Kamis, 14 Maret 2013

Carang Gesing

Slamat malam Host NCCJTIW yg lg ketiban email seabrek-abrek :_)
Ini laporan kedua untuk event week-week-an NCC kali ini dengan tema "Jajanan Tradisional Indonesia"
Asal kue ini dari daerah mana saya kurang tahu,yang pasti saya mengenalnya sudah sejak saya masih imut :_) #sekarang dah amit#,hehehehe......
Dan yang pasti saya suka jajanan tradisional yg prosesnya simpel saja.
Versi Carang Gesing yang saya jumpai dipasar adalah yang memakai campuran terigu,dan yang saya buat ini adalah versi resep dari almarhumah simbah saya dulu.
Berikut resep yang saya tahu dari jaman simbah saya,

Bahan:
- 1 sisir pisang kepok
- 1,5 liter santan sedang
- 400 gram gula pasir (yg tdk suka manis bisa dikurangi)
- 1 sdt garam
- 1 sdt vanili bubuk
- 3 btr telur antero(kocok asal caampur)
- daun pandan secukupnyaa
- daun pisang untuk membungkus secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas pisang dan iris bulat-bulatCampur semua bahan jadi satu,kecuali daun pandan,aduk rata
  2. Siapkan daun pisang klo ada bsa diselipkan selembar plastik yg tahan panas diantara daun pisang(berguna untuk mencegah air santan bocor.
  3. Taruh sepotong daun pandan diatas daun baru kemudian dituangi campuran adonan.Bungkus tum,semat dgn lidi.
  4. Kukus kurleb 3/4 jam atau hingga matang.
  5. Disajikan dingin lebih nikmat.
Salam Jajanan Tradisional Indonesia,

Lely Jossie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar