Sabtu, 16 Maret 2013

Lampu - lampu



Baru pertama kali ikutan week-weekan gini, semangat soalnya tema kali ini jajanan tradisional ..
Laporan pertama ini untuk kue lampu-lampu khas Manado, INDONESIA.
Saya kenal kue ini waktu SD dulu, kalo Oom saya datang pasti dia bikin kue ini, versi beliau di gelas-gelas tapinya hehehe. Daaan setelah susah payah 2 jam bikin takir ( gak ngerti caranya ), jadilah si takir meleot-meleot ini haha, gak apa-apalah ya, yang penting isinya.
Ini resepnya aku boleh googling, lupa di blog siapa atau web siapa ( maaf dan makasih buat yang punya resep).. Berikut resepnya  :

Lampu lampu

75 g tepung beras
1 sdm gula pasir
25 ml air daun suji ( aku pake daun pandan )
300 ml santan kental
50 g gula merah, sisir halus
daun pandan, potong kecil-kecil
daun pisang, bentuk takir

Cara membuat:
1. Campur tepung beras, gula pasir, air daun suji, dan santan kental. Aduk rata.
2. Ambil sebuah takir yang terbuat dari daun pisang, beri potongan daun pandan dan 1 sdt gula merah sisir.
3. Tuang adonan tepung beras hingga 3/4 penuh.
4. Kukus selama 15 menit hingga matang.
5. Angkat, sajikan.

Baiklah, sekian laporan pertama saya yang jauh-jauh ke manado... Sekarang saya siap-siap mau ke sukabumi, buat laporan kedua hihihi *ambil sayap kepak kepak*

Salam jajan Indonesia,
Cynthia Mariza Clara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar