Rabu, 20 Maret 2013

Bubur Candil Centil






Dear Trio TAH yang baik dan tentunya makin kompak,


Berikut ini setoran kedua aku, namanya Bubur Candil Centil, jajanan khas Jawa Tengah. Resep ini aku dapat dari suster aku, yang memang asli orang semarang. Bubur Candil ini memang biasa dibuat dikampungnya Grobogan, terutama ketika bulan puasa. Kebetulan kemarin aku punya banyak sisa ampas kacang hijau. Ampas ini didapat dari bubur kacang hijau, berhubung dirumah semua cuma suka minum airnya saja, jadi banyak sisa ampasnya. Terpikirlah ide untuk memodif resep Bubur Candil ini, mudah-mudahan masih tetap tergolong jajanan tradisional Indonesia ya.... Berikut resepnya :

Resep Bubur Candil Centil by Suster Tari
Modified by Me

Bahan :

400 gr tepung ketan
250 ml air dingin
4  sdt garam
1  sdt pasta pandan
1  sdt pasta strawberry 
Ampas Kacang Hijau secukupnya (ini lupa aku timbang ^_^)

Bahan Pelengkap :
200 ml santan instan (aku pake sun kara)
100 ml air
4 lbr daun pandan
Cara membuat :
  1. Tepung ketan dibagi menjadi 2 bagian. Campur separuh tepung ketan dengan air & pasta pandan dan separuh lagi dengan pasta strawberry (tentu saja diwadah yang berbeda ya) , aduk rata sambil diuleni hingga berbentuk adonan yang kalis
  2. Campur santan, air & daun pandan,  masak hingga mendidih (ingat harus selalu diaduk ya, biar santan ga pecah). Setelah mendidih, kecilkan api.
  3. Ambil sejumput adonan, bentuk jadi bulat pipihkan, isi dengan sedikit ampas kacang hijau, bentuk kembali menjadi bulat. Masukkan ke air santan tadi . Lakukan sampai adonan habis.
  4. Setelah matang ,  sajikan ....

Note :
  • Ampas kacang hijau ini, bisa diganti dengan yang lain juga seperti isian bakpao yang manis : kacang tanah, kacang merah dll
  • Air santannya aku ga kasih gula lagi karena ampas kacang hijaunya sudah manis, aku juga kurang gitu suka manis tapi bagi yang suka manis bisa ditambah gula. Bahkan Bubur Candil yang asli menggunakan gula merah daripada santan.
Demikian laporannya, sekian & terima kasih


Salam JTIW,
Lusy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar