Rabu, 20 Maret 2013

Engkak Ketan


Selamat sore trio TAH...
Setoran berikut ini kok ya niaaaat banget yaaa...

Kue ini sih sepertinya bukan jajanan, tp karena ini kue khas daerah Sumatera bagian Selatan jadi boleh yaa ikutan, hehehe.

Duluuuuu sering banget kebagian tugas bantuin mama bikin segala macam kue lapis, mulai dari aneka lapis legit, maksuba, dan engkak ketan.

Kadang suka mikir gimana caranya menghindar, namanya jg dulu msh abg, ngebayangin manggang kue lapis berpuluh loyang rasanya ga banget deh yaaa...xixixi

Terakhir bikin kayaknya sdh lbh dr 15 tahun yg lalu, jadi pas kemarin mau bikin bolak balik chatting dan nelpon mama. Pesennya : jgn pake tepung ketan siap pakai, kurang enak, giling sendiri ya...waduuuhhh.... Ahh gpp deh, pake tepung beras rose brand aja drpd ga jd bikin.

Panjang amat ceritanya, di bawah ini resepnya ya, resep dr mama tyt hasilnya dapat 1,5 loyang ukuran 22x22. Maka dari itu aku konversi

Engkak Ketan #Kue Khas Palembang
Source : Ibu Gadis Amir

Bahan :
12 butir telur
675 gr gula pasir
1500 ml santan glondo (santan yang dimasak sampai keluar minyaknya)
675 gr tepung ketan putih
250 ml susu kental manis
1 1/2 sdm mentega, cairkan

Cara membuat :
Kocok gula dan telur menggunakan whisk sampai gula larut, masukkan santan, aduk rata.

Kemudian masukkan tepung ketan sedikit demi sedikit, aduk rata.

Masukkan susu kental manis dan mentega cair, aduk rata.

Tuang adonan (loyang 22x22 cm, oles dan lapisi kertas roti) kira-kira 1 - 1 1/2 sendok sayur untuk setiap lapisan, panggang menggunakan api atas sampai bagian atas adonan kekuningan, lanjutkan sampai adonan habis.

*PS :
Memanggang kue ini lamaaaa....lbh lama drpd memanggang lapis legit, hehehe jadiii bagi yang ingin mencoba siapkan waktu luang yg cukup ya...

Terima kasih...

Warm regards,
Wina Amir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar