Selasa, 02 April 2013

Kue Lumpur Kentang Pandan Suji





Sebagai mamber yg udah 3thn gabung baru sekali ini ikutan even week2an dan baru sekali ini juga ikutan lapor. Terus terang sebagai org yg ilmunya pas2an sangat minder bila pamer hasil karya di milis. Tapi setelah ikutan HMFF dan bertemu teman2 (maaf lupa nama2nya) dan para selebriti NCC, rasa percaya diri saya untuk muncul di milis timbul hehehheeh...padahal sering banget ngikuti acara demo bu Fat dan saya selalu berusaha naik panggung dengan PDnya biar bisa foto ama bu guru tercinta bu Fatmah Bahalwan. Dan saat even JTIW di umumkan saya semangat banget, mulai dr menyusun makanan apa aja yg mau saya buat dan searching2 resep. Tapi rupanya baru bisa setor 1 resep ini karena kesibukan yg sangat padat di 2bulan ini. Sempat juga sih buat samiler atau opak dr singkong parut tapi saat penjemuran terjadilah insiden hujan deras plus saya lupa kl sedang jemur samiler. Alhasil samilernya mbeleber dan lengket di alasnya, gak cantik bentuknya dan besoknya jd berubah warna dan saat di coba digoreng hasilnya jd seperti gosong. Lain kali pasti di coba lagi deh.

Kue lumpur adalah salah satu jajanan masa kecil yg sangat saya gemari tapi sayang anak dan suami tidak terlalu suka makanya saya sangat jarang bikin sendiri. Kmrn saya sengaja bikin setengah resep saja, hasilnya sebagian saya bagikan ke tetangga krn di rumah hanya saya saja yg makan. Pilih2 resep akhirnya pilihan jatuh ke resep kue lumpur pandan suji NCC n i love it. Kebetulannya lagi saat bikin kue ini hujan turun dengan sangat derasnya jd cocok buat temen ngopi deh. Bila makan kue yg satu ini saya teringat Almarhumah Bude saya di SBY yg sempat mengasuh saya saat saya usia SD. Tiap hari minggu saya selalu di ajak ke pasar krempyeng (istilah utk pasar yg bukanya pagi aja) untuk belanja sayuran. Disudut pasar ada tukang kue yg selalu jadi ampiran kami. kuenya macem2 dan kue lumpur ini salah satu favorit Bude. Duuuuh jadi kangen Bude n Surabaya deh. Sayang kegiatan ke pasar ini tidak bisa saya turunkan ke anak saya, banyak bgt alasan anak saya kl diajak ke pasar. Intinya sih krn pasar yg di dkt rumah itu bau...hehehehehehe. 
Ini resep yg saya copas dari web NCC

Kue Lumpur Pandan Suji 
:: Penulis : Fatmah Bahalwan 
 
Bahan
200 ml santan kental200 ml air pandan suji         
3 lbr     daun jeruk purut       
1/2sdt garam                 
2 btr     telur                  
150 gr  kentang kukus haluskan
120 gr  tepung terigu           
120 gr  gula pasir             
Cara membuat:
  1. Campur santan dan air pandan suji, aduk rata sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula hingga mengembang, masukkan kentang halus, aduk rata. Tuangi air santan hijau secara bertahap sambil diaduk rata.
  3. Panaskan cetakan kue lumpur, tuang adonan ¾ penuh. Tutup. Biarkan setengah matang, hias dengan kismis.
  4. Tutup lagi masak sampai matang. Angkat.
Sekian laporan saya kali ini, mudah2an masih sempat setor lagi dengan jajanan2 favorit saya di masa kecil. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf dan terimakasih Mods yg sudah meloloskan email ini. Buat host JTIW makasih ya kerja kerasnya...SEMANGAT!!!!  

1 komentar: