Sabtu, 16 Maret 2013

Kue Lapis Tepung Beras






Hai trio TAH yang cantik cantik
saya mau share kue tradisional yang ternyata ada dimana mana di Indonesia
saya konsul sama mbah Google koq di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, di Jakarta juga ada, jadi saya beneran ga ngerti dari mana asalnya hehehe...
ini kue kesukaan keluarga dari saya masih kecil, makannya dibuka dulu per lapis lebih asiiikkk...
saya pake resep dari buku "Kue Tradisional dan Kudapan" dari Primarasa
semoga berkenan yaaa...

Kue Lapis Tepung Beras
950 ml Santan (saya pakai 200ml santai instan dilarutkan dengan air)


1/2 sdt Garam
2-3 lembar Daun pandan, robek-robek, ikat
Minyak goreng untuk mengoles
250 gram Tepung beras
100 gram Tepung kanji
300 gram Gula pasir
Pewarna merah dan hijau secukupya (saya pakai pasta pandan)

Caranya :
  1. Masak santan, garam dan daun pandan hingga mendidih. Angkat lalu diamkan hingga hangat. Didihkan air dalam dandang. Olesi loyang ukuran 20x20 cm dengan minyak goreng. (saya pakai loyang bulat diameter 20 cm)
  2. Campur tepung beras, tepung kanji, dan gula, aduk hingga rata. Tuangi santan hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga licin.
  3. Bagi adonan menjadi tiga bagian, untuk diberi pewarna merah hijau dan sisanya putih.
  4. Masukkan 100 ml adonan hijau ke loyang, kukus dalam dandang tertutup selama 5 menit. Kemudia tambahkan adonan putih 100 ml. Kukus selama 5 menit. Kemudian tuangi 100 ml warna merah. kukus lagi. Ulangi.
  5. Saat mengukus terakhir lapisi tutup dandang denga serbet. , kemudian kukus selama 25-30 menit. 
  6. Angkat, keluarkan dari dandang. Potong2 ukuran  1x 6 cm.... :P
 
Salam kue lapis,
Intan Permatasari 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar