Senin, 11 Maret 2013

TATA CARA DAN PERATURAN NCC JAJANAN TRADISIONAL WEEK


Berikut adalah tata cara dan peraturan untuk ikutan NCC JAJANAN TRADISIONAL WEEK:

1.      NCC JAJANAN TRADISIONAL WEEK (NCC-JTW) dapat di ikuti oleh semua NCCers di manapun berada, mau yang lama ataupun baru, semua bisa hepi-hepi di acara ini. NCC-JTW dimulai dari tanggal 10 Maret 2013 sampai dengan 10 April 2013 pukul 24.00. (laporan yang diterima setelah tanggal 10 April 2013 akan diterima sebagai arsip di blog). Resep dan foto yang dikirim merupakan hasil karya NCCers di periode JTW ini, bisa yang mulai dibuat sejak tanggal 9 Maret 2013.

2.      Silakan praktek membuat jajanan tradisional Indonesia tapi bukan berupa makanan utama, minuman dan juga kue bangket (karena dahulu sudah pernah ada event online yang membahas khusus kue bangket) dengan resep yang sudah pernah di-share ataupun resep milik sendiri, resep warisan keluarga, resep tetangga, atau resep hasil semedi di dapur, no problemo... :) Resep modifikasi juga monggo kalau mau dilaporkan, tapi tetap yang jajanan tradisional Indonesia yaa (bukan ‘jajan’ barat yang dimodifikasi seperti misalnya kroket ketela isi oncom ;p). Diusahakan agar menggunakan bahan – bahan alami, atau kalaupun perlu menggunakan pewarna buatan mohon disertakan merek pewarna yang digunakan.

3.      Jika sudah matang, atur dalam komposisi menarik lalu foto. Minimal yang difoto adalah hasil akhir, tetapi lebih bagus lagi jika "proses" (mulai dari menimbang, mengaduk, memanggang) juga bisa diabadikan. Foto untuk setiap laporan dengan jumlah total besar foto 70kb ukuran foto maksimal 70 kb, atau kurang lebih 450 x 300 pixel). Ingat, untuk menghemat bandwidth satu kreasi = cukup satu foto saja yang dilaporkan. Dua kreasi = 2 foto dan seterusnya (dalam email terpisah). Foto yang terlalu besar akan berbuah centong dari jagad NCC ;p

4.      Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari 1 laporan (atau sebanyak-banyaknya supaya main kaya warisan resep jajan tradisional Indonesia untuk generasi selanjutnya). Dalam setiap laporan diharapkan peserta menyertakan cerita di balik jajanan tradisional tersebut, bisa berupa kenangan terkait jajanan tersebut, asal daerah jajanan, dan atau filosofi proses pembuatan/ jajanan tersebut.  Juga bisa ditambahkan tips tertentu (bila diperlukan) di akhir setiap resep. Penulisan laporan diusahakan memakai bahasa dan ejaan yang baik meskipun tidak selalu benar dalam segi tata bahasa (masih diperbolehkan bahasa gaul sedikit hehehe). Hindari pemakaian singkatan supaya mempermudah untuk dibaca, dipahami dan diikuti oleh banyak orang secara umum.

5.      Laporan/ posting berupa cerita, resep dan foto dikirimkan ke nccjtiw@gmail.com dan silahkan cc ke milis group NCC agar bisa sekalian laporan ke milis. Laporan yang tidak dikirim ke alamat ini (dan hanya dikirim ke milis) tidak akan kami ikut sertakan dalam event ini. Berikutnya laporan ini akan kami upload ke blog NCCjajantradisionalindonesiaweek (masih dipersiapkan ya..tunggu info berikutnya). Foto yang telah di upload ke blog NCC-JTW, tidak dapat di gonta-ganti ya. So, pastikan foto yang di kirim sudah yang terbaik.

6.      Dalam rangka  cegah tangkal penyalah gunaan foto sekaligus sebagai ajang narsis kita (Narsis is Business), diharapkan seluruh foto sudah menggunakan watermark. Kami, para Host tidak bertanggungjawab atas penyalah gunaan yang terjadi akibat foto - foto yang tidak diberi watermark.

7.      Peserta yang sudah menyelesaikan laporannya diperkenankan memajang logo NCC JAJANAN TRADISIONAL WEEK yang disediakan oleh panitia di blog masing-masing (caranya: save as ke komputer Anda lalu upload ke blog sebagai gambar).

8.      Tidak memiliki blog? Boleh saja memajang logo NCC JAJANAN TRADISIONAL WEEK ini di Facebook atau jejaring sosial lain yang Anda miliki. Kalo gak ada juga, boleh di print dan di pajang di samping tempat tidur buat teman bobo'...hehehe...Intinya: be proud of your own creation, spread the news to the world.


Kreasikan semua bahan yang ada di sekitar anda, singsingkan lengan sangrai tepungnya. jangan minder apalagi jiper. Be creative, use your imagination! Remember, even the sky is not the limit! Mari ramaikan NCC-JTW dan bersatu sukseskan NCC-JTW, dan lestarikan khasanah kuliner tradisional Indonesia sebagai warisan anak cucu kita….

Merdeka!!

Host NCC-JTW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar