Kamis, 14 Maret 2013

Temo Coe

Dear NCCers,
Hari ini mo laporan Temo Coe 2.. Kenapa dikasih judul temo coe 2? Karna kemarin itu mba ine udah laporan temo coe juga.. Trus krn kali ini resepnya beda, jadi bolehhh yaaa aku kasih judul temo coe 2 :D

Jujur aja, temo coe ini sebenernya baru aku icipin pertama kali pas aku kuliah di Manado.. Walaupun keturunan Manado asli en lahir di Manado, tapi aku besar di Jakarta dan terbiasanya justru dengan masakan Jawa, jadi judulnya sih bukan terbayang2 jajanan waktu kecil dulu, melainkan waktu muda dulu. Hehehehe

Nah, waktu aku di Manado, temo coe yg aku icip itu menggunakan temo atau wijen hitam.. Browsing sana sini, adanya yg menggunakan wijen putih biasa.. Saking penasarannya, aku ampe telpon kakak sepupu yg tinggal di Manado utk tanya resepnya..tapi dia juga ngga tau hahahahaha..

Yasud, akhirnya aku pake resep dari sajian sedap, dengan mengganti wijen putih menjadi wijen hitam.. Berikut resepnya:


TEMO COE

Bahan-bahan:
275 ml santan (aku pake santan instan)
200 gram tepung ketan
1/2 sendok teh garam

Bahan Isi:
50 gram gula merah, diserut kasar
15 gram wijen putih, disangrai (aku pake wijen hitam)

Bahan Taburan:
1/2 sendok makan wijen putih, disangrai (ngga pake)

Cara membuat :
  1. Didihkan santan. Biarkan hangat. Tuang sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung ketan dan garam sambil diuleni sampai kalis.
  2. Isi, campur gula merah dan wijen putih. Aduk rata.
  3. Ambil sedikit adonan ketan. Pipihkan. Isi dengan gula merah dan wijen putih. Bentuk bulat.
  4. Taburkan wijen putih di atasnya. Letakkan di dalam kukusan yang sudah dialasi daun pisang yang sudah diberi sepotong daun pandan.
  5. Kukus di atas api sedang 15 menit sampai matang. Buka kukusan setiap 3 menit. (SD)
Untuk 25 buah

Oya, harusnya pas dimakan, adonan isiannya tumpah gitu..tapi yg aku bikin ini malah isinya kesedikitan... Soalnya kalo kepenuhan, aku ngga bisa nutup/mbuletin adonannya lagi.. Huaaaaa.. Buat temen2 ada ngga yang punya tips gimana caranya bisa masukin isian dengan banyak tanpa merobek adonan.. Plisss bagi-bagi tipsnya dunksssss..

Btw, terlampir penampakan temo coe-nya yah.. Ukurannya masi ngga sinkron satu sama lain.. Heheeehe

Salam JTIW
Inka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar