Senin, 15 April 2013

Bolu Koja


Selamat Malam, Trio TAH...
mudah2an di detik2 terakhir JTIW ini setoranku masih bisa diterima.
mudah2an juga bolu koja ini termasuk kategori jajanan tradisional indonesia.

pertama kali kenal bolu koja ini adalah buatan nenek affandi, neneknya sepupuku yg member NCC juga (halo karina! :))
tiap acara yg dihadiri nenek affandi, bolu koja ini pasti tersedia & aku selalu bisik2 ke bibiku, minta dibungkusin buat dibawa pulang! hihihi :D
nenek affandi berasal dari manna - bengkulu, jadi sejak kenal bolu koja aku selalu beranggapan bahwa kue ini adalah penganan khas bengkulu.
tapi dari baca2 artikel hasil googling, bolu koja ini asalnya dari palembang.
ada juga artikel yg menyebutkan bolu koja sbg makanan khas nusa tenggara.
semua dgn resep serupa, dibuat dari telur, gula, terigu, santan, susu kental manis, dan pandan.
darimanapun asal bolu koja ini, aku yakin banget kue ini adalah kue khas asli indonesia.

walau namanya bolu, tekstur kue ini padat & agak kenyal...mirip2 pudding bakar.
resepnya - biasa...hasil googling - aku salin dari http://lapslipsdessy.blogspot.com/2013/01/bolu-koja.html
berikut resepnya:

BOLU KOJA

Bahan:
5 kuning telur
3 putih telur
150gr gula pasir
200gr terigu sebaguna
2 sachet susu kental manis (aku pakai 85 gr)
300ml santan kental (aku pakai 200 ml santan instan + 100 ml susu UHT)
1sdt pasta pandan

Cara Membuat:
1.    kocok kuning telur + putih telur + gula pasir sampai putih kental berjejak, kemudian kecilkan speed mixer ke speed yang paling rendah
2.    masukan bergantian terigu serbaguna, susu kental manis dan santan kental. aduk rata.
3.    tambahkan pasta pandan. aduk rata.     
4. panggang dengan cara au bain marie 175°C sekitar 45 menit (suhu panggang aku dapat dari web lain yg membahas resep bolu koja, tapi lupa webnya :D waktu yg aku perlukan juga lebih lama, sekitar 1 jam 15 menit)

note:
aku memanggang adonan dalam 1 loyang JCC/oval. 1 resep ini pas di 1 loyang oval.
jadinya lumayan tebal. mungkin ini yg menyebabkan waktu panggangnya lebih panjang.

Alhamdulillah rasanya mirip dgn bolu koja buatan nenek affandi.
jadi sekarang kalau kangen makan bolu koja gak perlu ngerepotin nenek lagi, atau nunggu ada acara keluarga lagi deh... ;)

salam,
-rindu-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar