Sabtu, 16 Maret 2013

Lupis Saus Kinca







Halo mba-mba host NCCJTIW..mba Tantrie, mba Agnes dan mba Hanny...
 
Sejak kecil aku suka sekali kue lupis saus kinca (sirup gula merah). Dan sampai sekarang aku pun masih suka kue ini, kalau sudah makan lupis, bisa habis 3 kue sekaligus...hehehe...Setelah melihat ada event nccjtiw, aku pun teringat dengan kue ini, tapi tidak bisa membuatnya..aku bingung, tapi akhirnya aku langsung meminta bantuan tetanggaku, Oma Wiwik, yang tiap hari berjualan kue lupis, dan kue-kue tradisional lainnya. Aku pun langsung melihat dan meminta bantuan beliau untuk mengajariku kue ini...dan akhirnya terciptalah kue lupis ini...hehehe...
Untuk resep resminya aku share dari blog Welcome to my kitchen...monggo di share..
 
Kue lupis Saus Kinca
 
Bahan:
200 gr beras ketan putih, cuci, tiriskan.
1 sdm air kapur sirih.
daun pisang untuk membungkus.
Lidi untuk menyemat.
 
Saus Kinca (sirup gula jawa) :
200 gr gula merah, sisir
50 gr gula pasir
400 ml air
3 lbr daun pandan
 
Pelengkap:
100 gr kelapa muda parut, kukus, aduk dengan garam secukupnya.
 
Cara membuat :
  1. Rendam beras ketan dengan air dingin minimal 1 jam, tiriskan
  2. Aduk beras ketan dengan air kapur sirih supaya kenyal, biarkan beberapa saat
  3. Gulung selembar daun pisang ssehingga seperti contong lontong. Isi dengan beras ketan kira-kira hampir penuh (4/5 tinggi contong)
  4. Semat ujungnya dengan lidi dan ikatsepanjang contong dengan tali
  5. Taruh dalam panci, beri air hingga terendam. Rebus selama 4 jam
  6. Angkat, tiriskan, dinginkan
  7. Kupas lupis, potong melintang dengan benang. Sajikan dengan pelengkapnya
 
Untuk 3 gulung
 
Salam jajan Indonesia,
Lala Zulaikha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar