Sabtu, 06 April 2013

Lepet Jagung


Dear para host,
Lama-lama tergerak juga untuk ikutan setor laporan di Jajanan Tradisional Indonesia Week. Sebenarnya kemaren mau bikin lepet jagung ini sekalian untuk #potluckACMI yang digagas Oom William Wongso, kebetulan temanya unutk bulan ini adalah makanan berbungkus daun. Apa daya ternyata pas hari H malah tepar, akhirnya gagal. Tapi bahan sudah terlanjur beli. Jadilah dimasak keesokan harinya.
Saat saya kecil dulu, jajanan ini biasa dibawa tukang sayur langganan Ibunda. Hampir setiap hari beli. Di Jakarta saya belum pernah lihat ada yang jualan, atau mungkin saya yang kuper.
Oke, langsung saja ya... Bikinnya gampang dan cepat kok. (Maaf ya fotonya nggak secantik foto2 lain yang beredar di sini..)
LEPET JAGUNG
Bahan:
4 butir jagung manis utuh (beserta kulitnya, untuk membungkus)
100 gr kelapa parut (kelapa setengah tua)
50 gr gula pasir
sedikit garam
2 sdm tepung maizena

Cara Membuat:
1. Sisir atau parut jagung manis. Tumbuk dengan ulekan sebentar.
2. Masukkan bahan lainnya, aduk rata.
3. Tuang sesendok adonan ke dalam selembar kulit jagung yang sudah dicuci. Tutup dengan cara digulung. Kalau mau, bisa juga diikat pake tali.
4. Ulangi hingga adonan habis.
5. Kukus dengan api sedang kira-kira 30 menit.
Catatan: berbeda dengan membuat kue yang takaran bahannya harus pas, kalau membuat jajanan semacam ini bisa dikira-kira atau diubah sesuai selera. Misalnya mau rasa jagungnya lebih terasa, ya kelapa parutnya dikurangi. Kalau saya pribadi suka yang pakai kelapa parut banyak.

Lenas Tsu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar