Minggu, 31 Maret 2013

Dodongkal


Dodongkal

Dodongkal adalah makanan tradisional dari Jawa Barat, tepatnya saya sendiri tidak tahu pasti berasal dari daerah mana.  Waktu saya dulu tinggal di Bogor sering banget beli kue dodongkal ini dan enak dimakan untuk sarapan, dan kayanya sekarang ini sudah jarang orang yang jual dodongkal. Bahan-bahannya simpel tapi menurut saya susah-susah gampang buatnya. Kalo mau enak tepung berasnya menggunakan tepung beras yang digiling sendiri tapi saya menggunakan tepung beras siap pakai aja biar praktis,tepung beras lalu diolah setengah matang dan didinginkan semalaman. Mengukusnya pun bukan pakai dandang biasa tapi pakai kukusan kerucut yang terbuat dari anyaman bambu dan dimasukan ke dalam seeng (dandang tinggi), klo saya kukusnya pake dandang biasa aja....
 
Bahan-bahan:
1,5 kg tepung beras yg sudah diolah setengah matang.
500 gram gula merah disisir halus
1/2 butir kelapa setengah tua, parut
2sdt garam
500 ml air (larutkan garam dalam air)
beberapa lembar daun pandan
 
Taburan :
1/2 butir kelapa, parut memanjang beri garam dan vanili bubuk kukus 10 menit
 
Tepung beras yg diolah setengah matang: 
  1. Takar tepung beras sebanyak yang diperlukan ciprati air sampai berbutir sambil terus diaduk sampai rata, banyaknya air tergantung kelembaban tepung beras. 
  2. Bungkus dengan kain atau langsung di kukusan, kukus selama 15 menit. 
  3. Setelah dikukus angkat dan tebarkan diatas tampah agar tidak menggumpal sampai penampakannya seperti nasi berbutir lalu dinginkan kira-kira 12jam/semalaman.
  4. Setelah dingin ayak dengan saringan, tepung beras setengah matang pun siap diolah.
Cara Membuat:
  1. Siapkan dandang/kukusan beri daun pandan pada air kukusan biar wangi
  2. Campurkan 1/2 butir kelapa parut dengan tepung beras, beri air garam sedikit demi sedikit, aduk hingga lembab dan berbutir. 
  3. Siap kan wadah beri beberapa lembar daun pandan, kemudian sendokan gula merah, tepung beras secara berselang seling sampai habis lalu kukus. Untuk lapisan gula merah jangan terlalu tebal cukup tipis saja sedangkan lapisan tepung beras lebih tebal.
  4. Kukus selama 15-20 menit sampai matang dan semua bahan menyatu
  5. Siap disajukan dengan kelapa parut

Salam
Isna Sutanto
http://cobacoba-isna.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar