Senin, 08 April 2013

Carabikang Pandan Coklat


Alloww Trio Keyen TAH...

Demi eksistensi, saya juga mau ikutan berpartisipasi dalam event kali ini. Makanan ini dulu sering banget saya beli kalau iku ke belanja ke pasar senen. Jadi kali ini saya mau laporan CARABIKANG khas INDONESIA

Saya sebenarnya kurang mengetahui dari mana asal makanan ini, tapi yang saya tahu pasti ini adalah khas INDONESIA :)

Resep carabikang ini saya dapatkan dari majalah Sedap edisi 3/XIV/2012.
Carabikang Pandan Cokelat
resep by Sedap

Bahan Biang :
2 1/2 sdm tepung beras
165 ml santan dari 1/4 butir kelapa

Bahan :
375 gr tepung beras
55 gr tepung terigu
175 gr gula pasir
1/2 sdt garam
650 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
100 ml air daun suji dari 25 lembar suji dan 3 lembar pandan, blender, peras
1/4 sdt pasta cokelat

Bahan olesan (didihkan) :
200 ml santan dari 1 butir kelapa
1/8 sdt garam

Cara membuat :
Bahan biang, masak tepung beras dan santan sambil diaduk sampai meletup-letup. angkat
campur tepung beras, tepung terigu, gula pasir dan garam.masukkan bahan biang (panas-panas) tadi kedalam campuran ini. aduk rata dengan sendok kayu.
setelah hangat, tuang santan dan air daun suji sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan 20 ment hingga santan habis.
ambil 250 gram adonan. tambahkan pasta cokelat, aduk rata. Sisanya tambahkan pasta pandan, aduk rata.
Panaskan cetakan cara bikang sambil diisi kepala parut. Aduk-aduk hingga kelapa kering. buang kelapa. Bersihkan cetakan sambil diolesi minyak. Tuang adonan hijau setingg 3/4 cetakan. teteska adonan cokelat.
Panggang sampai berlubang-lubang, cungkil bagian bawah dan tengah adonan. Tahan sampih merekah, angkat.
Oles permuaan kue dan bagian bawah kue dengan bahan olesan.

Tips :
Untuk memudahkan mencungkil kue, gunakan dua buah bambu tipis. Satu untuk menekan kue. Satu lagi untuk mencungkil.
selamat mencoba..rasanya gurih nikmattt...

Salam jajanan Indonesia,
Miraa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar