Sabtu, 16 Maret 2013

Sosis Solo Kukus






Dear trio TAH dan All NCC'ers..

Laporan perdana dalam even ini.. Sosis Solo Kukus.. Seperti yang sudah kita ketahui bersama (jyaahhhh.. Bahasanyaa..), sosis solo ini ada 2 versi, yaitu versi goreng dan versi kukus. 2 versi ini bukan hanya cara pematangannya saja yang berbeda, tapi dari bahan dan cara membuatnya juga beda.

Sepanjang saya tinggal di Jakarta, sepertinya saya belum pernah ketemu sosis solo kukus ini,  selalu ketemunya yang versi goreng. Di solo, versi kukus ini biasa kita temukan di mbok2 penjual tenongan, trus di warung2 soto (soto nggading, soto triwindu), dan di wedangan. Beberapa taun lalu, saya pernah melotot ke anak saya pas kami ngiras di warung soto, karena sembari nunggu soto di hidangkan, anak saya menghabiskan 9pcs sosis ini, plus ketika makan soto dia ambil 3 sosis untuk lauk, daaaannnn, masih memesan bungkus untuk dibawa pulang. #gubraakkss..

Resep yang saya gunakan ini hasil nanya ke kakak sepupu, sebagai berikut:

Bahan:
3 butir telur plus sejumput garam, dikocok lepas, buat dadar tipis2 dengan teflon ukuran 12-16cm

Isian:
200gram daging ayam, cincang
2 siung bawang merah
2 siun bawang putih
Ketumbar, garam, gula pasir
Minyak goreng untuk menumis bumbu

Cara:
Tumis bawang merah dan putih yang sudah dihaluskan, masukkan ayam cincang, tambahkan gula dan garam, aduk2 sampai ayam matang.
Ambil selembar dadar, beri isian, gulung dan rapikan
Kukus selama 15 menit
Sajikan dengan cabe rawit atau bisa juga untuk lauk

Terima kasih,
Ambar ariseno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar