Selasa, 09 April 2013

Engkak Ketan


http://food.detik.com/read/2009/10/21/153723/1225787/482/engkak-ketan-kue-kuno-asli-palembang Sepintas kue ini mirip dengan kue lapis legit. Warnanya cokelat berlapis kuning cantik. Tapi siapa sangka kalau bahan dasar kue ini ternyata berbeda dengan kue lapis biasa. Seperti apa sih kuenya Wong Kito ini? Jangan mengaku penggila kue tradisional kalau belum pernah mencicipi kue yang satu ini. Kue lapis khas Palembang, Sumatera Selatan ini cukup unik karena berbahan dasar ketan. Rasanya kenyal-kenyal dengan rasa manis yang pas. Tak heran karena menggunakan ketan sehingga teksturnya sedikit kenyal lembut.

Bener deh kata mba Wina amir, kalau mau buat engkak, sisingkan lengan dan waktu karena kue ini bener bener membutuhkan waktu yang lama. Apa ya ini yang disebut kue 8 jam itu ya? Jujur saya yang besar di Lampung masih penasaran…… Dan setelah kue ini jadi dengan sukses, jujur, menyesal sangat kenapa hanya buat 1/3 resep saja, hihihihihi :P

Engkak Ketan resep by Wina Amir
Disesuaikan oleh Melly (aku menggunakan 1/3 resep untuk loyang 10x5x7cm)

Bahan : 
4 butir telur 
200 gr gula pasir 
500 ml blendo (santan yang dimasak sampai keluar minyaknya) 
200 gr tepung ketan putih 
85 ml susu kental manis 
1/2 sdm mentega, cairkan 

Cara membuat : 
  1. Kocok gula dan telur menggunakan whisk sampai gula larut, masukkan santan, aduk rata. 
  2. Kemudian masukkan tepung ketan sedikit demi sedikit, aduk rata. 
  3. Masukkan susu kental manis dan mentega cair, aduk rata. 
  4. Tuang adonan (Loyang 10x5x7 cm, oles dan lapisi kertas roti) kira-kira 1 - 1 1/2 sendok sayur untuk setiap lapisan, panggang menggunakan api atas sampai bagian atas adonan kekuningan, lanjutkan sampai adonan habis.
Salam,
Permai Sari Molyana Yusuf

1 komentar: