Selasa, 19 Maret 2013

Ketan Urap


dear NCC ers n trio TAH, ini laporan saya yang ke 4.
mama saya sering sekali buat ketan urap ini sebelum kena diabetes, dan saya suka sekali rasanya yang legit dan gurih.
Tapi berhubung saya belum pernah buat, saya tanya Mama resepnya.
OMG, semuanya kira-kira, ga ada takaran pasti. Air untuk siram ketannya pun diukur pake rantang, pusing deh.
Akhirnya saya search dan menemukan resep bunda kita yang cantik, bu Fatmah.
Ga pikir dua kali, langsung pake resep beliau yang terjamin sukses dan enak
Waktu mau bikin wadah daunnya, koq patah ya? ya iyalah belum dipanasin, qiqiqi... udah lama ga gaul ma daun pisang. Saya sertakan cara membuat wadahnya ala saya, bagusan yang di toko kue sih pastinya, hehehe...
Berikut resep dari Bu Fatmah (makasih ya Buuuu...)

Ketan Urap
Penulis : Fatmah Bahalwan

Bahan :
500 gr      beras ketan
500 ml      air
1/2 sdt     garam
½ btr       kelapa, kupas, parut

Cara membuatnya:
  • Cuci lalu rendam beras ketan selama 1 jam, tiriskan, kukus
  • Masak air hingga mendidih, kemudian siram-siram ketan panas dengan air mendidih sambil diaduk rata.
  • Lanjutkan mengukus 20 menit. Angkat.
  • Kukus kelapa parut 15 menit, taburi garam, aduk rata.
  • Ambil 1 sendok makan penuh ketan kukus, gulingkan kedalam kelapa parut. Lakukan pada semua ketan.. sajikan.

Salam JTIW,
Intan Permatasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar