Selasa, 19 Maret 2013

Klepon ala Chef Budi Sutomo


Dear Host Trio TAH yang cantik & baik ,

Salam kenal.... Ini setoran pertamaku dimilis. Biasanya aku member pasif tapi dikarenakan JTIW ini, aku beranikan diri untuk ikut berpartisipasi hehehe. Meskipun sudah banyak yang menyetor resep Klepon tapi aku gak mau kalah mau menyetor Resep Klepon favoritku. Dulu waktu kecil, supaya aku mau ikut ke pasar temenin mama, mama selalu menyogok aku dengan kue Klepon ini. Dipasar memang ada mbo yang jualan khusus jajanan pasar, rasanya pun enak-enak.  Makanya kue ini jadi favoritku tapi setelah besar, aku menemukan resep Klepon lagi yang rasanya lebih enak dibanding buatan mbo pasar hehehe. Berikut ini resepnya, aku ambil dari Chef Budi Sutomo.


Resep Klepon ala Chef Budi Sutomo

Bahan :

400 gr tepung ketan
250 ml air dingin
5 sdt garam
1 sdt pasta pandan ( aku pake Golden Brown)
150 gr gula merah (sisir/iris hingga halus & hancur)


Bahan Pelengkap :
150 gr kelapa setengah tua diparut memanjang
1/2 sdt garam
Aduk rata & kukus 10 menit


Cara Membuat :

1. Campur tepung ketan dengan air & pasta pandan, aduk rata sambil diuleni hingga berbentuk adonan yang kalis
2. Ambil sejumput adonan bentuk jadi bulat, pipihkan, isi dengan 1/2 sdt gula merah, bentuk kembali menjadi bulat. Lakukan sampai adonan habis.
3. Rebus adonan yang telah dibentuk didalam air mendidih
4. Setelah matang angkat, gulingkan diatas kelapa parut hingga seluruh permukaan terselimuti kepala parut
5. Sajikan


Note : Kalau aku ketika adonan sudah diisi gula merah & dibulatkan, langsung aku masukan ke air mendidih. Jadi gak tunggu adonan habis semua. Ketika sudah mengambang/naik kleponnya, berarti kan uda matang tuh, langsung aku angkat & aku gulingkan ke kelapa parut. Setelah itu baru aku taruh dipiring saji, biasanya langsung habis dalam sekejap, boro-boro bisa difoto. Kali ini demi JITW, aku sempat sembunyikan beberapa & hasil fotonya aku lampirkan hihihi...


Demikian laporannya. Terima kasih.

Salam JTIW,
Lusy

4 komentar:

  1. Campur sama kentang rebus apa labu kuning rebus lebih enak

    BalasHapus
  2. Resepnya sama dg sy punya, simple tanpa ada campuran tepung beras dan air kapur sirih

    BalasHapus