Sabtu, 23 Maret 2013

Biji Ketapang


Sebelumnya mohon maaf mods, aku engga tau gimana lg cara ngecilin fotonya jd lebih ukurannya 92, aku kecilin lg jadinya 50 engga keliatan gitu gambarnya. Maaf ya mods.

Holla teman2 dan trio TAH,

Setoran ke 2 nih di ajang istimewa ini.
Biji ketapang ala mama'ku ini top markotop plus makyus plus..plus..plus deh pokoknya.
Jaman aku kecil mama'ku jualan sampai bikin 5kg tiap hari! Dijual dikemasan kecil2 gitu.
Dulu sih aku bagian makanin doang, pas udah besaran aku bantuin ngulek glendo coklatnya, haduhhh pegellll bgt deh sampai anti pati ama kue yang satu ini. Tp memang kue ini ngangenin banget, nah demi event ini aku niat mau bikin lg nanya ke mama'ku resepnya dia bilang LUPA waduhhhhhhhh...
Akhirnya uprak2 rumah nenek'ku nyari buku primbonnya. Ketemu deh..
Berikut resepnya ya teman2, percaya deh kalau sudah nyobain resep ini bayangan biji ketapang yg keras saat dimakan itu akan hancurrr berkeping2, soalnya biji ketapang ala mama'ku ini bener2 empyuk, garing dan gurih! Yuksss dicoba..

Biji Ketapang Mpok Noor

Bahan:
- 300 gram tepung terigu segitiga
- 75 gram tepung sagu
- 3 sdm tepung maizena
- 175 gram gula bubuk
- 1 butir telur
-  3 sdm Blue band
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt spekuk
- 100gr glendo coklat
-  125-150 Glendo putih

Cara Membuat:
Glendo coklat:
Sangrai 1\2 butir kelapa sampai agak kecoklatan, lalu panas2 tumbuk halus sampai keluar minyaknya. Sisihkan

Glendo putih:
Peras santan kental dr 1 butir kelapa ukuran kecil/sedang masak di api kecil sampai santan kelihatan berminyak. Ambil bagian kentalnya saja 125-150ml campur dengan blue band. Sisihkan.

Adonan:
campur tepung terigu, tepung maizena, tepung sagu, gula, spekuk, garam hingga rata.
Campurkan kan glendo coklat sampai rata sekali, lalu masukan glendo putih dan telur uleni hingga  kalis.
Pulung adonan panjang2 dan gunting2.
Goreng di minyak panas, tp saat sudah panas kecilkan api.

Salam betawi,
Cherys

Tidak ada komentar:

Posting Komentar