Rabu, 03 April 2013

(NCCJTIW)I​ndonesia Wajik Ketan Teh Hijau w/ Mickey Mouse Character


Hai hai Trio TAH yang geulis dan nccers semuah,
met malam,
Menutup malam ini, akhirnya bisa juga laporan dan ikut event week week an kali ini.
Sederhana dan simple aja, aku akhirnya bikin wajik ketan rasa teh hijau dengan susu (kombinasi jajanan khas Indonesia sama adaptasi rasa ala jepang hihihihi), jadi ga pakai santan :D Maunya bikin jajanan khas Aceh tapi belum kesampaian terus beli perlengkapannya *pemalas :D*.
Ide nya bermula karena suka banget makan wajik ini, biasa beli wajik enak di mangga dua(kalau yang tau kantin ie suan di ITC mangga dua pasti suka liat ada wajik di sana, uenak loh..:D).
Nah sdh beli bahan bahan dari hari sabtu kemarin, kebetulan semalam lihat milis eh ada mba Ina Kornie(halo mba Ina..ijin ikutan idenya ya..:D) yang juga laporan wajik pandan jadi tambah terinspirasi deh.
Kenapa teh hijau/green tea? Karena suka banget juga sama green tea, kebetulan juga masih ada bubuk green tea yang makyus modal aku biasa bikin green tea latte sendiri(maniak green tea latte nih hihihihi..*yuhuuu colek teteh nicke*..:P), jadi deh bikin rasa green tea aja.
Terus ada ide di cetak pake cetakan silicon yg gambar mickey mouse ini awalnya dari bikin es cincau kemarin(laporan menyusul).
Jadi deh penampilannya seperti di foto.
Berikut resepnya aku adaptasi dari resep mba Ina kornie, tapi sudah aku modifikasi ya :
Wajik Ketan Teh Hijau
Bahan :
500gr beras ketan cuci bersih rendam 2jam
150ml susu cair putih UHT
1sdm bubuk green tea
200gr gula pasir
1/2 sdm pasta green tea
1/4 sdt garam
Cara Membuat :
1. Kukus beras ketan selama 40menit, setiap 15menit sekali perciki air sampai 40menit.(airnya ini aku ga takar sekira nya saja) Setelah ketan matang sisihkan.
2. Masak susu, bubuk green tea, gula dan pasta green tea hingga matang, masukkan beras ketan yg sudah matang tadi lalu aduk rata. Masak hingga cairan menyatu dengan ketan dan texture ketan ga terlalu lembek. Angkat.
3. Siapkan cetakan oles dengan minyak sayur, lalu cetak ketan yang sudah matang, biarkan sampai dingin dulu dan agak mengeras(ga terlalu lembek) baru keluarkan wajik dari cetakan. Jadi deh...
Mudah ya...
Semoga menjadi inspirasi juga bagi teman-teman lainnya terutama yang suka green tea :D

Salam JTIW,
Lily Tyucake
Salam,
Lily Tyucake
www.tyucake.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar