Senin, 15 April 2013

Talam Pandan Kelapa Parut


Dear Trio TAH,
Aku adalah salah satu orang yang bahagia dengan kabar penambahan waktu setoran event week-week-kan kali ini. Sejak gong event ini, sudah diniatkan untuk buat beberapa jajanan, eh kok ya waktunya mepet-mepet terus dengan kegiatan yang lain. Maka hari ini, sebelum gong penutupan dipukul, tidak ada kata lain harus setor demi mendapatkan badge-nya yang keren abis.  
Kali ini aku buat Talam Pandan Kelapa Kukus, yang menurut buku Dapur Lestari 101 Kue Nusantara berasal dari Padang/Medan (CMIIW). Biasanya aku hanya membuat kue Talam Ubi, tapi mengapa aku tertarik ingin membuat talam pandan ini? Ceritanya minggu lalu aku menghadiri resepsi pernikahan seorang kerabatku, dan di sana aku sempat icip-icip kue ini. Rasanya lembut sekali. Jadi penasaran deh pingin buat. Hasilnya? Nyam...nyam...nyam....Lembut banget kue talam ini. Dan taburan kelapa parutnya membuat kue talam ini makin gurih dan nagih. Yuk mari ikutan buat.....  

Talam Pandan Kelapa Parut
Sumber Resep: Dapur Lestari 101 Kue Nusantara (penerbit: Kriya Pustaka)  

Bahan:
150 gr Tepung Beras
100 gr Tepung Sagu
2 sdt Air Kapur Sirih (tidak pakai)
600 ml Santan dari 1 butir kelapa (aku pakai santan instan 400 ml + a6ir 200 ml)
1/2 sdt garam
225 gr Gula Pasir (aku cuma pakai 200 gr)
2 sdm Air Daun Suji (aku pakai pasta pandan secukupnya)
1/4 butir kelapa setengah tua, parut halus memanjang, kukus 15 menit.

Cara Membuat:
  1. Panaskan cetakan kue talam dalam dandang kukusan;
  2. Campurkan tepung beras, tepung sagu, air kapur sirih dan 300 ml santan. Aduk rata;
  3. Masak 300 ml santan sisanya. Tambahkan garam dan gula pasir. Masak dengan api sedang hingga mendidih;
  4. Masukkan larutan tepung secara bertahap sambil terus diaduk. Tambahkan air daun suji. Aduk rata dan terusmasak hingga adonan matang. Angkat;
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan kue talam hingga hampir penuh;
  6. Kukus kue talam selama 25 menit atau hingga matang;
  7. Keluarkan kue dari cetakan dan sajikan dengan taburan kelapa parut.  
Selamat Mencoba.  

Salam Jajanan Tradisional INDONESIA,
Dwi Puspa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar