Sabtu, 23 Maret 2013

Panada





Saya setor lg ya yang ke tiga. Masih kue dari sulawesi bagian utara, yaitu panada. Panada ini kue favorit di keluarga saya. Isian yg dipakai yaitu tuna suwir. Saya lebih suka isian ikan daripada sayuran. Kalo ditanya aslinya isiannya apa, saya juga bingung, soalnya dari kecil saya kenal panada isiannya udah macem-macem. Berikut resep yg saya pakai. Resep ini udah disesuaikan dgn selera saya sekeluarga.

PANADA


Bahan roti :
Terigu protein sedang 500 gr
Gula pasir 125 gr
Ragi instan 1sdm
Telur 2 butir
susu UHT ±200 ml (bisa diganti santan)
Mentega ±70 gr
garam 1/4sdt

Bahan isian :
Ikan tuna bakar, disuwir halus ±250 gr
Bwg merah 4 siung
bwg putih 2 siung
Cabe merah 2 (bisa diganti cabe rawit)
Santan 250 ml
Daun pandan 1 lembar diiris tipis
daun kemangi 5 lembar
Garam secukupnya

Cara membuat:
Roti:
  1. Campur semua bahan kering. Tambahkan telur dan susu. Uleni sampai stgh kalis. Tambahkan mentega dan garam. Uleni terus sampai kalis elastis. Diamkan adonan sampai mengembang dua kali lipat. 
  2. Setelah mengembang, kempiskan adonan. Bagi-bagi adonan mnjadi beberapa bagian (besarnya sesuai selera), bulatkan.
  3. Istirahatkan 5 menit. Isi masing2 bagian dengan bahan isian. Tutup dgn dipilin ujungnya seperti bentuk pastel. Diamkan 5 menit (jgn sampai over, krn nnti keriput kulitnya).
  4. Goreng dalam minyak byk dgn api kecil-sedang.

Isian:
  1. Haluskan bwg merah, bwg putih, dan cabe.
  2. Tumis sampai harum. Masukkan ikan, santan, pandan, dan kemangi. Aduk2 sampai santan terserap habis dan ikan cukup kering.
Sekian laporannya, semoga berkenan.
wassalaam
mila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar