putu dan kincanya  yang legit membuat saya ketagihan..

Resep ini, saya ambil dari buku KITAB MASAKAN INDONESIA terbitan DEMEDIA, cetakan kelima.  Kebetulan punya buku ini, tapi tidak satupun di coba karena tidak sempat, dan sekalinya mencoba langsung pake resep putu mayang, dan ternyata susah-susah gampang. Setelah kemarin pagi, sengaja cari cetakan putu mayang di pasar, akhirnya ketemu satu toko yang jual cetakan ini, dari belasan toko loyang kue di pasar, ternyata cuma satu toko yang masih menjual cetakan ini. Pulang kerumah langsung saya eksekusi resep, dan sayangnya, saya belum googling resep putu mayang yang beredar di dunia maya untuk pembandingan. O iya, ada duka nya nih membuat kue putu mayang, karena adonannya lumayan kental dan kalis, dan tenaga saya kurang super, maka untuk ngeluarin adonan di cetakan putu mayang, saya minta suami untuk mendorong adonan didalam cetakan dan menjadi bentuk-bentuk putu mayang seperti mie nan cantik itu.

Beberapa bagian resep sudah saya modifikasi, dalam resep asli tidak menggunakan pewarna.

PUTU MAYANG
500 ml air
500 gr tepung beras
250 tepung kanji (bisa dikurangi, kalau tidak mau terlalu kenyal)
250 santan kental
garam secukupnya (resep asli tidak ada)

KINCA
 500 santan kental
 3 lembar daun pandang (diikat)
 250 gr gula merah (saya pake gula aren 300 gram)
 1 sdm tepung beras (saya pakai 1 sdm tepung beras dan maizena 1/2 sdm )
 100 gram gula pasir (saya pakai 2 sdm gula pasir)
 Garam secukupnya

Cara Membuat
 Putu Mayang
Panaskan santan dan air, diamkan hingga tidak terlalu panas-hangat
Campur tepung Kanji dan tepung beras hingga rata, masukkan kedalam cairan santan. Panaskan dan aduk hingga kental, gunakan api kecil.
Angkat. Bagi tiga adonan menjadi tiga, dua bagian adonan beri masing-masing pewarna merah dan hijau pandan (saya pakai merk koepoe-koepoe). Cetak adonan dengan cetakan putu mayang. Kemudian kukus.
Tips, cetakan dapat di cuci terlebih dahulu setelah memakai adonan setiap warna, kelembaban cetakan membantu adonan keluar dengan baik.
   Kinca
Didihkan santan kental dengan daun pandan. Masuukkan gula merah (aren), gula pasir dan garam. Masukkan pengental (tepung beras dan maizena). Angkat dan dinginkan
Sajikan putu mayang dengan kinca. Resep menghasilkan sekitar 30 putu mayang.

salam
Lin
http://pavitacakes.blogspot.com

1 komentar: