Kamis, 14 Maret 2013

Wingko Singkong

Dear trio host JTIW,
Pengen ikutan meramaikan event NCC JTIW, kemarin libur nyepi saya manfaatkan eksekusi resep ini.

Resep ini asalnya aku dapat dari  Rini  dinamai Cassava cake. Resep asalnya  pake santan, karena aku malas peras santan, aku coba gantikan santan dengan kelapa parut, ternyata hasilnya enak, rasanya antara lemet dan wingko , kalau lemet khan dikukus, wingko di oven. Umumnya wingko  memakai bahan ketan, karena ini bahan dasarnya singkong, maka aku namai wingko singkong. (he..he.. ngasih namanya suka suka )

Bikinnya mudah sekali, karena bahan singkongnya beli langsung yg sudah digiling di pasar, jadi prosesnya tinggal campur dan oven.

Wingko Singkong

Berikut resepnya :
3 kg singkong parut
1 butir kelapa parut
500 gr gula pasir
300 gr mentega (boleh diganti dgn 300 ml minyak goreng)
2 lbr daun pandan
air kelapa secukupnya (+/- 200-300ml)

Cara membuat:
  1. Mixer gula dengan mentega sampai putih dan lembut
  2. Masukkan singkong parut, kelapa parut dan air kelapa.
  3. Aduk sampai adonan tercampur rata
  4. Alasi loyang dengan kertas roti atau daun
  5. Taruh pandan pada dasar loyang.
  6. Masukkan adonan, oven dengan api sedang (180C) . selama +/- 60 menit.
  7. Test tusuk, bila lidi sudah tidak basah berarti sudah matang.
  8. Dinginkan, setelah dingin potong - potong....
Untuk resep diatas jadi 2 loyang, 1 loyang uk : 18x18 cm dan 1 loyang 25 x30 cm.

Salam singkong,
Retno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar