Selasa, 02 April 2013

Bapel







Dear Trio Host JTIW,
Setoran pertama saya untuk event NCCJTIW adalah Bapel. Jajanan masa kecil yang dulu mudah ditemui di pasar tradisional. Konon jajanan ini berasal dari Jawa. Yang pasti Bapel sudah ada sejak jaman dahulu kala. Terbukti, resep jajanan ini sudah ada di buku Pandai Memasak asuhan Nyonya Rumah terbitan tahun 1957 :) . Hanya saja jaman dulu, belum ada bahan ragi instan seperti jaman sekarang,  sehingga untuk ragi nya orang dulu menggunakan babon roti.
Langsung saja ini resepnya, saya ambil dan modif sedikit dari buku terbitan yasaboga berjudul Snack,  Sweet and Savoury Treats.

Kue Bapel

Bahan:
400 ml tepung terigu
1 sdm ragi instan
2 sdt vanila ekstrak/1/2 sdt vanila bubuk
1/2 sdt garam
400 ml santan dari 1 1/2 kelapa
6 butir telur + 275 gr gula pasir,  kocok hingga kental dan gula larut
1 sdm margarin,  dilelehkan

Cara Membuat:
  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, ragi, vanila dan garam. Sedikit-sedikit masukkan santan sembari dikocok menggunakan mikser dengan kecepatan rendah. Kocok kurang lebih 5 menit hingga adonan licin.
  2. Tambahkan telur dan gula ke dalam adonan tepung,  kocok hingga rata. Tutup wadah dengan serbet basah, diamkan kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang 2x lipat.
  3. Panaskan cetakan bapel, olesi dengan margarin. Tuangkan adonan ke dalam cetakan hingga penuh, tutup cetakan dan masak sambil dibolak-balik cetakannya hingga matang.
Catatan:
Sebelum adonan dituang ke cetakan, aduk2 adonan untuk menghilangkan gelembung2 udara hasil fermentasi. Agar adonan yang dituang tidak hanya berisi busa saja.
Nb: mohon maaf foto over kuota sedikit ya Host...

Salam,
Wati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar