Sabtu, 06 April 2013

Es Rujak


Dear Host JTIW,
Mau yang dingin-dingin,segar dan pedas?
Saatnya menikmati es rujak.
Es rujak ini salah satu jualan almarhumah Ibunda tercinta.
Selain Es Kueh(Hunkue),Es boll (es buah),Es kacang hijau,Es ketan hitam,Es santan suji,Es Orson,Es Salsaparila (maaf 2 nama ini aku tidak yakin dengan pengejaaannya).
Ada beberapa macam jenis es lagi.Tapi aku lupa namanya.
Maklum ibunda menghadap sang Khalik.Saat aku masih berumur 7 tahun.
Hanya beberapa jenis saja yang aku ingat.
Dan ini resep es rujak yang aku buat.
Es Rujak ala Inna Wulan
Bahan :
-150 gr Mangga Indramayu muda serut.
-100 gr Kedondong serut.
- 50 gr Ubi merah serut
-   5 sdm kacang goreng
Bumbu :
-3 Buah cabe merah keriting
-5 Buah cabe rawit merah
- 1 sdt terasi
- 2 sdt garam
- 1 sdm asam jawa,buang biji.campur dgn 3 sdm air matang.ambil airnya.
- 500 ml air matang
Kinca gula merah :
-4 Buah gula merah
-250 ml air matang
Masak hingga gula mencair & mengental
Cara membuat :
1.Ulek cabe merah,cabe rawit,terasi& kacang goreng hingga halus.
2.Siapkan kinca gula merah dalam mangkok besar,masukan bumbu yang sudah dihaluskan,air asam jawa & garam.
3.Tambahkan air matang,aduk hingga tercampur rata.
3.Masukan semua bahan rujak yang sudah diserut.
4.Masukan dalam kantong es mambo.
5.Masukan dalam frezer dan bekukan.
6.Siap dinikmati.
Satu resep ini menjadi 20 kantong es mambo.
Salam es rujak
   *Inna Wulan*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar