Selasa, 19 Maret 2013

Ongol - ongol Hunkwe

image.jpeg





Dear all,
Mau ikut meramaikan NCC JTIW nih. Perkenalan pertama saya sama ongol-ongol lewat Mama saya. Waktu itu Mama saya bikin ongol-ongol ini. Itu pertama kalinya beliau bikin dan sampai sekarang, as far as I remember, beliau tidak pernah bikin lagi.. :D

Waktu saya dengar tentang event ini, saya mulai berpikir kira-kira apa ya yang mau saya buat untuk meramaikannya. Tiba-tiba saja terlintas makanan ini, kenapa tidak? Thanks to Mr. Google, I found the recipe. Saya pilih ongol-ongol hunkwe, yang saya ambil dr blog http://dapuratih.blogspot.com. Thank you ya Mbak udah share resep ini.

Berikut ini resepnya:

Ongol Ongol Hun Kwe (tabloid Saji) 

Bahan:
1 bungkus tepung hunkwe (120 gr)
125 gr gula merah
115 gr gula pasir
½ sdt garam
800 ml air

Taburan:
200 gr kelapa parut kasar
¼ sdt garam

Cara Membuat:

1. Kukus kelapa & garam 15 menit, bagi dua. 1 bagian ditaburkan di dasar loyang 18x18x4cm.

2. Rebus gula merah, gula pasir, garam dan air. Saring. Dinginkan

3. Tuang ke dalam tepung hunkwe. Aduk rata.

4. Masak hingga mendidih dan kental

5. Tuang ke loyang. Taburkan sisa kelapa, tekan-tekan, dinginkan.

Ternyata membuatnya gampang juga lho. Soal rasa, untuk saya enak lho.

Salam jajan tradisional,
Anne




Tidak ada komentar:

Posting Komentar