Senin, 25 Maret 2013

Jalangkote


Selamat siang dan selamat hari Minggu trio TAH,
Ini laporan saya yang ke 4, Jalangkote khas Makassar.
Saya tahu Jalangkote ini dari ibu mantan saya waktu sekolah dulu. Beliau asli orang Makassar yang memperkenalkan saya cara membuat Jalangkote. Dan beliau juga yang mengajarkan saya bagaimana membuat kue, banyak resep keluarga beliau yang diturunkan ke saya (beliau tidak punya anak perempuan jadi saya yang dipercaya untuk tahu resep-resep keluarganya). Cukup untuk ceritanya berikut resep yang digunakan;
Bahan-bahan:
1. Kulit
    200 gr tepung terigu
    1 telur
    Air secukupnya
    1/2 sdt garam
2. Isi
    2 telur
    1 buah wortel
    2 buah kentang
    4 bawang putih
    Merica
    Garam
    Bumbu kaldu ayam
    Gula
    1 sdt tepung terigu
    Minyak goreng (untuk menumis dan menggoreng)
3. Sambal
    4 cabai rawit
    2 bawang putih
    Cuka
    Air
    Gula
Cara membuatnya:
1. Bahan-bahan untuk kulit diadonkan menjadi satu. Uleni hingga cukup kalis.
2. Rebus wortel, kentang dan telur hingga matang. Potong dadu kecil. Haluskan bawang putih dan merica. Tumis hingga harum, masukkan potongan isian. Tambahkan air, garam, bumbu kaldu dan garam, aduk rata. Masukkan terigu, aduk hingga mengental.
3. Giling adonan kulit hingga cukup tipis (jangan terlalu tebal dan jangan terlali tipis). Cetak berbentuk lingkaran. Masukkan isian ke dalan kulit, bentuk ujung2nya (step untuk membuat ujung Jalangkote akan saya kirim di email selanjutnya).
4. Panaskan minyak hingga cukup panas (api sedang), goreng hingga berwarna kecoklatan. Sajikan.
5. Rebus cabai dan bawang putih. Haluskan. Tambahkan cuka, air dan gula. Rebus hingga mendidih. Saring. Sajikan Jalangkote dengan sambalnya.
Dari kesemua pembuatan Jalangkote ini, yang paling saya suka adalah ketika memilin-milin ujung adonan hehe..
Selamat mencoba :)

Salam Jalangkote,
Amanda Kusumo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar