Kamis, 14 Maret 2013

Kue Talam Ubi Ungu

Dear host NCCJTIW "TAH"

Sudah lama menanti event online week-weekan NCC, akhirnya muncul lagi eventnya. Untuk event khusus Jajan Tradisional INDONESIA Week ini, awalnya sebenarnya pengen bikin kue talam singkong favoritku dan keluarga terutama papaku. Berhubung ga nemu singkong dan inget di dapur masih punya stok ubi ungu jadi pindah haluan ke kue talam ubi ungu ini.

Kue talam sendiri sebenarnya sangat banyak ragamnya. Selain talam ubi dan singkong ini, ada talam jagung, talam ketan,talam ebi, talam kentang, talam talas dan sebagainya.

Resep yang saya pakai di sini adalah resep dari teman yang dia peroleh dari www.kembangcabe.blogspot.com. Hanya saja karena lidah sudah terbiasa dengan tekstur dan rasa dari topping yang biasa dibuat oleh mama saya pada saat bikin talam singkong, jadi khusus topping saya modifikasi seperti yang biasa saya makan dari kecil.

Membuat kue talam ubi ini sangat mudah dan tidak memerlukan waktu lama. Jadi tunggu apalagi? Begitu punya bahan lengkap ga usah ragu-ragu lagi untuk langsung eksekusi.

Berikut resep asli berikut modifikasi toppingnya:

Kue Talam Ubi Ungu
 

Bahan Ubi:
250gr ubi ungu, kukus dan haluskan
125ml santan dari 1/4butir kelapa -> saya pakai santan kotak
1/2sdt garam
50gr tepung beras
25gr tepung sagu
75gr gula pasir halus

Bahan topping:
125ml santan dari 1/2 butir kelapa -> saya pakai santan kotak
1/8 sdt garam -> saya pakai 1/4sdt
25gr tepung beras
1sdm tepung sagu -> saya tidak pakai
25ml air panas

Cara Membuat:

Bahan Ubi: rebus santan dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Biarkan hangat.

Campur ubi, tepung beras, tepung sagu dan gula pasir halus, masukkan santan aduk rata. Tuang adonan ubi setinggi 3/4 cetakan yang telah dioles tipis minyak goreng. Kukus 15 menit sampai matang.

Bahan Toping:
Rebus santan dan garam sambil diaduk sampai mendidih, biarkan dingin.

Aduk rata tepung beras dan air panas, tambahkan tepung sagu, aduk rata. Tuang rebusan santan sedikit-sedikit sambil diaduk rata.

Tuang diatas bahan ubi, kukus 10 menit sampai matang


Rasa manis dari kue talam ubi ungu ini menurut saya sudah pas. Benar-benar alami seperti kita makan ubi ungu yang direbus/kukus. Tapi untuk memperkaya rasa, untuk topping saya bikin 2 kali resep, lagi-lagi ini karena terbiasa buatan mama saya dari kecil. Dengan membuat 2x resep, menurut saya perpaduan rasa manis dan gurih lebih mantap serta memperkaya rasa dari kue talam ubi ungu ini. Tapi tentunya semua kembali kepada selera masing-masing...;)

Selamat mencoba....

Okky Lasiny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar