Senin, 11 Maret 2013

Kue Ape



Dear host TRIO TAH,
Mau setoran ah, mumpung sore ini bikin cemilan ini. Kalo nggak salah sih ini kue tradisional betawi.. (Cmiiw ya teman2 yg dari betawi)
Walau daku sekarang udah pulang kampung (skrg udah di sumbar lagi), ini kue sangat ngangenin. Duluuu, zaman muda-muda, pas masih kerja di rantau, tiap pulang kerja suka banget beli kue ini di abang-abang yg mangkal di pinggiran jalan atau pertokoan.
Sempat bingung nyari resepnya, karna nggak tau namanya. Sama teman2 suka disebut sebagai kue. t*k*t (maaf banget yaa), karna bentuknya :D.
Setelah nanya2 dan googling akhirnya ketemulah namanya. Baru tau juga kalo namanya itu kue ape. Dann, yang dapetin resepnya justru uniku yang merantau ke negara tetangga. Perjuangan banget deh pokoknya.
Kalau hasil googling, sebetulnya ada beberapa macam resep. Cuma resep dari uni tercinta ini sangat simpel, gampang dan rasanya menurut saya udah lumayan mirip sama yang biasa saya makan dulu.
Here we come, this is the recipe :
KUE APE
Bahan :
100 gr tepung beras
150 gr tepung terigu
600 ml santan sedang ( aku bikin dr 2 kotak kecil santan kara, diencerkan sampai menjadi 600ml)
150 gr gula pasir (kl dikurangi jg ng papa. Kemanisan kl menurut lidahku)
3/4 sdm baking powder
1/2 sdm baking soda
1/2 sdm vanila bubuk
1/2 sdt garam
Cara :
1. Campur semua bahan sampai licin (kalo aku disaring lg biar ng gerindilan)
2. Tuang 1 sendok sayur ke kuali dgn cekungan dalam, agar pinggirannya tipis dan tengahnya bisa menggunung..
3. Masak sampai pinggirannya kecoklatan. Angkat.
Duh, nikmatnya.. Pinggirannya yg kriuk2 dan tengahnya yang gurih bikin pengen makan lagi dan lagi. Cemilan ini bahaya, karna tidak mengenyangkan.. Tau2 udah ludes aja nihh.
Selamat mencoba yaaa.
#huntingreseplagiahh.
-hugs-
Yenni R.

1 komentar: