Kamis, 14 Maret 2013

Es Goyobod



Mau laporan ke2 ya host...

Pernah makan es ini sewaktu berkunjung ke Bandung. Resepnya saya dapat dari tabloidNova.com dengan beberapa penyesuaian sesuai penampakan dari es Goyobod yang saya makan waktu itu.

Es Goyobod khas Garut & Bandung
Bahan Goyobod:
300 ml air
50 gr gula merah (saya ganti gula pasir & 1/8 pasta Pandan merk Koepoe2)
50 gr tepung hunkwe
1/2 sdt garam
1 lbr daun pandan (saya tidak pakai)
(saya buat 2 resep yg 1 lg saya beri 1/8 sdt pasta Strawberry Koepoe2)

Bahan Kuah:
600 ml santan dari 1 btr kelapa (saya buat 1liter)
200 gr gula merah, sisir halus
½ sdt garam
2 lbr daun pandan
(saya tambahkan gula pasir 100gr)

Bahan Pelengkap:
1 btr kelapa muda, keruk melebar
1 bh alpukat, keruk dagingnya (saya ganti potongan roti tawar)
es serut (saya pakai es batu yg dihancurkan)

Cara membuat:
  1. Buat goyobod: rebus air dan gula merah, saring lalu dinginkan.Tambahkan bahan lain, rebus kembali hingga mendidih dan kental.Tuang ke loyang persegi 18 cm, diamkan hingga dingin, potong kotak 1 cm, sisihkan.Buat kuah: rebus bahan kuah sambil diaduk hingga mendidih, saring. Dinginkan.
  2. Sendokkan pelengkap ke dalam mangkuk kecil, tambahkan goyobod dan kuah, lalu hidangkan.Segar sekaligus mengenyangkan.
Ani Verdiyanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar