Selasa, 12 Maret 2013

Kue Sengkulun

Assalamualaikum, Selamat siang para hosts yg budiman, mau ikutan JTIW niy....
Pagi2 udah lari ke pastrad niat cari kelapa dan tepung ketan, aku mau bikin makanan nostalgia, kesukaanku dan duluuuu sekali ibu ku sering meminta aku membuatnya utk adik2 ku (adikku banyak heheh) yang pada waktu aku kecil ga ada tuh yg namanya jajanan chiki, burger ato sebangsanya, jajanan yang ada jaman aku SD itu kue yang semuanya dibikin sendiri sama penjualnya, misalnya getuk, gemblong, kue unti, dadar gulung.
Nah yg mau aku bikin sekarang adalah jajanan yang udah langka banget, padahal bikinnya jg ga susah, cm tinggal aduk2 jadi deh!  Tapi mungkin karena seleranya udah jaman keju kali yah, pas kue ini jadi anak2 ku malah merasa aneh makan nya, "ini kue apa? Kok kelapa semua?" Hihihi aq bilang ke anak2 ku ini jajanan mama waktu kecil, dan ini sehat, bahan2nya fresh from the tukang sayur
Berikut resepnya.....

Kue SENGKULUN Betawi

Bahan:
1 butir kelapa yg stengah tua stengah muda
500gram tepung ketan
200gram gula pasir
1sdt garam
1sdt vanili
7sdm air putih
Daun pisang utk alas loyang selembar

Cara Membuat:
  1. Ambil baskom besar, taruh semua bahan kecuali air, aduk rata menggunakan tangan saja, kalo sudah rata cipratkan air sedikit - sedikit sampai rata kembali. Setelah benar - benar rata dan tercampur, bagi adonan menjadi 2 bagian, yang 1 bagian dibiarkan putih sedangkan 1 bagian lg diberi pewarna merah.
  2. Siapkan loyang kotak 24 x 24cm olesi minyak taruh lembaran daun pisang olesi minyak kembali. Lalu taruh adonan warna putih ratakan, kemudian taruh adonan warna merah ratakan jg, kukus selama 25 menit, angkat dan potong2 sesuai selera! Sajikan ...selamat mencoba.....
Salam kue Sengkulun
Nina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar