Kamis, 14 Maret 2013

Enye - Enye

Selamat makan siang untuk semua, ini laporan kedua saya, setelah tadi terbang ke manado, sekarang sudah  duduk manis di sukabumi, cicurug tepatnya. Ini cemilan kesukaan saya, kriuk-kriuk banget soalnya. Kalau saya pulang ke rumah nenek, selalu disediakan enye-enye ini.walaupun ada 2 jenis, opak dan enye, saya lebih suka enye karena ada cabe, ketumbar dan bawang daun, kalo opak kayaknya cuma singkong dikukus lalu digiling tipis + garam, tanpa bumbu lain.
Pas sma dulu ( thn 2000 ) sempet kaget karena harga enye ini, 100pcs hanya rp.3000,- sampe mikir gak abis-abis " ini gak salah jual ya ", dan sekarang bukan mikir lagi, tapi  terharu, dengan cara bikinnya yang lumayan ribet, enye/opak dijual hanya seharga 3000 rupiah /100pcs , dan 100pcs enye itu mampu membuat saya keblinger.. Semoga rejeki selalu berlimpah untuk para pembuat opak dan enye, amiin.
Enye ini tampaknya khas jawa barat ya, karena ada di bandung, bogor, sukabumi, cianjur, semua ada hehee, gak tau kalo di jawa dan lainnya.
Resepnya saya gak ambil darimana-mana,  hasil menerka-nerka sendiri dan dipraktekin, sukses alhamdulillah.

Enye-enye

Bahan :
Singkong diparut, lalu diperas, pisahkan air dan kanjinya, air dibuang, kanji dan singkong peras tadi, diaduk menjadi satu.
Bawang daun, diiris kasar
Cabe diiris kasar ( buat yang suka pedas -tapi gak pedas juga sih hasilnya hhehehe)
Ketumbar secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat :
  1. Siapkan kukusan dan piring2 kecil untuk wadah/cetakan
  2. Campur semua bahan tadi, lalu ambil 1 sendok makan, taruh dipiring kecil, pipihkan hingga berbentuk bulat.
  3. Kukus singkong yang sudah dicetak tadi, saya gak pake waktu, cuma lihat kalo sudah berubah jadi bening ( bener gak tuh bening ), saya angkat.
  4. Lakukan sampe bahan enye tadi habis
  5. Jemur sampe kering, lalu siap di goreng.

Begitulah kira-kira resepnya, yang lama adalah proses jemurnya, karena dirumah saya beberapa hari ini mendung, jadi saya bikin dari sabtu, baru hari ini bisa digoreng deh.

Sekian laporan kedua, laporan ketiga nanti saya mau jauh-jauh lagi aahhh...

Salam jajan tradisional Indonesia,
Cynthia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar