Sabtu, 16 Maret 2013

Mendut






Dear trio TAH and nccers...

Waktu gong week dibunyikan langsung kepikiran kue mendut ini. Jajanan ini sering banget dibuat oleh ibu saya dari waktu saya masih anak-anak sampai bisa bikin anak (hahaha...baca: segede ini becanda dikit yaa ;)). Saya suka banget kue ini dari perpaduan rasa manis dan gurih serta teksturnya yang kenyel-kenyel gitu atau kenyal kali yaa. Sebenarnya kue ini mirip dengan kue bugis dari betawi atau koci-koci kalau orang jawa timur bilang yaitu kulit dari tepung ketan dan tepung beras kemudian diisi enten-enten atau kelapa muda parut yang diberi gula. Bedanya kalau mendut ini isinya kelapa parut dan gula merah jadi isian warna coklat tidak putih dan ada kuah santan kentalnya ini yang memberikan sensansi gurih. Langsung aja yah ke resep.

RESEP Kue MENDUT ala IBU

Bahan Kulit :
300gr tepung ketan
150gr tepung beras
3sdm air kapur
Air secukupnya / bisa juga pakai santan yang cair sisa membuat santan kental

Cara : semua bahan dicampur dan diuleni hingga kesat atau bisa dibentuk. Dibagi 2 bagian di beri warna masing-masing merah dan hijau. Sisihkan

Bahan isi (enten-enten) :
1 butir kelapa muda parut
200gr gula merah sisir (jika hasil akhir kurang manis tambahkan gula merah, kalau saya tidak suka manis)
Daun pandan
1/2 st garam
1/2 st vanilli
Air secukupnya untuk melarutkan gula merah saja

Cara : gula merah dan air di larutkan dalam wajan gunakan api kecil kemudian masukkan kelapa parut,daun pandan, garam dan vanilli aduk-aduk terus hingga kesat hingga adonan kelapa bisa dibentuk bulatan.

Bahan kuah :
500ml santan kental dari 1 butir kelapa
Daun pandan
1/2st garam
1/2 st vanili

Cara : campur semua bahan didalam panci jerang diatas api kecil. Aduk terus hingga matang dan santan tidak pecah.

Penyelesaian :

  1. Siapkan kukusan.
  2. Adonan kulit yang sudah diwarnai hijau dan merah ambil sedikit untuk dibuat bulatan (untuk ukuran suka-suka ya) pipihkan masukkan enten-enten kemudian tutup adonan bentuk bulatan,begitu terus hingga habis sisihkan.
  3. Ambil daun pisang bentuk posisi seperti membungkus nasi bungkus. Ambil mendut hijau kemudian beri pemisah dengan daun pandan lalu ambil mendut merah kemudian siram dengan kuah santan. Bungkus dan segera kukus hingga matang kurang lebih 20-30menit.
  4. Sajikan hangat

Selamat mencoba yaaaa...jangan lupa siapkan teh hangat ...waaaah nikmat betuuulll..

Salam mendut,
Antik Pranandari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar