Rabu, 13 Maret 2013

Roda Gerobak alias Kembang Goyang


Dear NCCers,

Senangnya ada NCC Jajanan Tradisional INDONESIA Week yang memacu saya untuk mau belajar membuat makanan tradisional warisan leluhur, dengan tidak cuma makan tapi mencoba membuat menjadikan saya makin salut dan hormat, laah ternyata 'ndak' gampang je :)

Camilan ini di daerah saya sering dinamakan roda gerobak karena bentuknya, baru setelah di Jakarta saya mengenal sebagai Kembang Goyang. Pengalaman bikinnya ternyata lumayan stres buat saya, nggak gampang ternyata menggorengnya, berkali-kali adonan jatuh dari cetakan ke adonan lagi bila cetakan kepanasan, atau kalo cetakannya terlalu dalam 'nyemplung' ke adonan dijamin bakal jadi 'kusut' karena kembang goyang terperangkap di cetakan tak mau lepas, duuh stresnya haha. Sayang waktu foto si cetakan lupa ngikut, kalo ikut mungkin lebih eksotis tampilannya:) Berikut resepnya:

Kembang Goyang
Camilan Khas Indonesia terbitan Yasaboga

Bahan:
100 gr    tepung beras
2 sdm    gula halus
1 btr       telur
1/4 sdt   garam
150 ml   santan kental dari 1/2 btr kelapa tua (saya pakai kara)

Cara membuat:
1. Campur rata semua bahan. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Masukkan cetakan kembang goyang ke dalam minyak panas, angkat, celupkan dalam adonan hingga adonan melekat pada cetakan.
2. Segera masukkan lagi cetakan ke dalam minyak panas tanpa harus seluruhnya terendam, cukup bagian permukaan cetakan supaya adonan mudah terlepas. Goyang-goyangkan cetakan hingga adonan matang dan lepas berbentuk bunga. Goreng hingga matang dan garing.

Bila menghendaki kembang goyang warna warni, bagi adonan dalam wadah-wadah terpisah. Tambahkan pewarna, aduk rata.

Salam CINTA INDONESIA,

Cici

Tidak ada komentar:

Posting Komentar