Selasa, 12 Maret 2013

Bengawan Solo

Assalamualaikum,
Selamat sore,


Ini postingan aku yang ke-2 karena memang hari ini aku bikin 2 macam jajanan (mumpung hari libur). Aku gak tau darimana asalnya jajanan ini, dan aku juga gak tau kenapa namanya Bengawan Solo. Ada yang bilang kue ini namanya Putri no'ong, ada juga yang bilang kue Kaca mata hhehehe gak tau yang mana yang bener.
Waktu SD jajanan ini sering aku beli diwarung tetangga yang kebetulan orang jawa tengah, namanya mba Netty. Beliau mengerjakan sendiri dari mulai memarut singkong sampai mengukusnya. Tapi suatu hari mba Netty meminta  aku untuk membantu membuatnya, tentu saja aku senang sekali, karena aku jadi bisa melihat bagaimana caranya dan seperti apa resepnya,secara waktu kecil dulu aku sudah suka bikin kue.
Tentu saja aku dapat upah, mau tau upahnya? Hehehe aku boleh makan kue ini sepuasnya, senang sekali aku waktu itu sudah bisa makan banyak, uang jajan ku pun utuh hehehe.
Inilah resep mba Netty (skarang sudah almarhumah) waktu itu ukurannya pake kira2 aja, nah sekarang aku coba pake ukuran gramnya yah, cmiiw kalo salah, silahkan..

Bengawan Solo


Bahan:
1 kg Singkong yang sudah diparut halus
150 gr Gula pasir
1 sdt Garam
1 sdt Vanili
150 ml Santan kental
Pewarna kuning dan hijau secukupnya
Daun pisang untuk pembungkus secukupnya
Kelapa parut yang agak muda  diberi garam sedikit, dikukus dengan daun pandan
Pisang uli atau pisang raja kupas dan biarkan memanjang

Cara membuat:
  1. Campur singkong parut, gula pasir, garam dan vanili, aduk rata, masukan santan kental aduk rata kembali.
  2. Bagi menjadi 2 adonan, 1 bagian diberi warna hijau 1 bagian lagi warna kuning. Ambil selembar daun pisang taruh adonan warna kuning 3 sdm letkan pisang diatasnya lalu tumpuk lagi dengan adonan warna hijau juga 3 sdm, ratakan dan bungkus seperti membungkus arem-arem atau lontong, lakukan sampai adonan dan pisang habis.
  3. Kukus dalam klakat/kukusan selama 30menit/sampai matang. Angkat dinginkan, buka daun pembungkusnya, potong-potong menurut selera lalu beri taburan kelapa parut, siap dihidangkan. Selamat mencoba!

Salam Bengawan Solo,

Nina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar