Selasa, 19 Maret 2013

Wingko Pisang Keju


Setelah setoran pertama saya kita jalan-jalan ke Palembang yuk sekarang kita ke Semarang tanah kelahirannya suami untuk setoran yang kedua heheh. Kalo tiap pulang ke semarang makanan yang wajib dibeli selain bandeng presto yah wingko ini, jujur saja waktu saya nyoba wingko semarang beda yah dengan wingko dari daerah lain yang cenderung keras dan gosong apalagi waktu ada varian baru yaitu wingko pisang huaaa saya dan suami langsung kepincut untuk berburu kue ini tiap pulkam tapi sayangnya ngga tiap pulkam bisa dapet varian ini.
Nah demi memuaskan rasa kangen atas makanan ini saya langsung googling resep di om google dan ketemu resep wingko yang keliatannya lebih gampang dari yang lain hehehe tapi dimodif karna resep aslinya wingko original dan resep yang saya copas ini untuk ½ resep sesuai yang saya buat.

Wingko Babat Pisang Keju
By. Resep modif by Silver Cakes

Bahan 2:
  • Tepung ketan 250 gram.
  • Pisang Cavendish isi 6 – 8 yang sudah ranum  +/- 260 gr >> silver : tambahan saya
  • Keju slices >> silver : tambahan saya
  • Tepung kanji  25 gram.
  • Gula pasir 175 gram.
  • Santan kental dari satu butir kelapa 250 ml.
  • Kelapa setengah matang 125 gram (kupas, diparut memanjang).
  • Margarin 1 sendok makan.>> silver : ganti mentega
  • Daun pandan 1 lembar (disimpulkan). >> silver : Skip
  • Garam halus 1/4 sendok teh.
  • Pasta vanili atau vanili bubuk 1/4 sendok teh.
  • Daun pisang atau kertas minyak untuk alas.
Bahan Olesan wingko babat :
  • kuning telur 2 butir
  • margarin 1/2 sendok makan àsilver : ganti mentega

Cara Membuat Wingko Babat (Semarang) :
  1. Rebus santan, gula pasir, garam dan daun pandan sampai mendidih. Pastikan sampai mendidih dan tekstur agak mengental.
  2. Di tempat terpisah, campur tepung ketan, tepung kanji, Pisang yang telah dihaluskan menggunakan sendok, kelapa parut, mentega dan vanili kemudian aduk rata. Setelah rata, tambahkan rebusan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk sampai kalis dan berminyak.
  3. Siapkan loyang yang telah dialasi dengan kertas minyak atau daun pisang. Setelah loyang siap, tuang ½ adonan wingko tadi di atas loyang susun keju slices diatasnya dan tuang sisa ½ adonan lagi, lalu ratakan. >> silver : untuk ½ resep saya menggunakan Loyang kotak 24 cm
  4. Panggang dengan oven dengan suhu 160 derajat celcius selama 20 menit, setelah 20 menit keluarkan kue dari oven, olesi permukaan kue wingko babat dengan bahan olesan. Setelah diolesi, panggang lagi selama 25 menit atau sampai kue wingko babat benar-benar matang dan berwarna kuning kecokelatan. Setelah matang, angkat kue tersebut kemudian dinginkan. >> silver : karna masih kurang coklat akhirnya saya panggang menggunakan Teflon :D , kalo kata suami sebelum dipanggang belum seperti wingko tapi begitu dipanggang menggunakan Teflon dia bilang nah ini udah sama kaya wingko hhehehe
  5. Setelah kue wingko babat dingin, potong-potonglah kue menjadi beberapa bagian, kemudian bungkus dengan kertas minyak atau plastik.

Testi rasa kalo kata yang nyoba enak karna pisangnya juga sudah sangat ranum dan wangi sudah itu ditambahi keju slices jadi menambah kenikmatan pada saat menggigitnya. Sampai ponakan saya yang baru 1.5 tahun bisa habis 4 potong, Emmm… :D


Best Regards,
   ~  Silvi  ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar