Selasa, 12 Maret 2013

Lepet Jagung

Dear Host NCC - JTIW,
Dear NCC-ers,

Pemula mau ikut meramaikan Jajanan Tradisional Indonesia Week :-)

Kue ini biasanya dibungkus dengan memakai kulit jagung (klobot) sebelum dikukus, sehingga membuat bentuknya yang unik dan khas. Kue ini merupakan makanan khas Jawa Timur dan banyak dijumpai di daerah-daerah di Jawa Timur. Di daerah-daerah Jawa Timur tersebut, lepet jagung popular dikenal dengan nama pudak.

Makanan ini juga salah satu jajanan yg suka dibuat oleh almh mama, my favorite, sekalian mau coba cemilan untuk keluarga yg pada suka jagung manis dalam bentuk lain dan ternyata anak2 sukaaa...

Sayang sekali untuk resep yang biasa mama bikin saya tdk pernah mencatat, hanya melihatnya mencampur dan membantu membungkus nya.

Resep yg saya pakai saya ambil dari web nya Koleksi Resep Keluarga Nugraha (mohon ijin utk memakai resepnya ya Mbak.. :D )

Untuk rasanya nya, enyakkk, dan mirip seperti resep yang suka almh mama saya buat..

Berikut resep nya :

Lepet Jagung

Bahan :
300gr jagung dipipil hancurkan sampai halus (kalau saya suka yg agak kasar)
100gr kelapa parut yg agak muda
3 sdm kanji (saya ganti maizena)
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanil
80 gr gula pasir
1 sdm santan kental
Kulit jagung untuk membungkus

Cara membuat :
Campur semua bahan, ambil 1-2 lembar kulit jagung, isi dengan 2- 3 sdm adonan, gulung, kemudian kukus hingga matang.

Kurang lebih jadi 18 bungkus.

Semoga Jajanan tradisional Indonesia lestari dan selalu menjadi kebanggaan untuk kita dan anak cucu kelak..

Terima kasih (´▽`ʃƪ)






Wassalam,

Dewi Woro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar