Senin, 25 Maret 2013

Setiling T2 (Telo Kaspe 7 Ramba)


Setiling T2 (Telo Kaspe & Ramba

Sepintas, sentiling ini bentuknya mirip sekali dengan cenil. Perbedaannya terletak di bahannya, jika cenil bahan utamanya menggunakan tepung kanji/tapioka yang berasal dari singkong, sementara sentiling T2 ini bahan utamanya adalah parutan singkong kayu (Telo Kaspe) dan Ubi Jala (Telo ramba').

Untuk resep aslinya pure menggunakan singkong saja,hanya saya memiliki cerita sewaktu membeli bahan singkong ini di pasar yang notabene bahasa sebutan untuk singkong adalah telo..sedang buat saya telo adalah ubi,sedang singkong adalah singkong. Berhubung saya pendatang jadi ketika si penjual menawarkan saya hendak membeli apa,saya jawab telo *dengan bahasa tradisonal jawa seadanya dan bisa ketebak dari dialek saya yang bukan penduduk asli dan seingat ku singkong itu bahasa jawanya TELO*, lalu si penjual memasukan ubi jalar dalam wadah timbangan, segera saya potong dengan bahasa yang berdialek *aneh* "du du du du bu,..sing niki bu",tunjuk ku pada singkong yang letaknya bersebelahan dari ubi jalar (ramba')."Oh,sing kui jenenge telo kaspe bu!" jelas si penjual.dan saya cuma nyengir. Akhirnya untuk men'duet'kan Dua Telo alias T two *hehhehe* saya modif sedikt resepnya dengan me'mixed' Telo Kaspe & Telo Ramba'.

Cara membuat sentiling ini juga sangat mudah, cepat dan praktis. Sentiling yang dibuat berwarna-warni, umumnya berwarna merah, kuning dan hijau,telah menjadi daya tarik yang menggoda kita untuk mencicipinya.(hanya saja saya merubah variant warnanya menjadi ungu,kuning telur,dan Hijau dengan pewarna makanan cap kupu-kupu). Rasanya....heemmmmm, coba yuk!
BAHAN :

1000 gr singkong, dikupas kemudian diparut
500 gr ubi jalar,dikupas kemudian diparut
400 gr gula pasir
Garam secukupnya
Pewarna makanan berwarna ungu, kuning telur, dan hijau.
1 buah kelapa muda, parut, bubuhi garam secukupnya kemudian dikukus
CARA MEMBUAT :

1. Bubuhi parutan singkong dan ubi jalar dengan garam dan gula, kemudian adonan dibagi menjadi 3 bagian.

2. Beri pewarna makanan ungu, kuning telur , dan hijau pada masing-masing bagian adonan tersebut.

3. Sediakan 3 loyang, alasi dengan daun pisang, kemudian masukkan masing-masing adonan yang sudah berwarna merah, kuning dan hijau ke dalam 3 loyang yang sudah tersedia. *(karena pingin gak ribet saya langsung menumpuk dalam satu loyang sekaligus  tidak di kukus sendiri-sendiri)

4. Kukus adonan lebih kurang 30 menit sampai matang. Angkat dan dinginkan.

5. Keluarkan sentiling dari loyang dan potong berbentuk dadu atau kotak kecil.

6. Gulingkan sentiling pada parutan kelapa muda secara merata, kemudian hidangkan.(enak buat teman minum teh tawar atau kopi pahit)


Rin Jani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar